Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

10 Ayat Al-Quran Tentang Ciri-ciri Orang Beriman

Agama | Thursday, 28 Dec 2023, 17:03 WIB
sumber: freepik.com

Al-Quran secara indah menggambarkan tentang bagaimana ciri-ciri orang beriman. Dikatakan bahwa orang beriman tidak hanya memiliki derajat yang mulia, tapi juga mendapatkan pahala yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Firman Allah Ta’ala dalam surah Al-Baqarah ayat 103, artinya: “Sesungguhnya kalau mereka beriman dan bertakwa, (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui.”

Lalu, bagaimana karakteristik orang-orang beriman yang digambarkan dalam Al-Quran?

1. Beriman Kepada Allah dan RasulNya

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.” (QS. Al-Hujurat: 15)

2. Orang yang Khusyu dalam Shalatnya

“(yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,” (QS. Al-Mu’minun: 2)

3. Menjauhkan Diri dari Perbuatan dan Perkatan Tidak Berguna

“dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,” (QS. Al-Mu’minun: 3)

4. Membayar Zakat

“dan orang-orang yang menunaikan zakat,” (QS. Al-Mu’minun: 4)

5. Menjaga Kemaluannya

“dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. ” (QS. Al-Mu’minun: 5-6)

6. Memegang Janji

“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.” (QS. Al-Mu’minun: 8)

7. Menjaga Shalatnya

“dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.” (QS. Al-Mu’minun: 9)

8. Senantiasa Menuntut Ilmu

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

9. Mengerjakan Amal Saleh

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka Tuhan mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata.”(QS. Al-Jatsiyah; 30)

10. Bertakwa Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali ‘Imran: 102)

Dengan menjadi insan beriman, tentu bukan hanya kebahagiaan dunia yang diperoleh, tapi juga kebahagiaan akhirat. Dengan mendalami ciri-ciri orang beriman yang tertulis dalam Al-Quran, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kita agar senantiasa menjadi hamba-hambaNya yang beriman dengan iman yang sebenar-benarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image