Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tumbuhkan Kebiasaan Salat Duha pada Anak

Edukasi | Thursday, 07 Dec 2023, 10:50 WIB
Kegiatan Salat Duha Berjamaah Sanggar Belajar Permai Penang Kuliah Kerja Nyata Kemitraan Internasional (KKN KI) Malaysia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Penang, 23 November 2023, dalam rangka meningkatkan pemahaman anak-anak tentang agama Islam, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kemitraan Internasional (KKN KI) Malaysia yang terdiri atas mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengajak anak-anak Sanggar Bimbingan Permai Penang untuk melaksanakan salat Duha berjamaah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap pagi sebelum acara pembelajaran dimulai.

Mahasiswa KKN KI Malaysia mengajarkan anak-anak tentang tata cara salat Duha, mulai dari pelaksanaan wudu, niat, gerakan, hingga bacaan doa. Anak-anak juga diajak untuk mempraktikkan salat Duha secara berjamaah. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang agama Islam, khususnya tentang salat Duha. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak-anak.

“Kami berharap hal ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang agama Islam, khususnya salat Duha, meningkatkan iman dan takwa, serta menanamkan pembiasaan kepada anak-anak untuk menerapkan ibadah sunah dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Tia, salah satu mahasiswa KKN KI Malaysia.

Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan salat Duha berjamaah ini. Mereka terlihat senang ketika belajar dan mempraktikkannya secara berjamaah. Selain untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan pada anak-anak, mahasiswa KKN KI Malaysia pun berharap kegiatan yang mereka praktikkan ini bisa terus berlanjut dan dilaksanakan secara rutin meskipun program KKN telah usai.

Adapun manfaat salat Duha bagi anak-anak yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, fokus dan konsentrasi, daya ingat, kreativitas, serta kesehatan fisik dan mental. (Tia/Zah)

uad.ac.id 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image