Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fauziyatul Kubro

Pengaruh BTS Terhadap Gen Z di Era Digital

Sastra | Friday, 24 Nov 2023, 18:27 WIB
Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CeL7qgXJB0d/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==

Di era globalisasi fenomena k-pop telah berkembang pesat digandrumi sejumlah remaja di Indonesia. K-pop bukan lagi hal yang asing di dengar terutama dikalangan anak muda milenial. K-pop ini membawah pengaruh yang sangat besar baik dari sisi positif atau pun negatif, K-pop adalah boy/girl band yang berasal dari negeri gingseng Korea selatan.

Korea selatan tergolong negara maju di Asia setelah jepang, dimana entertaiment disana sangat berkembang serta teknologi yang maju, member k-pop bukan hanya dari negara korea saja namun ada yang dari negara lain seperti china, thailand, australia, bahkan indonesia. Negara korea selatan bukan hanya terkenal karena K-pop saja yang mendunia tapi juga tentang kebudayaan, makanan, fashion, pendidikan, seni serta para ahli kedokteran yang terkenal tak lepas dari perbincangan. Tak heran Korea selatan menjadi salah satu negara yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CkFGwj2p_DR/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==

Perjalan karir BTS sejak dulu hingga sekarang

Berawal terbentuknya sebuat fandom bernama BTS yang beranggotakan 7 orang ini adalah ide produser dari agensi Big hit entertaiment korea selatan yaiku Bang si hyuk pada tahun 2010 dan berhasil debut ditahun 2013. Big hit entertaimen bukan agensi besar bisa dibilang agensi baru bahkan mereka berkembang karena adanya BTS.

Bukan hal yang mudah untuk mencapai titik ini. Banyak pengorbanan yang mereka lakukan, bahkan mereka pernah turun kejalanan hanya untuk membagikan tiket konser gratis yang akan mereka adakan. Mereka bukan dari agensi yang besar dan kaya dengan segala kegigihan yang mereka miliki dengan potensi serta bakat bakat para member agensi yang dulu disebut agensi miskin kini bisa disejajarkan dengan agensi JYP entertaiment dan SM entertaimen.

Bahkan sekarang mereka memiliki banyak penggemar yang mereka beri nama ARMY. Bagi mereka Army adalah keluarga dan segalanya karena bagi mereka BTS ada karena adanya ARMY disamping mereka. Begitu besar cinta yang diberikan kepada BTS karena hanya itu yang bisa dilakukan oleh penggemar untuk idolanya yang telah menghasilkan banyak karya yang luar biasa tidak heran mereka setiap tahunnya memenangkan penghargaan bahkan BTS merupakan k-pop pertama yang masuk nominasi grammy award ditahun 2021 meski tidak mendapatkan penghargaan tapi mereka tidak putus asa, mereka terus berkarya menciptakan karya karya yang bermotivasi tinggi bahkan sangat berguna bagi banyak orang.

Bukti bahwa BTS sangat berdampak bagi generasi muda diera globalisasi ini

Saya salah satu pencinta k-pop, k-pop yang saya suka adalah BTS yang beranggotakan 7 orang, bagi saya mereka bukan hanya menciptakan musik saja bagi saya disetiap lirik yang mereka buat terdapat makna yang begitu indah dan memotivasi saya, musik mereka bukan menceritakan tentang percintaan tapi musik mereka mengajarkan bagaimana belajar untuk mencintai diri kita sendiri, serta semangat untuk orang yang putus asa dalam menjalani hidup seperti dalam lagu epiphany yang menyiratkan situasi seseorang yang sebelumnya pernah mencintai orang lain hingga mengorbankan dirinya sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, orang tersebut sadar bahwa yang paling penting adalah mencintai diri sendiri. lirik lagu Zero O'Clock '00.00' yang menyiratkan tentang seseorang yang membutuhkan semangat lagi untuk bangkit. Bagi saya pengorbanan mereka sangatlah besar hingga mereka bisa sampai ketitik sekarang dan itu semua tidak lah mudah bagi mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image