Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Memilih Pemimpin Benar dan Amanah Menurut Rasulullah SAW

Agama | Thursday, 28 Dec 2023, 21:36 WIB
Memilih Pemimpin Benar dan Amanah Menurut Rasulullah SAW

Perhelatan menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 dengan antusiasme masyarakat yang tinggi mendambakan presiden dan wakil presiden yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik dengan memilih pemimpin yang benar sehingga tanggal 14 Pebruari 2024 masyarakat benar-benar harus memilih pemimpin yang benar dan amanah.

Pemilu Pemilihan Persiden dan wakil persiden sudah dimulai tahapan-tahapannya mulai deklarasi calon, mendaftarkan ke KPU, kampanye, dan debat presiden dan wakil persiden sudah di mulai. Rakyat Indonesia sebagai penentu melahirkan pemimpin atau presiden dan wakil presiden sesuai dengan pilihannya berharap pemilu presiden dan wakil presiden jujur dan adil sehingga dengan demokrasi yang jujur dana di melahirkan pemimpin yang benar dan amanah jauh dengan kecurangan-kecurangan dalam pemilu kali ini.

Sebagaimana hadits Rasulullah Saw menjelaskan tentang calon pemimpin atau presiden yang benar dan amanah yaitu pemimpin yang bertanggung jawab sebab akan dipertanyakan mengenai kepemimpinannya di hadapan Allah SWT:

“ Dari Abdullah bin umar Ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda;” Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang di pimpinnya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya atas rakyatnya ” ( dikeluarkan oleh al-bukhari (2409) dan lafaz ini miliknya, dan Muslim (1829)

Imam disini bisa presiden. Presiden akan diminta pertanggung jawabanya mengenai rakyat yang dipimpinnya. Alangkah beratnya ketika seseorang presiden yang tidak benar dan amanah terhadap rakyatnya karena akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT.

Pemimpin yang adil yang benar amanah akan di berikan mimbar disisi Allah SWT dengan penuh cahaya. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW:

“ Dari Abdullah bin Amr Ra berkata, “ Rasulullah Saw bersabda,”Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil akan berada disisi Allah SWT diatas mimbar penuh cahaya, yaitu disebelah kanan ar-Rahman, dan kedua tangan-Nya adalah mereka yang berlaku adil dalam menetapkan hukum, adil dalam keluarga, dan adil apa yang diamanahkan kepada mereka,”(dikeluarkan oleh muslim (1827).

Ternyata balasan bagi para pemimpin yang tidak benar dan amanah akan dimasukan kedalam neraka. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW: ” Tidakkah seorang hamba diberi amanah oleh Allah SWT untuk memimpin rakyatnya, lalu ia mati pada hari ia mati dalam menipu rakyatnya, melainkan Allah mengharamkan Surga atasnya” (dikeluarkan oleh al-Bukhari(7150), dan muslim (142) dan lafaz ini miliknya).

Demikian pemaparan mengenai pemimpin yang benar dan amanah menurut Rasulullah SAW mudah-mudahan pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 nanti melahirkan pemimpin yang benar dan amanah cinta terhadap rakyatnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image