Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Munculnya Podcast Mengakibatkan, Perubahan di Era Radio Sekarang

Teknologi | Friday, 29 Dec 2023, 22:22 WIB

Radio adalah media komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk memberikan infromasi dalam bentuk suara atau data. Dalam konteks umum radio merujuk pada perangkat penerima radio yang digunakan untuk mendengarkan dalam bentuk suara. Sinyal yang dimilik radio ini mencakup berbagai jenis program laiinya.

Sejarah perkembangan Radio didunia, dari penemuan seorang ilmuan yang Bernama Marconi. Radio merupakan salah satu alat komunikasi paling penting dalam sejarah dunia. Radio didefinisikan sebagai alat pengirim sinyal melalui radiasi elektromagnetik dan modulasi. Radio juga sebagai alat komuinaksi masal karena mampu menyampaikan infromasi kepada Masyarakat luas. Adanya radio cukup membantu kehidupan manusia.

Sejarah radio di dindonesia adalah radio Batavia yang berada di Jakarta tempo dulu, yang diresmikan pada tanggal 16 juni 1925. Hal ini beda sekali dengan badan-badan bentuk perkumpulan, swasta, terutama yang diusahakan bangsa pribumi. Munculnya stasiun radio dikalangan bangsa indonesia disebabkan kenyataan, bahwa Nirom memang dapat bantuan dari pemerinta.

Radio cukup populer pada abad ke-20 melalui penyiaran suara, radio memberikan akses cepat dan luas terhadap berbagai program, termasuk berita, hiburan, Pendidikan, dan budaya. Radio memberikan peran penting. Untuk tetap mempertahankan radio cukup mengikuti perkembangan teknologi untuk mempertahankan eksistensi radio sebagai salah satu media massa yang banyak diminati Masyarakat.

Pada era modern sekarang radio salah satu media massa yang cukup diminati dan dipilih khalayak, karena sebagai alat komunikasi keberadaan radio yang cukup mudah untuk diakses atau didengarkan dimana saja sehingga Masyarakat dapat menikmatinya.radio paling banyak didengarkan saat dimobil, stasiun, terminal, atau di angkot dalam melakukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas.

Perbedaan yang cukup menarik antara radio dan podcast yakni bisa dilihat dari radio siaran yang langsung pada waktu tertentu, konten yang mencakup music, berita, dan program-program, radio terikat jadwal waktu siaran stasiun radion, radio juga sering mengandalkan pendapatan dari iklan. Sedangkan podcast siarannya on-demand bisa didengarkan kapan saja, kontennya lebih bervariatif dengan berbagai topik, tidak ada terikat jadwal waktu yang ditentukan, didistribusikan secara online melalui youtube, sopotify, dan podcast mengandalkan iklan, dan sponsor sebagai pendapatan.

Radio pada zaman sekarang menarik juga dengan nama lain seperti digital audio broadcasting menyediakan kualitas audio yang lebih baik dan lebih banyak pilihan stasisun, streaming radio online menyediakan streaming online untuk mendegarkan siaran radio melalui internet. Podcast ini yang cukup menarik secara digital telah menjadi yang paling populer dikalangan sekarang karena dapat mendengarkan dimanapun dan kapanpu secara offline dan online.

Majunya perkembangan sekarang banyaknya macam digital konten yang sangat disukai yaitu podcast. Program podcast ini muncul menjadi primadona sebagai media komunikasi audio yang berkembang menjadi audio visual di media youtube. Podcast juga dikenal di platform music seperti joox dan spotify juga menyediakan podcast audio tidak dengan gambar. Adanya podcast ini membuat radio sedikit redup dikalangan Masyarakat.

Era modern dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai media dan produk komunikasi lainnya dari berbasis teks, audio, dan video. Pada zaman ke zaman dulu konten atau media yang berbasiskan audio yang kita kenal adalah radio, sedangkan sekarang sudah banyak media yang memberikan informasi, dengan pesan dalam bentuk suara, atau video melalui aplikasi di handphone dengan mudah diakses dan dapat dimengerti.

Digital content dalam beragam format baik teks atau tulisan, gambar, video, audio, atau kombinasi dari semuanya. Terciptanya ini seiring berkembangnya dunia teknologi supaya mudah diakses melalui platform media digital seperti laptop, tablet bahkan smartphone. Selain itu konten tersebut bisa dibaca dan digunakan dengan computer atau alat digital lainnya, maka itulah yang disebut dengan digital content.

Tugas UAS Perkembangan Teknologi Komunikasi

Penulis : Anjaliani

Nbi : 1152100318

Prodi : Ilmu Komunikasi

Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Asal : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image