Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image DIAN KHARISMA LIWAT

Teknologi Oscillating Water Column Energi Gelombang Laut Pembangkit Listrik

Teknologi | Sunday, 31 Dec 2023, 13:25 WIB
Gelombang Laut (sumber:https://media.istockphoto.com/id/1208302164/id/foto/api-beku.jpg?s=612x612&w=0&k=20&c=vX40HTXtlYC4CoBD0INNuBoLmwHd4x3wR9d_gCx1Lfo=)

Teknologi Oscillating Water Column (OWC) merupakan salah satu metode yang memanfaatkan energi gelombang laut untuk membangkitkan energi listrik. Oscillating Water Column (OWC) menerapkan sistem kolom air berosilasi untuk mengkonversi energi gelombang laut ke energi listrik pada pembangkit listrik. Indonesia merupakan negara kelautan terbesar di dunia. Luas laut indonesia mencapai 5,8 juta km2, atau mendekati 70% dari luas keseluruhan negara indonesia. Akan tetapi, belum ada pemanfaatan potensi energi kelautan secara optimum, terutama dalam membangkitkan tenaga listrik. Potensi energi gelombang laut dan samudra untuk menghasilkan listrik merupakan salah satu potensi yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Energi Listrik (sumber:https://cdn.pixabay.com/photo/2014/10/26/14/36/light-bulb-503881_1280.jpg)

Prinsip Kerja Oscillating Water Column

Pada dasarnya prinsip kerja Oscillating Water Column (OWC) yaitu dengan memanfaatkan tinggi rendahnya gelombang laut dalam waktu tertentu yang untuk menciptakan tekanan udara pada chamber yang akan menggerakkan turbin dan dikonversi menjadi energi listrik oleh generator. Pantai dengan gelombang berkisar 0,2 m – 1,19 m atau lebih merupakan lokasi yang sesuai untuk pembangkit gelombang laut metode (OWC) Oscillating Water Column.

Tekanan dalam system Oscillating Water Column (OWC) pada pembangkit listrik tenaga gelombang laut mempunyai peranan yang penting. Karena pada dasarnya energi listrik yang dihasilkan dari generator melalui perputaran baling–baling turbin ditentukan oleh besar kecilnya tekanan pada chamber.

Gambaran Umum Sistem Pembangkit OWC

Sistem pembangkit listrik ini terdiri dari chamber berisi udara yang berfungsi untuk menggerakan turbin, kolom tempat air bergerak naik dan turun melalui saluran yang berada di bawah ponton dan turbin yang terhubung dengan generator. Gerakan air naik dan turun yang seiring dengan gelombang laut menyebabkan udara mengalir melalui saluran menuju turbin. Sistem yang berfungsi mengkonversi energi mekanik menjadi listrik (turbin, generator) diletakan diatas permukaan laut dan terisolasi dari air laut dengan meletakannya didalam ruang khusus kedap air, sehingga bisa dipastikan tidak bersentuhan dengan air laut. Dengan sistem yang dimilikinya, pembangkit listrik ini bisa memanfaatkan efisiensi optimal dari energi gelombang dengan meminimalisir gelombang yang ekstrim. Efisiensi optimal bisa didapatkan ketika gelombang dalam kondisi normal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image