Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AZZAH ALKHONSA KHAIRUNNISA

Potensi SDA Kemaritiman

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 10 Jan 2024, 14:37 WIB

Di daerah dataran rendah potensi SDA-nya adalah pertanian (padi, buah- buahan, jagung, kacang, dan umbi-umbian), peternakan (ayam, sapi, kambing), pertambangan (logam seperti emas, perak, nikel, tembaga, besi, timah, alumunium, dan perunggu) dan banyak lainnya. Di dataran tinggi biasanya terdapat perkebunan (teh, kopi, cengkeh, kayu jati, cokelat), budidaya (brokoli, selada, wortel, kubis), dan lain-lain. Serta ada juga potensi SDA kemaritiman seperti perikanan, pariwisata, terumbu karang, mutiara dan rumput laut.

Untuk menjelaskan di artikel ini, saya akan memaparkan tentang “Potensi SDA Kemaritiman” yang ada di Indonesia. Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu samudra pasifik dan samudra hindia, hal itu membuat Indonesia memiliki banyak jenis ikan di laut.

Berdasarkan aturan internasional, jumlah tangkapan ikan yang diperbolehkan (allowable catch) adalah 80% dari potensi lestari. Sekitar 5,12 ton setiap tahun ikan yang ditangkap oleh nelayan di Indonesia. Ada sekitar 4.782 spesies ikan asli Indonesia yang ada saat ini, tercatat baru enam jenis saja yang sudah dimanfaatkan untuk perikanan budidaya. Semuanya sudah masuk dalam data resmi statistik perikanan yang dikumpulkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain ikan, ada juga pariwisata seperti pantai, laut dan penginapan. Banyak turis dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk menikmati kekayaan alam yang ada di Indonesia. Selain untuk pariwisata, ada juga minyak bumi yang diambil dari dasar laut oleh suatu perusahaan.

Selain itu, banyak perhiasan yang terbuat dari mutiara, mutiara tersebut memiliki nilai jual yang tinggi, mutiara juga banyak diminati oleh orang di dalam maupun luar negeri. Lombok, Sumbawa, Maluku, dan Laut Banda adalah beberapa daerah di Indonesia penghasil mutiara laut selatan. Air laut yang hangat dan banyaknya plankton membuat kerang Pinctada Maxima dapat menghasilkan mutiara laut.

Banyak ikan hias yang hidup di terumbu karang, terumbu karang di Indonesia sangat indah, biasanya daerah terumbu karang digunakan manusia untuk menyelam, saat menyelam pengunjung dapat melihat keindahan laut di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image