Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Tips Menjaga Keharmonisan di dalam Rumah Tangga Suami Istri

Eduaksi | Tuesday, 09 Jan 2024, 14:25 WIB
Ilustrasi keluarga sakinah wamadah warohmah yang dicita - citakan semua pasangan/Foto : Web

Membangun keluarga yang harmonis dapat dilakukan melalui komunikasi yang baik, lancar, dan melakukan aktivitas yang sama - sama disukai bersama. Cita – cita suami istri dalam rumah tangga adalah salah satunya bisa menjadi keluarga sakinah wamadah warohmah.

Keluarga harmonis adalah keluarga yang penuh kasih sayang dan cinta. Namun, tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk memiliki hubungan keluarga yang harmonis. Membangun keluarga yang harmonis tentu akan menghadapi banyak tantangan.

Oleh karena itu, peran suami istri sangat diperlukan untuk menciptakan keluarga bahagia. Hal ini agar tidak hanya satu pihak saja yang berupaya mencapai hal tersebut. Rahasia menciptakan keluarga yang harmonis bisa memulai dari hal kecil untuk membangun keluarga yang harmonis.

Meski kita dan pasangan memiliki kesibukan, bukan berarti sulit menciptakan keluarga yang harmonis. Berikut tips membangun keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang :

1. Bertukar cerita Salah satu rahasia penting agar hubungan semakin harmonis adalah kebiasaan bertukar cerita. Membicarakan kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan saat beraktivitas di luar atau mengungkapkan perasaan dapat membantu hubungan bersama pasangan menjadi lebih erat. Hal ini juga bisa dilakukan dengan anggota keluarga lainnya agar bisa lebih memahami satu sama lain.

2. Berkomunikasi dengan baik apabila ingin membangun keluarga yang harmonis. Hal Ini penting untuk komunikasi dua arah yang bebas gangguan. Komunikasi harus lebih fleksibel dan terbuka agar pesan yang disampaikan dapat diterima. Kita juga bisa mengkomunikasikan emosi atau apa yang ingin dirasakan kepada pasangan dan sebaliknya.

3. Habiskan waktu bersama Jika kita dan pasangan mempunyai pekerjaan yang sibuk, cobalah untuk meluangkan waktu bersama. Menghabiskan waktu bersama penting untuk menjalin ikatan dengan pasangan. Kita dapat menghabiskan waktu luang Anda dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai bersama.

4. Batasi screen time. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin tenggelam dalam dunia sendiri. Banyak pasangan yang kerap menghabiskan waktu di depan layar meski sedang menghabiskan waktu bersama. Faktanya, salah satu cara untuk membuat hubungan lebih harmonis adalah dengan membatasi waktu menatap layar HP kita masing – masing.

5. Waktu bermain handphone dapat digantikan dengan diskusi mendalam dengan pasangan. Ini pasti akan membuat hubungan kita menjadi lebih baik.

6. Menciptakan Tradisi Romantis. Menciptakan nuansa romantis tidakah sulit, kita bisa memulainya dengan hal-hal romantis seperti pelukan, kata-kata memuji, hadiah, atau hal-hal romantis lainnya yang kita dan pasangan lakukan. Cara ini dapat meningkatkan hormon oksitosin atau dikenal juga dengan hormon cinta. Hormon yang diproduksi oleh hipotalamus ini berperan penting dalam perilaku manusia dan interaksi sosial, seperti gairah seksual, pembentukan empati, kepercayaan dalam sistem hubungan dan perasaan yang terhubung.

7. Berlibu bersama pasangan. Jika kita mulai merasa bosan dengan pasangan atau orang-orang di sekitarmu, cobalah berlibur bersama. Selain menjernihkan pikiran, berlibur bersama juga bisa membantu kita menebus waktu yang hilang bersama pasangan. Menghabiskan waktu berkualitas bersama saat berlibur dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih harmonis.

8. Tetap bersama di masa sulit. Masa sulit akan terasa lebih mudah jika kita dan orang tersayang melewatinya bersama. Untuk melewati masa sulit ini, kita memerlukan dukungan orang-orang terdekat, termasuk pasangan. Cara ini juga menunjukkan bahwa masing-masing pasangan saling mendukung dan membantu.Tentunya juga dapat meningkatkan hubungan sehingga semakin harmonis. Selain itu, hubungan kekeluargaan juga semakin kuat. Melalui masa sulit ini, pasangan juga bisa menyadari kekuatan dan keterbatasan masing-masing.

Situasi ini juga akan menciptakan lebih banyak komunikasi. Manfaat memiliki keluarga yang harmonis Keluarga yang bahagia dan harmonis bukan hanya dambaan para pasangan suami istri tetapi juga memberikan manfaat bagi anda dan keluarga.

Dosen spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa salah satu kunci dalam keharmonisan rumah tangga adalah komunikasi yang baik. “Salah satu kunci dalam menjaga keharmonisan dalam berumah tangga salah satunya adalah komunikasi yang baik dengan pasangan, apabila dalam komunikasi tidak sinkron maka akan menimbulkan pertengkaran didalam rumah tangga dan apabila dibiarkan akan seperti Api didalam sekam yang akan membahayakan suatu rumah tangga”, Ucap Prima.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image