Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hafizudin pati

Korupsi di Indonesia Firli Buhori Terancam Hukuman Seumur Hidup Penjara

Politik | Saturday, 30 Dec 2023, 04:44 WIB
Presiden Joko Widodo Resmi Mengeluarkan Firli

Diamana yang sudah kita tau masalah korupsi di indonesia sangat sulut di hilangkan upaya pemerinta untuk pemberantasan korupsi sudah di lakukan melaui berbagai cara namu hinggah saat ini korupsi masih ada di mana-mana seperti yang terjadi Di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dimana Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan Firli Buhari ketua komisi pemberantasan korupsi /KPK dari jabatanya staf presiden Ari Dwipayana menjelaskan presiden Jokowi memberhentikan Firli Buhari dengan surat keputusan (kappres) Nomor 129/P Tahun 2023 Pada tanggal 28 Desember.

Adapun surat pengunduran yang dikirim oleh Firli di mana surat itu untuk Menteri Sekretariat Negara (Mensetneg) sebelumnya tidak di proses surat pengunduran diri pernyataan Berhenti’ tidak memenuhi syarat dengan UU KPK. Firli Buhari mengajukan surat pengunduran diri sekali lagi kepada presiden jokowi setelah adanya perbaikan .

Berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK disebutkan presiden dapat memilih aggota pengganti ke DPR jika terjadi kekosongan pemimpin KPK. Calon yang dapat di pilih oleh presiden berasal dari calon pimpinan KPK yang tidak terpilih di DPR.

Sebagai Informai Polda metro jaya pada rabu (22/11/2023) malam menetapkan Firli Buhari sebagai tersangka dan terancam hukuman penjara seumur hidup.

Dimana lagi kepercayaan kita sebagai masyarakat indonesia terhadap lembaga-lembaga atau pemimpin-pemimpin di indonesia apakah sesulit ini untuk menghilakan korupsi di indonesia terdapat beberapa bahaya akibat korupsi yaitu bahaya terhadap ekonomi, kesehatan, pembangunan, kemiskinan, budaya dan lain-lain.

Dampak korupsi terhadap kemiskinan

Berdasarkan klasifikasi badan pusat statistik di bagi empat kategori kemiskinan yakni.

1. Kemiskinan relatif.

Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang terjadi karena pengaruh kebijakan yang dapat berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan. Kemiskinan relatif di tentukan dan juga di tetapkan secara subyektif oleh masyarakat sendiri.

2. Kemiskinan struktural.

Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang terjadi apabila ketidakberdayaan seseorang atau sekelompok masyarakat tertentu kepada sistem yang tidak adil sehingga mereka tetap terjebak dalam kemiskinan secara terus menerus.

3. Kemiskinan kultural.

Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh faktor budaya atau istiadat yang membelenggu sehingga tetap berada dalam kondisi miskin.

4. Kemiskinan absolut.

Kemiskinan absolud adalah dimana Warga dengan pendapatan yang kurang atau tidak cukup memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, perumahan dan pendidikan yang dibutuhkan untuk dapat hidup dan bekerja dengan layak.

Dampak korupsi melalui jaringan pertumbuhan ekonomi dalam kemiskinan absolut Sementara dampak korupsi terhadap ketimpangan pendapatan memunculkan kemiskinan relatif. Korupsi yang selalu terus menerus akan semakin memunculkan kemiskinan juga secara terus menerus dalam masyarakat. Korupsi akan membuat masyarakat miskin semakin menderita seperti yang sudah kita tau mahalnya harga pelayanan publik dan kesehatan. Pendidikan yang buruk akibat korupsi juga tidak akan mampu membawa masyarakat miskin lepas dari jerat korupsi.

Dampak korupsi dalam bidang perekonomian.

Korupsi akan selalu berdampak buruk pada perekonomoan suatu negara salah satunya ekonomi akang melambat. akibat dari multiplayer effect kurang nya investor hal Ini di karenakan ionvestor ditak mau masuk ke negara dengan tingkat korupsi yang tinggi jiga melambatnya perekonomian akan membuat kesenjangan sosial semakin membesar oarang yang kaya dengan kekuasaan nya mambu melakukan suap sedangkan orang miskin akang semakin terpuruk dalam kemelararan. Tindakan korupsi juga mampu memindahkan sumber daya publik ke tangan para koruptor, akibatnya uang pembelanjaan pemerintah menjadi lebih sedikit. Ujung-ujungnya selalu rakyat miskin tidak akan mendapatkan kehidupan yang layak, pendidikan yang baik, atau fasilitas dan kesehatan yang mencukupi.

Dampak korupsi dalam bidang kesehatan.

Di masa pandemi COVID-19 juga banyak korupsi yang terjadi di bidang kesehatan banyak sekali dampaknyakemiskinan yang terasah pada masa itu. Korupsi proyek dan anggaran kesehatan kerap terjadi di antara pejabat pemerintah, bahkan menteri. Sudah dua mantan dua mantan menteri kesehatan Indonesia yang ditahan karena korupsi, yaitu Achmad Suyudi dan Siti Fadilah Supari. Menurut Corruption Watch (ICW), korupsi jadi biang keladi buruknya pelayanan kesehatan, dua masalah utama adalah peralatan yang tidak memadai dan kekurangan obatuntuk orang yang terkena covid-19. Dampak dari korupsi bidang kesehatan adalah secara langsung mengancam nyawa masyarakat. ICW mencatat pengadaan alat kesehatan dan obat merupakan dua sektor paling rawan korupsi. Perangkat medis yang dibeli dalam proses korupsi berkualitas buruk pelayanan purnajualnya juga jelek serta tidak presisi. Begitu juga dengan obat yang pembeliannya mengandung unsur korupsi pasti keampuhannya dipertanyakan.

Dampak korupsi dalam bidang pembangunan.

Salah satu sektor yang paling banyak juga dikorupsi adalah sengkor pembanguna kerap kali jadi incaran dan yang paling merasakan dampak pembangunan dan infrastruktur Salah satunya KPK mencatat dalam sebuah kasus korupsi infrastruktur dari nilai kontrak 100 persen ternyata nilai riil infrastruktur hanya tinggal 50 persen karena sisanya dibagi-bagi dalam proyek bancakan para koruptor. Dampak dari korupsi ini juga Adalah kualitas bangunan yang buruk sehingga dapat mengancam keselamatan publik Proyek infrastruktur yang sarat korupsi juga tidak akan bertahan lama cepat rusak sehingga harus dibuka proyek baru yang sama untuk dikorupsi lagi. KPK mencatat korupsi di sektor ini terjadi dari tahapan perencanaan proses pengadaan hingga pelaksanaan. Di tahap perencanaan koruptor sudah mencari celah terkait kepastian anggaran fee proyek atau cara mengatur pemenang tender Pada pelaksanaan terjadi manipulasi laporan pekerjaan atau pekerjaan fiktif menggerogoti uang negara.

Dampak korupsi dalam budaya indonesia.

Mana yang sudah kita tau budaya korupsi di indonesia sudah ada sejak lama budayu korupsi buruk terhadap norma-norma masyarakat ketika korupsi sudah menjadi kebiasaan maka dimana korupsi akan menjadi lumra dan bukan sesuatu yang berhaya. Dampak dari korupsi terhadap budaya diteliti oleh Fisman dan Miguel (2008), Barr dan Serra (2010). Hasil penelitian Fisman dan Miguel (2008) menunjukkan bahwa diplomat di New York dari negara dengan tingkat korupsi tinggi cenderung lebih banyak melakukan pelanggaran parkir dibanding diplomat dari negara dengan tingkat korupsi rendah Perilaku ini dianggap sebagai indikasi budaya. Hasil penelitian Barr dan Serra (2010) menunjukkan bahwa data di Inggris memberikan hasil serupa yaitu adanya hubungan positif antara tingkat korupsi di negara asal dengan kecenderungan para imigran melakukan penyogokan. Ketika masyarakat permisif terhadap korupsi, maka semakin banyak individu yang melanggar norma antikorupsi atau melakukan korupsi dan semakin rendah rasa bersalah. Marilah kita. Saling mengingatkan untuk tidak berkorupsi belum ada kata terlambar untuk membuat indonesia menjadi negara yang tingkat korupsi yang rendah dan dimana masyarakat indonesia bisah saling hidup rukun damai dan tidak ada lagi masyarak yang memikirkan biyayah sekolah yang mahal atau susah nya mencari perkerjaan marilah kiota menuju indonesia yang maju dan menjadi negara yang sejahtera.

HAFIZUDIN PATI_20230510235_F_AIK

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image