Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slidingdoor Electric

Tips Merawat Sliding Door Mobil: Panduan Komprehensif untuk Perawatan Optimal

Mobil | Thursday, 07 Dec 2023, 14:00 WIB

Servis sliding door mobil menjadi persoalan tersendiri yang sebisa mungkin harus Anda hindari. Sebab, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukannya.

Mengapa Sliding Door Mobil Memerlukan Perawatan Khusus?

Saat ini, sudah banyak tersedia sliding door untuk mobil atau biasa disebut pintu geser. Tampilan pintu geser memang lebih elegan daripada pintu mobil pada umumnya. Namun ketika Anda memilih mobil dengan jenis pintu ini harus memikirkan pula soal perawatannya.

Pintu geser pada mobil tidak mengandalkan engsel seperti mobil pada umumnya. Hal ini menjadikan pintu semacam ini menjadi lebih rumit, bahkan banyak pula yang mengatasinya dengan servis sliding door mobil.

Tips Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Optimal

1. Rutin Membersihkan Area Rel

Meskipun hal ini sering kali dianggap sebagai hal remeh, namun sebenarnya sangat penting. Sebab, sliding door dengan rel yang jarang Anda bersihkan dapat memicu rusaknya pintu tersebut.

Adanya kotoran yang berada di sepanjang rel dapat menghambat hingga menambah beban kerja pada motor listrik. Sehingga Anda harus membersihkannya dengan memberikan pelumas secara rutin, terutama pada rel pintu dan bearing.

2. Jangan Memaksa Buka Tutup

Secara umum, sliding door memiliki dua tipe yaitu jenis manual dan elektrik. Permasalahan yang muncul pada pintu ini justru sering kali disebabkan oleh hal yang sepele. Salah satunya yaitu terlalu sering memaksa untuk membuka dan menutup pintu secara manual.

Meskipun sepele, nyatanya hal ini dapat berakibat merusak sling penarik dari motor elektrik yang ada pada sliding door. Sling penarik lama kelamaan semakin kendur hingga mengakibatkan hal yang cukup fatal, yaitu keluar dari jalur rel yang semestinya.

3. Menggunakan Penetran Berbahan Anti Korosi

Ketika Anda membersihkan kotoran yang ada pada sliding door, Anda juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan. Anda bisa menggunakan kuas halus, lap hingga kompresor untuk menyemprot angin ketika membersihkannya.

Bukan hanya peralatannya saja, tetapi Anda juga bisa menggunakan cairan penetran khusus untuk membersihkan bagian roller. Cairan ini penting untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih tersangkut pada roller dan bearing.

4. Jangan Melewati Banjir

Ketika Anda melewati banjir maka air dapat masuk ke dalamnya yang berakibat merusak mekanisme dari penggerak. Sehingga penting untuk menghindari daerah yang sedang terkena banjir ataupun genangan air tinggi.

5. Memastikan Aki Mobil Kondisinya Baik

Banyak orang yang sering mengoperasionalkan sliding door ketika kondisi mesin mobil mati. Nah saat mesin mobil mati, maka kinerja kelistrikan akan disuplai melalui tenaga aki.

Sehingga Anda harus memastikan aki mobil selalu dalam kondisi yang baik. Hal ini mampu meminimalisir terjadinya permasalahan ketika sliding door elektrik Anda gerakkan.

6. Memperlakukan dengan Halus

Karena sliding door ini memiliki mekanisme yang khusus, sebaiknya Anda tidak memperlakukannya secara kasar. Sebab, hal ini berpotensi mengakibatkan laju pintu terhenti ketika bekerja.

7. Jangan Lupa untuk Menghindarkan Pintu Geser dari Benturan

Sebab hal ini dapat mengakibatkan beberapa bagian rusak, mulai dari pengait, rel, dan sebagainya karena tidak pas ataupun mengalami pergeseran.

8. Memperhatikan Roller dengan Benar

Roller merupakan roda yang membuat sliding door bergeser. Dalam roda tersebut, terdapat bearing yang bertugas untuk menjadikan perputarannya mulus.

Untuk mendeteksi apakah terdapat permasalahan pada roller bisa memperhatikan dari bunyinya. Apabila sudah terdengar bunyi yang kasar, bawalah ke bengkel resmi agar dicek keausan dari bearing.

Kelebihan Sliding Door: Kenapa Anda Harus Memperhatikannya?

Meskipun mengharuskan perawatan yang lebih ekstra daripada jenis pintu mobil pada umumnya. Namun, sliding door juga memiliki kelebihan yang menjadikannya banyak diminati.

Sliding door mampu menghemat tempat yang cukup signifikan. Ketika menggunakan pintu mobil konvensional, Anda membutuhkan area parkir yang cukup luas untuk akses masuk dan keluar Anda.

Berbeda dengan sliding door yang bisa ditempatkan di area parkir sempit. Anda tetap bisa masuk dan keluar dari mobil meskipun jarak antar mobil hanya sedikit. Sebab, pintu ini tidak memakan tempat ketika Anda membukanya.

Nah, itulah penjelasan tentang tips merawat sliding door secara tepat dan benar. Asalkan Anda melakukan berbagai tips di atas, tidak perlu ragu untuk membeli mobil jenis sliding door. Namun jika mengabaikannya, mau tidak mau Anda harus membawanya ke servis sliding door mobil untuk mendapatkan penanganan tepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image