Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Asuransi Perjalanan yang tak Akan Bikin Rungkad Perjalanan Kalian

Wisata | Wednesday, 20 Dec 2023, 17:34 WIB
Agar perjalanan kita nyaman, kita perlu pula asuransi perjalanan. Sumber gambar: republika.co.id.

PERJALANAN yang telah kita rencanakan sebaik mungkin dapat saja tak berjalan mulus. Sejumlah kendala atau masalah mungkin kita temui, yang membuat perjalanan kita menjadi rungkad. Oleh sebab itu, penting bagi kita memiliki asuransi perjalanan.

Seperti namanya, asuransi perjalanan merupakan produk asuransi yang khusus dirancang untuk menanggung berbagai risiko yang terkait dengan perjalanan. Di sejumlah negara Barat, asuransi ini kerap disebut sebagai trip insurance atau travel insurance.

Dengan asuransi perjalanan, kalian memiliki jaring pengaman tatkala ada hal-hal di luar perkiraan menimpa diri kalian di saat sedang melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan akan menanggung risiko-risiko finansial besar yang yang terkait dengan perjalanan kalian.

Jenis asuransi perjalanan

Ditilik dari lingkup perjalanan yang kalian lakukan, asuransi perjalanan terbagi dalam dua kategori.

Pertama, asuransi perjalanan di dalam negeri atau domestik. Asuransi perjalanan domestik tentu saja dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko perjalanan kalian di dalam negeri.

Kedua, asuransi perjalanan internasional. Asuransi ini diperuntukkan untuk mereka yang berpergian ke mancanegara, entah untuk liburan, bisnis, melaksanakan ibadah, maupun untuk melanjutkan studi.

Manfaat asuransi perjalanan

Apa saja sih manfaat memiliki asuransi perjalanan? Seperti telah diutarakan di muka, asuransi perjalanan bakal menanggung risiko-risiko finansial besar yang yang terkait dengan perjalanan kalian. Tanpa memiliki asuransi perjalanan, bisa saja kalian harus menanggung risiko-risiko finansial besar yang muncul yang berkaitan dengan perjalanan kalian.

Berikut ini beberapa contoh manfaat memiliki asuransi perjalanan.

1] Perlindungan atas kanselasi penerbangan

Karena faktor-faktor tertentu, penerbangan bisa saja dikansel, ditunda, atau bahkan dibatalkan oleh pihak maskapai. Ini tentu merugikan secara finansial. Tapi, tenang. Dengan asuransi perjalanan di tangan, kalian tak perlu pusing dengan kerugian atas penundaan atau pembatalan penerbangan lantaran kalian bakal menerima kompensasi yang memadai.

2] Biaya perawatan dan akomodasi

Saat dalam perjalanan, mungkin saja kalian, atau salah seorang kerabat yang ikut dalam perjalanan, mengalami sakit dan perlu mendapat perawatan di rumah sakit. Pada kasus seperti ini, asuransi perjalanan akan menanggung sepenuhnya biaya perawatan serta akomodasi lainnya.

3] Jaminan perlindungan atas kehilangan penghasilan

Kecelakaan atau sebab lainnya selama perjalanan mungkin pula membuat diri kalian [yang telah memiliki pekerjaan] kehilangan pekerjaan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kalian akan menerima tunjangan kehilangan pendapatan selama jangka waktu tertentu.

4] Penggantian untuk kasus penipuan, dan pencurian

Karena apes ataupun teledor, bisa saja kalian mengalami menjadi korban empuk penipuan atau pencurian saat sedang dalam perjalanan. Nah, asuransi perjalanan akan memberikan biaya penggantian untuk kehilangan maupun kerugian lainnya karena penipuan maupun pencurian.

5] Tanggungan biaya hukum

Ini untuk memberikan perlindungan atas tanggung jawab hukum yang kemungkinan dapat kalian hadapi. Termasuk antara lain biaya hukum untuk cedera tubuh atau kerusakan properti milik orang lain sebagai akibat dari klaim yang dibuat terhadap kalian.

6] Biaya perawatan hewan peliharaan

Beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan jaminan perlindungan untuk hewan peliharaan selama majikan melakukan perjalanan. Misalnya, ketika sang majikan tertunda kembali ke rumah, padahal ada hewan peliharaan yang membutuhkan perawatan. Maka, pihak asuransi perjalanan akan menanggung biaya kandang atau penitipan tambahan. Atau ketika hewan peliharaan terluka saat ditinggal melakukan perjalanan, maka biaya dokter hewan di-cover oleh asuransi perjalanan.

Luar biasa, bukan? Itu hanya beberapa contoh manfaat asuransi perjalananan. Manfaat lainnya sudah barang tentu masih banyak, seperti jaminan biaya evakuasi, tunjangan tunai rumah sakit, biaya kelebihan sewa kendaraan, hingga perlindungan atas kerusuhan.

Hal-hal yang tidak ter-cover asuransi perjalanan

Seperti halnya semua polis asuransi, selalu ada batasan dan pengecualian untuk setiap manfaat asuransi yang diberikan.

Karenanya, ada beberapa kondisi di mana pemegang asuransi perjalanan tidak bisa mengajukan klaim. Dengan kata lain, terdapat sejumlah kondisi maupun risiko yang tidak di-cover asuransi perjalanan. Kondisi dan risiko itu adalah sebagai berikut.

[1] Cedera lantaran aktivitas olahraga ekstrem. Misalnya, main ski, panjat tebing, arung jeram, menyelam.

[2] Kehilangan bagasi atau barang berharga yang ternyata berada dalam pengawasan pihak tertanggung.

[3] Pihak tertanggung melakukan perjalanan untuk tujuan perawatan medis.

[4] Kehilangan barang berharga yang bertentangan dengan hukum.

[5] Pihak tertanggung dirujuk ke fasilitas medis lainnya.

[6] Kondisi penyakit yang sudah ada sebelum pihak tertanggung melakukan perjalanan.

[7] Setiap cedera atau penyakit yang disebabkan reaksi nuklir atau pencemaran radioaktif.

[8] Melakukan perjalanan ke negara-negara yang dilarang dalam asuransi perjalanan, seperti ke negara konflik atau perang.

Untuk lebih memastikan manfaat apa saja yang dapat kalian peroleh dari asuransi perjalanan maupun hal-hal yang menjadi pengecualian, tentu saja kalian perlu mencari informasi selengkap-lengkapnya terkait produk asuransi perjalanan yang ditawarkan dengan jalan membaca prospektus penawaran atau meminta penjelasan lebih lanjut kepada petugas/agen asuransi perjalanan.

Bagaimana memilih asuransi perjalanan

Terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat hendak memilih asuransi perjalanan.

Yang pertama perlu kalian lakukan adalah memastikan cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh penyedia asuransi.

Selanjutnya, lakukan perbandingan di antara beberapa penyedia asuransi, sehingga kalian mengetahui secara rinci masing-masing manfaat yang ditawarkan maupun kesesuaiannya dengan kebutuhan kalian.

Ihwal polis asuransi mana yang akhirnya paling baik untuk dijadikan pilihan, kalian terlebih dahulu perlu memastikan hal-hal sebagai berikut.

[1] Lama perjalanan yang akan kalian lakukan.

[2] Tujuan perjalanan.

[3] Aktivitas perjalanan [apakah ada aktivitas yang berisiko sangat tinggi].

[4] Riwayat kesehatan diri secara umum.

[5] Apa yang ditanggung, dan apa yang tidak ditanggung.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image