Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thomi

Awas! 7 Tempat di Rumah yang Jarang Dibersihkan

Gaya Hidup | Tuesday, 26 Dec 2023, 21:18 WIB

Saat membersihkan rumah, kita cenderung fokus pada hal-hal yang terlihat jelas, seperti mencuci piring, mencuci baju, mengelap kaca jendela, atau menyapu lantai. Namun, ada beberapa bagian rumah yang sering terlupakan selama kegiatan bersih-bersih rutin tersebut.

ada 7 bagian di dalam rumah yang sering lupa dibersihkan. Apa saja?

1.     Bagian Bawah Furnitur

Saat membersihkan rumah, kamu mungkin akan menyapu atau menyedot debu di sekitar tempat tidur dan sofa. Namun, seringkali kita lupa untuk membersihkan bagian bawah perabotan tersebut. Di bagian bawah tempat tidur atau sofa, sering terdapat debu dan kotoran yang dapat dengan mudah dihilangkan dengan bantuan penyedot debu atau pel. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat-tempat, seperti bingkai tempat tidur, kursi, dan penyangga meja.

2.     Sudut-sudut dinding

Debu dan kotoran tidak hanya menumpuk di lantai, tetapi juga dapat melekat pada sudut dinding. Debu yang melekat pada sudut dinding biasanya baru akan terlihat saat kamu menyalakan semua lampu. Debu dapat semakin banyak jika kamu menggunakan wallpaper. Jadi, jangan lupakan untuk membersihkan dinding dan sudut-sudutnya dari atas ke bawah secara berkala.

3.     Atas Lemari, Pintu, dan Bingkai Foto

Saat bersih-bersih, kita cenderung mengabaikan apa yang ada di atas permukaan mata. Cobalah untuk melihat dan memeriksa bagian atas lemari, pintu, dan bingkai foto. Bagian ini seringkali penuh dengan debu dan kotoran.

4.     Filter Udara dan Ventilasi

Jika kamu menggunakan AC, penting untuk menjaga filter udara agar terhindar dari debu dan kotoran lainnya. Selain itu, bersihkan juga ventilasi udara di rumahmu. Jika filter dan ventilasi tidak dibersihkan secara teratur, debu akan kembali ke dalam rumah dan dapat mempengaruhi kualitas udara.

5.     Lantai Lemari

Lantai lemari seringkali juga terabaikan saat bersih-bersih. Oleh karena itu, secara berkala, keluarkan semua barang dari lemari dan bersihkan lantainya. Hal ini juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan serangga yang merusak pakaian.

6.     Alat-Alat Kebersihan

Penting untuk tidak hanya membersihkan rumah, tetapi juga alat-alat pembersihnya. Vakum, sapu pel, dan sikat harus dibersihkan secara teratur agar tidak menyebarkan kotoran saat digunakan. Pastikan untuk membersihkan wadah debu dan filter vakum, serta mencuci kepala pel dan sikat pembersih setelah digunakan.

7.     Tanaman dalam Ruangan

Terakhir, tanaman dalam ruangan, baik yang nyata maupun buatan, juga perlu dibersihkan. Tanaman hidup akan lebih sehat jika dibasuh dengan air atau diberi cahaya matahari secukupnya. Sementara itu, tanaman buatan perlu dibersihkan dari debu dan kotoran agar tetap terlihat cantik.

Itulah tujuh tempat yang mungkin jarang kamu pikirkan saat bersih-bersih. Mulai sekarang jangan lupakan ketujuh tempat ini, ya! Dengan membersihkannya secara rutin, rumahmu akan tetap bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image