Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Richarda Herwindo

Alat Tanam Bibit Otomatis: Pertanian Modern

Teknologi | Friday, 15 Dec 2023, 02:02 WIB

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa banyak kemajuan diberbagai bidang termasuk pertanian. Di bidang pertanian, penerapan teknologi modern sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Salah satu contoh teknologi inovatif bidang pertanian yaitu ditemukannya alat tanam bibit tumbuhan secara otomatis. Alat ini dapat digunakan untuk membantu para petani menanam bibit dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Alat tanam bibit otomatis ini dirancang khusus dengan sistem kontrol cerdas yang mampu menanam bibit tanaman dengan cara yang lebih praktis, cepat dan efisien. Alat ini bekerja dengan cara memanfaatkan sensor yang terdapat pada komponen yang dirangkai didalamnya.

Cara kerja alat tanam bibit otomatis adalah dengan menggunakan hopper tempat meletakkan bibit tanaman. Kemudian sensor akan memberikan sinyal ke sistem kontrol bahwa ada bibit yang siap ditanam. Selanjutnya, aktuator akan mengambil satu bibit dari hopper dan langsung menanamkannya ke tanah yang sudah disiapkan.

Keunggulan dari alat tanam bibit otomatis antara lain mampu bekerja secara konsisten dan akurat untuk menanam bibit dalam jumlah banyak. Pola tanam yang dihasilkan juga teratur rapi sesuai dengan pengaturan sistemnya. Selain itu, alat ini dirancang ergonomis sehingga mudah dipindah dan praktis digunakan. Alat bisa dioperasikan oleh satu orang operator saja. Dari sisi efisiensi waktu dan tenaga, alat tanam otomatis jelas lebih menguntungkan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa, kehadiran alat tanam bibit otomatis ini bisa menjadi solusi cerdas di tengah kendala keterbatasan tenaga kerja dan waktu tanam yang dimiliki petani. Selain itu, alat ini juga membantu dalam hal ketepatan jarak tanam serta pengaturan pola tanam yang seragam. Dengan demikian diharapkan alat tanam cerdas ini dapat berkontribusi penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen para petani.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image