Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zein Chandra

Teknologi Wearable dan Perkembangannya di Era Modern

Teknologi | Sunday, 07 Jan 2024, 11:50 WIB
Teknologi wearable , (sumber : berca.co.id)

Teknologi wearable sudah melekat sekali dengan kehidupan di zaman modern ini. Sudah banyak perkembangan dan inovasi terbaru terkait teknologi wearable yang membuat perubahan serta mempengaruhi dan mempermudah kehidupan kita sehari hari.

Apa Itu Teknologi Wearable?

Sesuai namanya , teknologi wearable adalah suatu jenis perangkat IoT (Internet of Things) yang sering digunakan pada tubuh kita. Seperti misalnya adalah smartwatch , contoh lain adalah dalam bidang kesehatan yaitu monitor jantung.

Sejarah Teknologi Wearable

Teknologi wearable diperkirakan sudah berkembang dari kisaran tahun 80-an , pada era itu sebenarnya sudah ada wearable device berupa jam tangan dengan dilengkapi fitur kalkulator , kemudian istilah wearable baru berkembang lagi sekitar tahun 2010 , dimana pada tahun itu perusahaan Google mengeluarkan Google Glass , yaitu kacamata pintar dan baru diperkenalkan pada publik beberapa tahun setelahnya. Kemudian perusahaan besar lain seperti Samsung , Motorola , dan Apple menyusul dengan mengembangkan produk wearable device milik mereka sendiri , contohnya adalah Apple watch milik perusahaan Apple.

Perkembangan Teknologi Wearable

Wearable device , (sumber : pinterest)

Dengan mengikuti perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang pesat di era digital saat ini , wearable device juga ikut berkembang dengan inovasi - inovasi yang lebih baik lagi , lebih simpel , dan multifungsi , serta canggih. Dilihat dari perkembangannya yang sangat baik dan signifikan , wearable device bermacam - macam jenisnya dengan inovasi terbaru dan canggih. Berikut adalah contohnya.

Smartwatch

Smartwatch atau jam tangan pintar sudah tidak bisa dilepas atau dipisahkan dari kehidupan yang serba modern ini. Smartwatch telah banyak digunakan oleh banyak orang , hampir setiap orang memilikinya.

Virtual Reality Device (VR)

Menuju tingkat yang lebih canggih lagi, terdapat alat bernama Virtual Reality (VR). Virtual Reality memberikan pengalaman dalam berbagai aktifitas , seperti contohnya adalah simulasi dalam bermain game. Dengan menggunakan alat ini , semua hal yang dilihat seakan akan menjadi nyata atau realistis.

Smart Clothing

Smart clothing atau pakaian pintar adalah pakaian yang dilengkapi teknologi canggih , yang memungkinkan penggunanya dapat mendeteksi dan memantau kesehatan mereka semua. Dengan demikian dapat mempengaruhi pola hidup dan menjaga kehidupan agar tetap sehat dan bugar dengan cara yang lebih modern dan efektif.

Efek dari Perkembangan Teknologi Wearable

Teknologi wearable banyak sekali membeikan efek yang positif bagi kehidupan manusia di masa modern ini. Teknologi wearable dapat membantu dalam mengubah pola hidup manusia agar lebih baik dan lebih sehat , dengan diadakannya wearable device yang mampu memantau kesehatan , dapat membantu penggunanya sadar akan kesehatan dan diharapkan mereka bisa menjaganya dengan baik. Selain itu teknologi wearable memudahkan dalam komunikasi dengan lebih efisien sehingga memudahkan penggunanya untuk saling terhubung satu sama lain.

Meskipun memberikan banyak efek positif , perkembangan teknologi wearable juga memiliki efek negatif dan risiko yang harus dihadapi. Seperti misalnya , beberapa wearable device dapat menyebabkan potensi radiasi yang dapat berujung pada kesehatan juga nantinya , dan ini perlu diwaspadai. Kemudian pada keamanan data dan privasi juga perlu diwaspadai. Karena beberapa wearable device dapat mengumpulkan informasi dan data diri penggunanya.

Perkembangan teknologi wearable telah menciptakan perubahan penting dalam kehidupan kita sehari hari. Mulai dari pola hidup sehat dan kebugaran , komunikasi dan hubungan antar sesama , dan produktivitas yang unggul. Meskipun memberikan manfaat yang begitu luas dan mempengaruhi perubahan kehidupan menjadi lebih modern dan lebih baik , namun perlu juga untuk diwaspadai dengan cermat , karena juga dapat menimbulkan efek negatif yang tidak diinginkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image