Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Cari Tahu Apa Saja Manfaat Khitan Secara Agama dan Kesehatan?

Agama | Tuesday, 02 Jan 2024, 17:44 WIB
sumber: freepik.com/rawpixel.com

Sunat atau khitanan merupakan salah satu amalan sunnah (muakkadah) yang dilakukan oleh umat muslim sebagai bagian dari ajaran Islam. Bahkan, sebagian ulama berpendapat wajib. Sunat atau khitan, selain bagian dari nilai agama, sunat juga memberikan manfaat kesehatan yang fundamental bagi seorang muslim.

Artikel ini membahas tentang manfaat sunat bagi agama dan kesehatan bagi seorang Muslim.

1. Agama : Bentuk Ketaatan pada Sunnah Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW**

Sunat merupakan salah satu bentuk amalan Sunnah yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan diwajibkan oleh Rasulullah SAW. Tindakan ini dianggap sebagai langkah mengikuti jejak para Nabi dalam menjalankan perintah Allah SWT. Sunat juga dianggap sebagai penyucian diri dalam Islam, yaitu menyucikan tubuh agar lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Sebab, bagian Najis yang melekat pada diri telah dibersihkan dan disucikan.

2. Kesehatan: Untuk Menjaga kebersihan dan kesehatan

Selain dari sisi agam, sunat juga memiliki manfaat secara medis. Salah satu manfaatnya yang paling penting adalah menjaga kebersihan alat kelamin. Dengan menghilangkan kulit yang melindungi ujung penis, hal ini mengurangi penumpukan bakteri dan kotoran, sehingga mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan kebersihan secara umum. Proses penyembuhan setelah sunat juga dapat membantu mencegah beberapa masalah kesehatan.

Di samping itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat menurunkan risiko penyakit menular seksual (PMS). Sunat dapat membantu melindungi seseorang terhadap penyakit seperti HIV, HPV dan penyakit menular seksual lainnya. Meskipun sunat bukan merupakan jaminan yang lengkap, namun sunat dapat memberikan perlindungan tambahan dan merupakan tindakan pencegahan yang berguna.

Sunat juga bermanfaat bagi kesehatan reproduksi pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat menurunkan risiko kanker penis, infeksi saluran kemih, dan masalah kesehatan reproduksi lainnya. Proses ini dapat membantu menjaga kebersihan alat kelamin dan meminimalkan potensi masalah kesehatan.

Selain sebagai sunnah yang meniru jejak Nabi Ibrahim Alaihis Salam dan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam , sunat juga menawarkan ragam manfaat kesehatan yang penting bagi umat Islam. Sunat memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental, mulai dari menjaga kebersihan hingga mencegah penyakit menular seksual. Dengan memahami manfaat tersebut, seorang muslim dapat memahami pentingnya dan hikmah sunat dalam kehidupan sehari-hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image