Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mwai

Konsep Dasar Serta Fungsi Bimbingan Konseling di Sekolah

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 19 Dec 2023, 08:53 WIB

Bila dilihat dari sejarah, perkembangan ilmu bimbingan dan konseling di indonesia sebenarnya merupakan istilah bimbingan konseling pada awalnya dikenal dengan bimbingan dan penyuluhan yang merupakan terjermahan dari istilah guidance and counseling. Namun perkembangan Bahasa indonesia pada tahun 1970 merupakan awal dari masa orde baru, yang memunculkan istilah penyuluhan yang merupakan terjemahan dari kata counseling dan mempunyai konotasi psychological-counseling. Menyadari perkembangan istilah demikian, sebagian para ahli bimbingan dan penyuluhan indonesia yang tergabung dalam organisasi Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia meragukan kesesuaian pengunaan istilah penyuluhan sebagai arti dari counseling. Oleh sebab itu sebagaian dari ahli memiliki pendapat yang menyatakan penyuluhan itu dikembalikan ke counseling mulai saat itu dikenal dengan istilah bimbingan dan konseling,hingga pada akhirnya muncul istilah bimbingan konseling islam.

Bimbingan konseling islam merupakan salah satu cabang dari ilmu irsyad yang bertujuan untuk membantu individu agar mampu hidup sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah. Konsep dasar bimbingan konseling berawal dari asumsi bahwa agama merupakan kebutuhan fitrah dari setiap manusia. Allah telah menciptakan manusia dan meniupkan ruh-Nya, sehingga iman kepada Allah merupakan sumber ketenteraman,keamanan,dan kebahagian manusia. Bimbingan konseling sekarang juga di gunakan di sekolah-sekolah,entah itu sekolah umum maupun sekolah yang berbasis agama.

Setiap sekolahan pasti memiliki fasilitas bimbingan konseling yang berfungsi sangat penting dalam membantu peserta didik menghadapi berbagai masalah. Tak hanya itu bimbingan konseling atau biasa disebut BK juga membantu siswa mengenali diri sendiri. Selain itu juga membantu menemukan jati diri siswa serta mengembangkan potensinya. Adapun fungsi bimbingan konseling islam di sekolah antara lain:

-Membantu peserta didik dalam --mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kualitas hidupnya.

-Membantu peserta didik dalam menghadapi problematika pribadi,sosial, dan akademik.

-Membantu peserta didik dalam pengembangan sikap positif terhadap diri sendiri ,orang lain,dan lingkungan.

-Membantu peserta didik dalam pengembambangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

-Membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif.

-Membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan mengambil keputusan yang tepat.

-Membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.

prakteknya, bimbingan konseling islam di sekolah berlandaskan pada ajaran agama islam, yaitu berdasarkan pada Al-Quran serta As-Sunnah. Dalam hal ini, bimbingan konseling islam di sekolah tidak hanya membantu peserta didik dalam mengatasi masalah pribadi, sosial, dan akademik tetapi juga membantu peserta didik dalam mengembangakan akhlak yang baik dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama islam, Namun juga bertujuan agar peserta didik mampu mengenal, menerima diri sendiri, ligkungan yang positif dan dinamis sehingga mampu mengambil keputusan, mengamalkan, dan mewujudkan diri sendiri menjadi efektif dan produktif.

Guru bimbingan konseling (BK) harus mengetahui bahwa hakikat diciptakannya manusia dalam keadaan terbaik,termulia,dan sempurna di bandingkan makhluk lainnya. Akan tetapi manusia memliki hawa nafsu dan perangai buruk yang berpotensi menjerumuskannya dalam lembah kenistaaan,dan kesengsaraan.Dengan sifat dan perangai buruk seperti itu diperlukan upaya untuk menjaga manusia. Menjaga manusia untuk tetap menuju kebahagian ,citranya yang terbaik ahsani taqwim dan tidak terjerumus ke dalam kenistaan atau ke arah asfala safilin.Ada empat macam fungsi utama guru BK, yaitu:

1.pemahaman individu dengan segala karakteristiknya;

2.fungsi pencegahan yaitu mencegah perilaku negatif yang dapat menghambat perkembangan siswa.

3.fungsi pengentasan, yaitu memberi bantuan dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik.

4.fungsi pemeliharaan dan pengembangan,yaitu bagaimana memelihara dan mengembangkan potensi peserta didik.

Keberadaan guru BK sangatlah di perlukan ,melihat permasalahan yang semakin besar baik di lingkup internasional,regional, maupun nasional. Dalam era global, dampak dari semua itu sangat berpengaruh terhadap

Siswa.Guru bimbingan konseling harus mengetahui keadaan siswanya , agar mampu mengantisipasi arus global yang lebih bersifat negatif. Serta dapat mengarahkan dan memberi bekal supaya siswa memiliki kekebalan terhadap berbagai macam penyakit sosial yang terus melanda dunia.

Oleh karena dapat disimpulkan dari pembahasan di atas, bimbingan konseling islam di sekolah memiliki konsep dasar yang berangkat dari asumsi bahwa agama merupakan kebutuhan fitrah setiap manusia. Fungsi bimbingan konseling islam di sekolah sangat penting dalam membantu peserta didik untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dan mengembangkan potensi .Dalam prateknya,bimbingan konseling islam di sekolah berlandaskan pada ajaran islam.Selain membantu peserta didik dalam mengatasi masalah pribadi,sosial,dan akademik juga membantu peserta didik dalam mengembangkan akhlak yang baik dan berperilaku sesuai dengan syariat islam.

DAFTAR PUSTAKAAhmad Syarqawi Nasution, M., Muhammad Kaulan Karima, M., & Dina Nadira Amelia Siahaan, M. (2020). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta: KENCANA.

Eni Fariyatul Fahyuni, S. M. (2018). Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah. Sidoarjo, Jawa Timur: UMSIDA Press.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image