Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SANG HUN KANG

Tips Kesuksesan dalam Meraih Masa Depan Cerah

Edukasi | Thursday, 04 Jan 2024, 15:59 WIB
Ilustrasi remaja (sumber: https//pixabay.com/id/)

Masa remaja dimulai dari umur 10 hingga 18 tahun, pada masa ini akan sangat berkesan dan memberikan pengalaman yang luar biasa untuk bekal di masa depan. Pada masa inilah waktu yang tepat untuk meraih kesuksesan meskipun hanya kesuksesan kecil. Dari kesuksesan tersebut dapat membantu dalam membangun masa depan cerah.

Banyak yang ingin mengejar kesuksesan tersebut, namun tidak mengetahui bagaimana awal mula untuk meraihnya atau apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi sukses. Pertama, hal yang perlu dimiliki adalah niat. Mungkin beberapa orang akan menganggap hal ini remeh, tetapi pada kenyataannya niat adalah kunci awal kesuksesan. Jika tidak memiliki niat untuk sukses, maka akan sulit untuk meraih sebuah kesuksesan.

Kemudian setelah memiliki niat, perlu menetapkan suatu tujuan. Tujuan di sini maksudnya adalah apa yang ingin diraih, atau kesuksesan seperti apa yang diinginkan. Jika Anda sudah memiliki niat dan tujuan, maka perlu disempurnakan dengan usaha.

Usaha dalam meraih kesuksesan dapat dimulai dengan belajar dengan giat. Dengan belajar, Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu yang nantinya akan berguna di masa depan. Anda juga dapat berperan aktif di sekolah, seperti mengikuti berbagai perlombaan atau olimpiade. Mengikuti organisasi juga sangat disarankan karena dapat membantu Anda dalam memperluas relasi dan melatih skill public speaking.

Skill public speaking juga sangat berpengaruh dalam meraih kesuksesan, jika Anda memiliki skill public speaking yang baik maka akan mempermudah dalam melakukan presentasi di depan banyak orang. Sehingga yang melihat Anda akan tertarik untuk berkenalan atau mungkin mengajak bekerja sama.

Kemudian Anda juga dapat membuka usaha kecil-kecilan yang tidak terlalu membutuhkan banyak modal, seperti berjualan online. Apalagi pada masa sekarang yang serba digital, lebih banyak orang memilih untuk berbelanja online. Anda dapat menjual makanan yang sedang ramai dibicarakan pada saat ini, seperti cromboloni.

Dan, hal yang paling penting adalah kesehatan mental. Anda perlu memiliki mental yang sehat jika ingin mengejar kesuksesan. Anda juga harus kuat atau tahan banting ketika menghadapi kesulitan dalam meraih kesuksesan ini.

Perlu diingat kembali, semua orang ingin meraih kesuksesan di masa muda atau masa remaja, namun tidak semudah apa yang dibayangkan dalam mencapai kesuksesan tersebut. Diperlukan begitu banyak usaha dan mental yang sehat.

Sang Hun Kang, Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image