Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Desy nurhalisyah

Konten adalah Raja: Menyusun Narasi yang Menarik untuk Kampanye Digital yang Sukses

Trend | Tuesday, 19 Dec 2023, 14:51 WIB

Dalam dunia digital marketing, sebuah pernyataan “Konten adalah Raja” menjadi hal yang sangat relevan pada saat ini. Konten juga menjadi hal penting dalam suatu pemasaran digital. Dalam manajemen pemasaran, kita juga perlu belajar bagaimana memasarkan suatu produk yang akan di jual ke publik.

Nah, dengan adanya konten yang menarik menjadikan suatu kunci keberhasilan bagi kampanye digital dan juga suatu kunci keberhasilan di dalam manajemen pemasaran. Pada artikel ini, kita akan membahas mengapa konten menjadi aspek penting dalam dunia digital marketing dan manajemen pemasaran, bagaimana menyusun narasi yang menarik, dan bagaimana strategi yang baik untuk kampanye digital yang sukses. Yuk mari kita simak!

Mengapa Konten Adalah Raja?

Konten dianggap sebagai raja di era sekarang karena memiliki elemen penting dalam pemasaran digital dan manajemen pemasaran. Konten yang baik dapat meningkatkan rasa ketertarikan kepada audiens, mendorong tindakan (Call-to-Action), dan membangun brand awareness.

“Pemasaran konten penting karena memungkinkan bisnis anda menjangkau, melibatkan, dan mengonversi pembeli baru dengan lebih efisien dibandingkan taktik pemasaran lainnya.” (Michael Brenner, 12 September 2023).

Artinya bahwa konten sangat penting untuk pemasaran dan juga kampanye digital serta dengan membuat konten menjadikan suatu taktik pemasaran menjadi lebih efesien dibandingkan pemasaran yang lainnya. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat, menghibur dan memberikan solusi suatu masalah ini juga menjadi salah satu manfaat yang akan didapatkan dari konten tersebut dan untuk itu dibutuhkan narasi yang baik juga dalam membuat konten.

Dari penjelasan yang tadi, apakah kalian sudah mulai paham mengenai konten adalah raja? Nah selanjutnya, kita akan membahas mengenai bagaimana menyusun narasi yang baik dan menarik agar memikat para audiens yang membaca.

Bagaimana Menyusun Narasi yang Menarik?

Menyusun narasi yang baik dan menarik merupakan hal yang diperlukan dalam membuat konten. Dengan menyusun narasi yang baik, dapat membantu dalam memudahkan konsep atau produk dan memotivasi tindakan pembaca agar melakukan pembelian produk atau layanan.

Menurut Alkemi merah dengan menyusun narasi menarik yang selaras dengan tujuan, nilai, dan audiens target merek, anda dapat menciptakan hubungan emosional, menumbuhkan loyalitas, dan membangun identitas merek yang kuat.

Dengan ini, menyusun narasi dapat menimbulkan hal positif dan menyusun narasi bukan hanya menyusun bagaimana membuat cerita yang bagus, tetapi juga tentang menciptakan kesan yang mendalam dan berkesan kepada audiens serta diperlukan adanya suatu strategi agar tercapai suatu kampaye digital yang sukses.

Nah, tadi kita sudah membahas mengenai, mengapa konten adalah raja dan juga bagaimana menyusun narasi yang baik dan menarik. Tapi, apakah kalian tahu bahwa konten dan menyusun narasi saja tidaklah cukup untuk kampanye digital ini. Maka diperlukan adanya suatu strategi dalam kampanye digital ini. Strategi untuk kampanye digital ini diperlukan karena untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. Yuk mari kita simak!

Bagaimana membuat strategi yang baik untuk kampenye digital?

Strategi untuk kampenye digital memang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Strategi kampanye digital yang sukses juga meliputi perencanaan yang matang, pemilihan saluran yang tepat dan pembuatan konten yang menarik seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Lalu, strategi kampanye digital ini juga ada beberapa jenis yaitu, Search Engine Optimization (SEO) strategi ini melibatkan optimasi situb web, Search Engine Marketing (SEM) strategi ini melibatkan penggunaan iklan berbayar pada platform beriklan, pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran email dan pemasaran influencer. Menurut saya, dengan membuat strategi kampanye digital yang tepat maka tujuan pemasaran akan tercapai dan membangun hubungan yang erat juga kepada audiens.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai konten, menyusun narasi dan membuat strategi untuk kampenye digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konten yang menarik dan strategi digital marketing yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan kampanye digital. Dengan memahami pentingnya konten dan menerapkan strategi yang tepat maka bisnis dapat memanfaatkan kekuatan konten untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Desy Nurhalisyah Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

DAFTAR PUSTAKA

Alkemi merah (9 Juni 2023). Pengisahan Cerita dan Pencitraan Merek: Menyusun Narasi yang Menarik untuk Kesuksesan Merek. https://www.redalkemi.com/blog/storytelling-and-branding-crafting-compelling-narratives-for-brand-success.

Brenner (12 September 2023). Mengapa Pemasaran Konten Itu Penting. https://marketinginsidergroup.com/content-marketing/why-content-marketing-is-important/.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image