Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kevin

Merasa Sibuk, Walaupun Enggak Ngapa-Ngapain? Cari Tahu Yuk Bagaimana Mengatur Waktu yang Benar

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Dec 2023, 07:55 WIB
https://unsplash.com/s/photos/time

"Waktu Adalah Segalanya"

Pernah ga sih kalian, merasa sangat sibuk, tidak punya waktu, tetapi sebenernya kalian nganggur? Akhir-akhir ini saya sendiri merasa sangat sibuk akan kegiatan sehari-hari saya, seperti bermain, pacaran, kegiatan kampus, sampai saya lupa waktu untuk keluarga dirumah.

Sebagai seorang mahasiswa seharusnya sudah bisa mengatur waktu sebaik mungkin, apalagi jika kalian adalah mahasiswa manajemen, yang dimana pastinya diajarkan cara memanage waktu atau membagi waktu dengan baik. Ada beberapa cara untuk mengatur waktu atau membagi waktu sebaik mungkin, saya akan memberikan 3 tips yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, sebagai berikut:

1. Menentukan prioritas

https://unsplash.com/photos/a-scrabbled-wooden-block-spelling-the-word-prize-7u2HFQnNcx4

Kamu bisa menentukan prioritas berdasarkan tenggat waktu tugas atau seberapa sulit tugas tersebut. Dengan melakukan itu, kamu akan lebih mudah menentukan mana yang harus lebih dahulu kamu kerjakan dan tidak mengalami kesulitan dalam masalah waktu untuk mengerjakan tugas.

2. Membuat jadwal kegiatan

https://unsplash.com/photos/white-ceramic-mug-with-coffee-on-top-of-a-planner-aQfhbxailCs

Dengan membuat jadwal kegiatan, kamu dapat lebih mudah mengetahui jadwal yang rapih. Hal itu akan memudahkan kamu untuk mengetahui jadwal kuliah mu, kapan waktu kamu mengerjakan tugas, jadwal kegiatan organisasi mu, dan jadwal istirahatmu. Dengan adanya jadwal, kamu akan lebih mudah mengelola waktu mu dan kegiatanmu akan lebih terstruktur.

3. Tidak menunda-nunda

https://unsplash.com/photos/please-stay-on-the-path-signage-U5y077qrMdI

Menunda-nunda waktu sama saja kamu membuang waktu yang sebenarnya dapat kamu gunakan untuk mengerjakan hal atau kegiatan lain. Setelah mengetahui jadwal mu, usahakanlah untuk langsung mengerjakan tersebut, agar waktu yang sudah tersusun dengan jelas akan tetap terstruktur dan tidak berantakan. Kamu harus ingat bahwa waktu adalah emas. Jadi jangan menunda-nunda hanya karena rasa malas yang berlebih.

Dengan menerapkan 3 tips dalam mengelola waktu diatas, kamu akan dapat lebih fokus dan terstruktur dalam melakukan kegiatan. Banyak sekali dampak positif yang akan kamu rasakan apabila kamu bisa mengelola waktu dengan baik. Berikut adalah dampak positif dari mengelola waktu

1. Meningkatkan produktivitas

Dengan menerapkan pengelolaan waktu yang baik, mahasiswa akan lebih memahami waktu yang digunakannya. Oleh karena itu, secara tidak langsung produktivitas mereka pun akan meningkat karena mahasiswa akan dapat lebih fokus dan tepat waktu dalam mengerjakan suatu tugas maupun melakukan kegiatan tertentu.

2. Mengurangi stres

Jika mahasiswa mengelola waktu mereka dengan baik, mereka tidak akan merasa tertekan dengan tututan tugas yang ada. Mereka akan lebih tenang dengan cara menentukan prioritas dan fokus saat mengerjakan tugas tersebut. Apabila mahasiswa tidak merasa stres maka tuntutan tugas yang diberikan oleh dosen tidak akan terasa seperti beban yang berat.

3. Memiliki waktu lebih

Dengan adanya jadwal, mahasiswa akan lebih mengetahui batasan waktu untuk melakukan tugas-tugas dan waktu luang yang dapat dilakukan untuk kegiatan lain. Sebagai mahasiswa, kita juga tetap membutuhkan waktu relaksasi dan liburan untuk melepaskan beban tugas sementara. Selain itu, dengan memiliki waktu lebih agar apabila ada tugas atau kegiatan yang harus dilakukan secara mendadak dapat dilakukan diwaktu tersebut tanpa Oleh karena itu, dengan mengelola waktu dengan baik mahasiswa akan tahu kapan waktu yang pas untuk melakukan hal tersebut.

Dengan mengelola waktu dengan baik, mahasiswa akan lebih mengetahui jadwal serta menghargai waktu kita. Kita harus tetap mengingat bahwa waktu itu sangat berharga. Jadi mulailah untuk tidak menunda segala kegiatan yang ada dan tetap berusaha untuk tidak membuang-buang waktu secara cuma cuma. Jadilah mahasiswa yang bisa menggunakan waktunya secerdas mungkin tanpa menyia-nyiakan satu detikpun dalam hidupnya.

Referensi :

https://library.umy.ac.id/news/detail/565/Tips-Mengoptimalkan-Manajemen-Waktu-sebagai-Mahasiswa

https://manajemen.uma.ac.id/2020/11/10-manfaat-utama-manajemen-waktu/

Muhammad Kevin Restu Anugrah - Manajemen - Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image