Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Pagi Hari Yang Menentukan Hidupmu

Lainnnya | Tuesday, 19 Dec 2023, 06:52 WIB

Setiap pagi datang sebaiknya siapapun harus menghadapinya dengan penuh ceria. Kok mesti seperti itu ? Saat pagi menyapa sesungguhnya adalah waktu emas atau golden time untuk menentukan perjalanan pada hari itu. Jika pada pagi harinya saat terbangun menyenangkan maka perjlanan hari itu akan banyak menyenangkan hati. Namun jika datangnya pagi diterima dengan keluhan dan penyesalan maka bisa jadi hari itu akan tidak menyenangkan.

sambutlah pagi dengan senyum karena pagi itu akan menetukan hari yang kau lewati (Foto :Iqra.republika.co.id)

Benar banyak aktvitas yang bisa dilakukan sepagi itu seperti berolah raga, mengerjakan aktvitas harian atau juga berzikir atau membaca al Quran. Itu memang semuanya baik akantetapi yang mesti diperhatikan serta memiliki nilai yang jauh lebih tinggi adalah cara pandang kita sendiri atau mindset terhadap sesuatu yang tengah dihadapi. Ketika cara pandang kita baik terhadap sesuatu maka akan baik pula perjalanan yang akan dihadapi.

Tak salah jika saat terbangun kemudian haruslah rasa syukur terlebih dahulu dipanjatkan karena Tuhan telah berikan kesempatan kita terbangun dari tidur. Maka oleh sebab itu bergembiralah pada saat pagi tiba. Pandanglah pagi itu dengan perasaan optimis bahwa hari yang dilewati akan memberikan dampak posiif untuk kehidupan sehari-hari.

Karenanya cara memandang kehidupan haruslah selalu mengedepankan prasangka yang baik. Ingatlah bahwa Allah akan sesuai prasangka hamba-Nya. Jelas untuk bisa melakukan hal ini terlalu banak ujian yang terkadang membuat kita menjadi terganggu karenanya. Namun percayalah semakin banyak prasangka baik senantiasa terus dihadirkan maka akanbanyak ke baikan yang datang kepada diri kita.

Memulai sesuatu yang baik dan perasaan bahwa akan mendapatkan rezeki, kebahagiaan dan jalan keluar dari masalah yang dihadapi di pagi hari tentu akan membuat diri bergairah menghadapi hari-hari selanjutnya. Self talk atau berbicara kepada diri sendiri tentang sesuatu yang baik setiap hari maka akan memotivasi diri di dalam memperjuangkan apa yang menjadi keinginan kita.

Pantas saja banyak orang yang selalu merasa gagal dan terasa beban berat kehidupan selalu menimpanya sesungguhnya hal itu tetap kembali kepada cara pandang yang bersangkutan terhadap masalah yang dihadapinya. Oleh sebab itu maka sepagi mungkin haruslah kita membawa diri kepada titik yang membahagiakan dan jangan sampai justeru sepagi itu dibawa kepada kesusahan dan penderitaan.

Hidup sendiri memang takkan pernah terlepas dari ujian dan juga hambatan. Tetapi dengan keyakinan yang utuh bahwa Allah akan senantiasa memduahkan urusan kita, taka da yang tak mungkin bisa kita hadapi. Allah begitu mencintai umat-Nya yang mau beribadah dan berbaik sangka kepada-Nya. Sehingga wajar bagi mereka yang selalu berbaik sangka kepada Allah senantiasa Allah pun memberi kebaikan dalam setiap anugerah dan ujian kepadanya.

Nah jika mampu memulai pagi dengan suasana ceria, memandang optimis hari itu akan dilewati dengan baik, akan diberi anugerah terindah dan ujian yang akan menguatkan diri karena Allah senantiasa memberi jalan keluar dari arah tak disangka-sangka maka jalan hidup yang akan dilalui begitu menyenangkan. Semua itu akan terjadi dan tetap semuanya kembali kepada diri kita sendiri. Allah takkan mengubah nasib sebuah kaum kecuali kaum itu yang mengubah nasibnya sendiri.

Memang untuk mampu mengondisikan suasana seperti ini bukanlah sesuatu yang gampang akantetapi jika dilakukan melalui pembiasaan yang baik bukan mustahil semua itu akan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kita. Semua akan kembali kepada diri kita sendiri karena kita sendiri yang akan menentukan segalanya. Ingatlah pagi itu yang menentukan segalanya. Karena itu jadilah pagi itu setiap hari selalu indah hingga akan muncul sikap optimis yang menjadi modal berharga dalam menjalani kehidupan di atas dunia ini.

Oleh sebab itu maka ingatlah jika menyambut pagi itu jangan sampai banyak dibaluti dengan penyesalan, keluhan, kesedihan dan rasa putus asa maka hal itu akan menyebabkan kita menghadapi hari dengan kemuraman dan ketidak pastian dan itu akan membuahkan sesuatu yang tidak menyenangkan hingga hari itu yang kita lalui akan membosankan sehingga jauh dari perasaan gembira dan hal yang membahagiakan hati. Karenanya buanglah jauh setiap pagi dengan perasaan negatif karena itu akan membuatmu menjadi tidak nyaman di dalam menjalankan hari-harinya.

Tentunya jika kita ingin selalu baik setiap hari, maka dari itu jadikan waktu pagi menyapa sebagai waktu terbaik untuk menentukan keadaan hari itu. Dengan menyambut pagi penuh rasa optimis tentu saja akan membuat hari itu semakin indah dan akan memberikan sesuatu yang berarti di dalam perjalanan hidup yang selama ini dihadapi.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image