Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bintang Bazlur Rahman

Cowok Keren tidak Harus Merokok

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Dec 2023, 20:27 WIB

Pria yang tidak merokok adalah pria impian saya banget”-Annisa Ikrima

Sumber : Google

Bagi kalian penikmat serial Netflix pasti sudah tidak asing pada sesosok pria elegan dan keren yang sedang merokok pada gambar ini? Dia adalah Thomas Shelby, pemeran utama pada serial Netflix bernama “Peaky Blinders”. Sifatnya yang dingin, tenang, dan misterius, ditambah dengan pakaian yang rapi dan di setiap scene nya dia tidak pernah lupa untuk membakar rokok nya, itu membuat Thomas terlihat elegan dan keren pada serial Netflix ini.

Pernahkah kalian berpikir bahwa cowok harus merokok agar terlihat keren? Pada saat saya menginjak sekolah menengah sempat berfikiran mungkin merokok merupakan suatu hal yang terlihat keren dan gaul jika sedang berkumpul dengan teman-teman yang merokok juga. mengapa rokok dianggap keren? Menurut saya itu hanyalah anggapan cowok perokok yang mengganggap dirinya keren. Ternyata, menurut para remaja yang sudah menjadi perokok dan penghisap vape, sebagian besar beralasan “keren”. Rokok dan vape dianggap sebagai alat untuk meningkatkan status sosial di antara pertemanan remaja dan anak di bawah umur. Kamu akan dikatakan sebagai orang yang keren dan pantas diajak berteman bila merokok/menghisap vape. Selain untuk alasan supaya terlihat keren, banyak juga dari mereka yang dipengaruhi dan diajak merokok oleh teman temanya. (Akbar, Ahmad Mujahid. 2023).

Dari situlah mulai banyak terbentuk sekumpulan remaja-remaja yang awalnya tidak merokok menjadi perokok karena mengikuti pergaulan temannya. Lalu apakah perkumpulan remaja seperti itu terlihat keren? Tentu tidak juga karena sebagian orang yang tidak suka dengan rokok melihat perkumpulan remaja itu biasa saja, dan ada juga yang beranggapan bahwa para cowok perokok itu boros, seperti yang dikatakan Tamasia, 2020 “Harga rokok memang tidak terlalu mahal untuk setiap bungkusnya. tetapi mustahil jika seorang perokok hanya merokok sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Rokok dikenal memiliki zat yang membuat orang jadi ketagihan. Hal inilah yang memicu mengapa perokok jadi boros”.

Apa sih yang dirasakan remaja ketika merokok? Sebagian besar perokok merasakan efek peningkatan dopamin berlebih sebagai rasa ketenangan, bahagia, atau kesenangan saat merokok. Hal ini menyebabkan seseorang menjadi kesulitan menenangkan pikirannya sendiri jika tidak mengisap rokok. (Aftrinanto, Zuhdan. 2021). kebanyakan perokok dewasa awalnya memang merasakan efek ketenangan ketika menghisap rokok, tetapi berbeda hal nya bagi remaja yang merokok memang lebih banyak karena mengikuti pergaulan teman ataupun di ajak teman yang membuatnya merokok dan menjadi gaya hidup “bergaul” jika merokok.

Apa yang membuat remaja merasa keren ketika merokok? Adapun alasan remaja memulai perilaku merokok adalah untuk mengetahui rasa rokok (24%). Sedangkan 13,3% responden menyatakan mendapatkan perasaan nyaman setelah merokok. Faktor pembentukan imej juga berperan dalam perilaku merokok di mana 8% responden merasa memiliki imej dewasa dan menunjukkan kematangan dengan melakukan perilaku merokok. (Sari, Novi Ratna. 2023). Remaja yang tidak merokok juga bisa menjadi perokok karena menonton sebuah film yang di dalam aksinya selalu merokok, juga karena aktornya yang keren dalam memerankan aksinya dan selalu menggunakan rokok seperti hal nya serial film Netflix yaitu “Peaky Blinders” bisa juga menyebabkan remaja mempunyai pikiran untuk memulai merokok karena agar terlihat keren seperti aktor di film itu yang mempunyai ciri khas nya yang keren dan selalu merokok.

Rokok kerap menjadi barang yang hampir digunakan oleh sebagian cowok yang ada di dunia ini, baik itu orang dewasa, remaja, ataupun anak di bawah umur yang sudah merokok. Itu semua di sebabkan karena adanya faktor yang memengaruhi mereka yang awalnya tidak merokok menjadi perokok. Terutama bagi remaja yang di sebabkan karena pergaulan para remaja perokok yang menganggap dirinya keren, bergaul dan punya gaya hidup ketika cowok merokok, serta bagi remaja yang tidak merokok menjadi ikut-ikut merokok karena kurang bergaul karena tidak merokok. Di dunia ini sudah pasti ada yang nama nya gaya hidup, gaya hidup seseorang pun berbeda – beda, dan seperti hal nya rokok ini ada yang menganggap bahwa rokok kerap menjadi gaya hidup seseorang cowok, sebenarnya tidak juga karena sudut pandang seseorang yang berbeda, cowok juga bisa tidak disukai karena dia merokok. Jadi semua itu hanyalah pandangan ataupun anggapan seseorang yang melihat keren atau tidak nya seseorang cowok yang merokok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image