Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Bahaya Mandi pada Malam Hari Bagi Kesehatan

Gaya Hidup | Tuesday, 12 Dec 2023, 13:08 WIB
sumber dari konteks.co.id

Tahukah kamu mandi malam hari merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Memiliki kegiatan yang padat dari pagi hingga malam membuat banyak orang terutama orang dewasa yang bekerja hingga larut malam (lembur) sehingga membuat mereka harus mandi di malam hari. Menurut saya mandi di malam hari dapat mengakibatkan timbulnya penyakit yang berbahaya hingga dapat mengancam nyawa.

Menurut artikel hello sehat yang ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita yang ditulis oleh Indah Fitrah Yani (hellosehat.com, 27 Agustus 2022) mengatakan ada beberapa efek mandi malam yang harus diwaspadai, salah satunya adalah Berisiko terkena bronkitis akut. Bronkitis akut terjadi bila bronkus, yaitu saluran pernapasan menuju paru-paru, mengalami peradangan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. Melansir situs Johns Hopkins Medicine, penyakit ini dapat dipicu oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering. Suasana yang terlalu dingin akan menjadi salah satu efek yang dapat Anda alami bila mandi di malam hari. Karena itu mandi di malam hari dapat menyebabkan penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti yang di katakan melalui artikel hello sehat.

Adapun mandi di malam hari juga dapat membuat badan menjadi dingin dan menyebabkan terserang flu. Dilansir dari Healthline (Kompas, 28 Desember 2022) salah satu akibat mandi malam yang sering dialami adalah membuat badan terasa dingin, khususnya pada bagian kaki dan tangan. Beberapa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih rentan untuk mengalami flu atau demam setelah mandi di malam hari. Namun, efek mandi malam tersebut bisa dikurangi jika mandi menggunakan air hangat. Mandi malam juga menyebabkan seseorang mudah terkena flu, terlebih bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang sangat rentan, sehingga dapat dengan mudah untuk terserang flu seperti yang di lansir dari Healthline.

Namun Dilansir dari laman Ners Universitas Airlangga (Kompas, 11 Oktober 2022), mandi di malam hari masih boleh dilakukan setidaknya 1-2 jam sebeum tidur dan tidak melebihi pukul 20.00 WIB atau lewat dari jam 8 malam. Akan tetapi masih saja banyak orang yang mandi di malam hari karena tuntutan pekerjaan atau kegiatan yang mengharuskan untuk mandi pada malam hari setelah melakukan kegiatan. Mandi di malam hari dapat tetap dilakukan jika menggunakan air hangat atau dapat diganti dengan mengganti baju lalu membasuh wajah dan sikat gigi sebelum tidur sehingga dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit.

Jadi, mandi di malam hari dapat membahayakan kesehatan tubuh, akan tetapi hal tersebut dapat disanggah dengan mandi menggunakan air hangat yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image