Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rianatul Chasanah

Perjalanan Karier BTS Sang Bintang K-POP dari Negeri Ginseng

Trend | Wednesday, 20 Dec 2023, 14:39 WIB
BTS

Sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan BTS. Salah satu boy group asal Korea Selatan ini, terkenal dengan lagu DNA. Lagu tersebut merupakan lagu BTS yang pertama kali berada di Billboard Hot 100, yang merupakan tangga lagu terlaris di Amerika Serikat. BTS merupakan boy group asuhan dari Big Hit Entertainment yang sekarang berubah menjadi HYBE Labels. Perjalanan karier sebelum menjadi superstar, BTS merupakan boy group yang tidak terkenal dari agensi kecil. Big Hit Entertainment mendebutkan BTS pada tanggal 13 Juni 2013 lewat album 2 COOL 4 SKOOL dengan salah satu single lagunya yaitu No More Dream. BTS terdiri dari 7 anggota, yakni RM, JIN, SUGA, J-HOPE, JIMIN, V, dan JUNGKOOK. Nama tersebut merupakan nama panggu yang digunakan oleh anggota BTS, berikut ini biodata dari anggota BTS :

1. RM memiliki nama asli Kim Namjoon (김 남준 ), ia lahir di Ilsan pada tanggal 12 September 1994. Perannya dalam anggota BTS sebagai leader sekaligus rapper. Selain menjadi leader dan rapper, RM juga sering kali menulis beberapa lirik lagu yang terdapat dalam lagu-lagu BTS.

https://images.app.goo.gl/gouadx8Ao4idRyFZ8

2. JIN yang memiliki nama asli Kim Seokjin (김 석진 ) merupakan anggota tertua di BTS. Ia lahir di Gwacheon pada tanggal 4 Desember 1992. Perannya dalam anggota BTS sebagai vokalis.

https://images.app.goo.gl/vc5G5n8aWg7uBvEx9

3. SUGA memiliki nama asli Min Yoongi (민 윤기 ), ia lahir di Daegu pada tanggal 9 Maret 1993. Perannya dalam BTS sebagai lead rapper. Sama halnya seperti RM, Suga juga sering kali menulis lirik lagu pada lagu-lagu BTS, baik itu lagu solo ataupun lagu grup.

https://images.app.goo.gl/Q3drTdsUu7d72aVF7

4. J-HOPE memiliki nama asli Jung Hoseok (정 후석 ), ia lahir di Gwangju pada tanggal 18 Febuari 1994. Perannya dalam BTS sebagai rapper dan lead dancer.

https://images.app.goo.gl/o2ymCDMfK172tp7T6

5. JIMIN memiliki nama asli Park Jimin (박 지민 ), ia lahir di Busan pada tanggal 13 Oktober 1995. Perannya dalam BTS sebagai dancer dan vokalis.

https://images.app.goo.gl/MvGfzwxCqkqTQX6AA

6. V memiliki nama asli Kim Taehyung (김 태형 ), ia lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Perannya dalam BTS sebagai vokalis. Selain menjadi penyanyi, V BTS juga pernah bermain drama. Dia membintangi sebuah drama yang berjudul Hwarang, disitu Taehyung berperan sebagai Hansung.

https://images.app.goo.gl/S82sAhbS7KF65UbW7

7. JUNGKOOK memiliki nama asli Jeon Jungkook (전 정국 ), ia lahir di Busan pada tanggal 1 September 1997. Perannya dalam BTS sebagai lead vocal, dancer, dan sebagai Maknae (anggota termuda). Jungkook juga memiliki julukan sebagai Golden Maknae, ia dijuluki tersebut karena ia merupakan anggota termuda yang memiliki lebih dari satu bakat. Ia memiliki beberapa bakat, seperti menggambar, menyanyi, menari, berenang, bermain alat musik, dan masih banyak lagi.

https://images.app.goo.gl/2Dw8KJng4NCWnPYY9

Perjalanan karier meraka bertujuh untuk menjadi seorang bintang yang terkenal seperti saat ini tidaklah mudah. Meraka mengawali kariernya dengan debut di Mnet yang merupakan salah satu stasiun TV yang digunakan untuk promosi lagu terbaru para idol K-POP. Saat pertama kali BTS debut, tidak banyak orang yang tahu tentang grup mereka karena mereka debut dari agensi yang baru berdiri dan kecil. Maka dari itu, mereka memiliki sedikit penggemar dan mereka memberi nama penggemarnya dengan sebutan ARMY. Nama ARMY sendiri merupakan dari bahasa Inggri yang artinya tentara. Tidak sembarangan mereka memberi nama untuk para penggemarnya, karena ada kaitannya juga dengan nama mereka. Dalam bahasa Korea BTS atau Bangtan Sonyeondan memiliki arti sebagai sekelompok anak laki-laki anti peluru, dengan arti tersebut seseorang yang paling dekat atau paling sering menggunakan peluru adalah para tentara. Oleh karena itu, mereka memberi nama ARMY kepada para penggemarnya dengan harapan mereka dapat melindungi para penggemarnya dari masalah yang ada, baik pada remaja maupun orang dewasa dengan makna lirik lagu yang ada dalam lagu-lagu BTS. ARMY memiliki ciri khas denga kata slogan Borahae atau I Purple You, yang pertama kali disebut oleh Taehyung atau kerap dipanggil V BTS. Dalam sebuah konser, Taehyung menyebut bahwa ARMY seperti wana ungu di warna terakhir dalam jajaran pelangi. Warna ini menggambarkan rasa setia dan cinta yang abadi. Kini, warna ungu menjadi warna ciri khas dari BTS dan ARMY.
Pada tahun 2014 untuk pertama kalinya BTS melakukan promosi lagu mereka di Amerika melalui acara tv yaitu American Hustle Life yang ditanyangkan di Mnet juga. Dari tahun 2013 samapai tahun 2014, BTS belum memperoleh penghargaan satupun. Namun, pada tahun 2015 menjadi tahun pertama bagi BTS menerima penghargaan Melon Music Awards. BTS berhasil mendapatkan penghargaan tersebut, setelah 2 tahun debutnya. Penghargaan Best Dance Award (Male) dengan lagu berjudul 'I Need U' menjadi awal mula perjalanan BTS menerima penghargaan lainnya hingga saat ini. Dengan adanya dukungan para ARMY untuk BTS sangat berpengaruh besar, dengan dibuktikannya pada tahun 2016, BTS merilis MV lagu Blood Sweat & Tears yang memecahkan rekor MV (music video) dengan viewers terbanyak dan tercepat pada platform YouTube. Dalam waktu dua minggu, sudah lebih dari 31 juta orang yang menonton MV tersebut dan peda tahun ini juga BTS mendapatkan Daesang (penghargaan musik tertinggi di Korea) untuk pertama kalinya dengan kategori Album of the Year, untuk album The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever yang dirilis pada 2 Mei 2016. Dari sinilah, BTS mulai dikenal oleh orang-orang dan semakin banyaknya yang menjadi fans dari BTS. Pada tahun 2017, lagi-lagi BTS memecahkan rekor untuk artis Asia pertama yang meraih penghargaan dalam ketegori Top Social Award di ajang Billboard Music Awards (BBMAs) dengan mengalahkan Justin Bieber sebagai pemenang 6 tahun berturut-turut dan untuk pertama kalinya juga pada tahun 2018, BTS memenangkan dua Daesang sekaligus pada acara Mnet Asian Music Award (MAMA) di Hong Kong, dengan beberapa kategori antara lain, Album of the Year dan Artis of the Year. Namun, pada saat maju untuk penerimaan penghargaan, anggota tertua BTS yaitu Jin mengungkapkan fakta yang mengejutkan bagi para ARMY. Mereka sempat berpikir untuk bubar, saat pengungkapan fakta tersebut Jin berkata, "ARMY, saya sedang memikirkan tentang awal tahun ini. Awal tahun ini, kami mengalami kesulitan secara mental. Jadi kami berbicara bersama dan khawatir apakah kami harus bubar atau tidak. Tetapi saya sangat lega bahwa kami menemukan tekad kami lagi dan sekarang kami dapat memperoleh hasil yang luar biasa ini." "Saya sangat berterima kasih kepada para anggota kami yang menemukan tekad itu lagi, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota dan ARMY saya yang tercinta. Terima kasih." tutup pengakuan Jin.

https://images.app.goo.gl/3cwDYjH1W2MHB43c7

Puncak karier BTS berada pada tahun 2020 dengan dirilisnya lagu Dynamite. Lagu tersebut menjadi lagu BTS pertama yang berhasil menduduki pada urutan nomor 1 di Billboard Hot 100 yang bertahan selama tiga minggu dan pada saat itulah Big Hit Entertainment berubah menjadi HYBE Labels, sebuah perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan. Berkembangnya Big Hit Entertainmet dari perusahaan kecil menjadi HYBE Labels yang merupakan perusahaan besar, semua itu berkat usaha BTS dan ARMY, yang selalu saling mendukung satu sama lain. Oleh karena itu, BTS di juluki sebagai King of K-POP , sedang julukan untuk ARMY adalah Fandom (Fans Kingdom) terbesar, karena menjadi Fandom dengan jumlah fans terbanyak. Begitulah perjalan karier BTS yang berawal dari grup tidak terkenal menjadi Sang Bintang K-POP.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image