Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Tips Mudah Memulai Bisnis bagi Mahasiswa

Bisnis | Tuesday, 19 Dec 2023, 16:00 WIB

Mahasiswa mungkin akan memikirkan berbagai cara untuk mendapatkan uang sebagai tambahan dari uang saku mereka, salah satunya ialah memulai bisnis. Selain untuk menjadi tambahin uang saku, bisnis juga dapat menjadi tempat atau media pembelajaran di luar mata kuliah bagi mahasiswa. Namun seringkali mahasiswa terlalu takut untuk memulai bisnis atau bahkan tidak memiliki waktu untuk itu. Berdasarkan data dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada tahun 2019 sebanyak 69,1 persen generasi milenial yang berada di kampus diantaranya berminat menjadi wirausahawan. Dengan banyaknya minat mahasiswa menjadi wirausahawan, dampak yang diberikan bukan hanya untuk diri mereka sendiri tapi juga untuk negara Indoneisa. Dimana menurut Koperasi dan UKM, Teten Masduki , “Sebuah negara disebut sebagai negara maju bila memiliki rasio kewirausahaan minimal 4 persen. Indonesia baru menacapai 3,47 pesen”

Ide-ide kreatif yang dimiliki mahasiswa dapat menjadi salah satu peluang bagus untuk memulai suatu bisnis, namun dengan banyaknya aktivitas dan kesibukan akademik yang menyita banyak waktu sehingga mahasiswa takut untuk memulainya. Ditambah dengan modal dan pengalaman bisnis yang terbatas, menjadikan hambatan bagi mahasiswa untuk memulai bisnis. Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis tapi takut masih takut dan bingung harus memulainya darimana. Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah

1. Menentukan Ide bisnis

Sebelum memulainya, kamu harus menentukan ide bisnis yang akan kamu jalankan. Kamu dapat menentukan jenis bisnis yang kamu ingi jalankan seperti menjual barang atau jasa, lalu kamu bisa menentukan produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan. Pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan kemampuanmu agar tidak memberatkan dirimu sendiri.

2. Melakukan riset

Melakukan riset sangat diperlukan sebelum kamu menyebarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sebagai mahasiswa, kamu bisa memulai dengan melakukan riset disekitar kampusmu. Dengan melakukan riset, kamu akan tau kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh pasarmu dan faktor apa saja yang akan membantumu untuk mencapai tujuan bisnismu.

3. Membuat rencana bisnis

Setelah menentukan ide bisnis dan mengetahui target pasar serta faktor pendukung, kamu bisa membuat sebuah rencana bisnis untuk membantu kamu menentukan tujuan bisnis serta cara-cara untuk mencapainya secara terstruktur. Kamu dapat membuat rencana bisnis seperti dalam bentuk mind map. Selain itu, kamu juga dapat menentukan cara promosi yang cocok dengan produk atau jasa yang nantinya akan kamu tawarkan kepada pasar tersebut.

4. Membuat strategi pemasaran

Kamu bisa membuat strategi pemasaran dengan menggunakan social media untuk menghemat pengeluaran dibidang promosi. Dengan menggunakan social media, kamu juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai value atas produk ataupun jasa dan keunikan atas produk atau jasa tersebut agar lebih menarik untuk dilihat dan menarik perhatian pasar.

5. Membuat rencana keuangan

Modal merupakan salah satu hambatan untuk memulai bisnis. Maka dari itu, kamu bisa membuat rencana keuangan untuk bisnismu setelah mengetahui produk apa yang akan kamu tawarkan dan bagaimana kamu akan memasarkan produk tersebut. Kamu bisa memikirkan strategi untuk jangka panjang dalam bidang keuangannya.

6. Membangun tim

Kamu dapat membangun tim dengan teman-temanmu untuk mendukung terbentuknya impian bisnismu. Dengan adanya tim tersebut, kamu dapat membagi tugas agar dapat membuat pekerjaan tiap orangnya lebih mudah dan lebih terstruktur. Kamu juga akan tetap bisa fokus dengan perkuliahanmu selagi menjalankan bisnis.

Nah dengan tips-tips diatas, kamu dapat memulai bisnismu tanpa harus takut akan waktu dan kesibukan serta modal dan pengalaman yang terbatas. Sebagai mahasiswa, kamu bisa memulai dengan membuat bisnis seperti menjual makanan atau minuman, membuka online shop, membuka bisnis preloved atau barang-barang bekas, dan ide bisnis lainnya. Sebagai sesama mahasiswa, semoga kita dapat menjayakan pereokoniam diri kita dan juga memajukan negara Indonesia dengan berkontribusi langsung dengan menjadi seorang wirausahawan.

Muhammad Syahwal Ibrahim Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image