Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hayalla Bhekti Pamudya Sudrajat

Melintasi Gelombang Kecemburuan Romantis: Jenis, Penyebab, Dampak, dan Strategi yang kuat dalam Hubu

Eduaksi | Friday, 01 Dec 2023, 23:57 WIB
Cody Black on Unsplash" />
Photo by Cody Black on Unsplash

Hampir semua pembaca pasti pernah mengalami transisi masa dewasa, masa dewasa sering kali diidentifikasikan dengan transisi kehidupan yang mempengaruhi perubahan di berbagai aspek. Salah satu hal yang sering menjadi fokus adalah hubungan romantis. Banyak orang beranggapan kesuksesan romantis di ukur dari kemampuan seseorang untuk mempertahankan hubungan tanpa mengalami perpisahan.

Cinta dan gairah menjadi penyokong utama dalam hubungan romantis, meskipun tujuan utama seseorang melibatkan dirinya dalam hubungan romantis adalah untuk merasakan kebahagian, konflik yang disebabkan oleh kecemburuan romantis, merupakan sebuah tantangan dalam berhubungan romantis. Namun cemburu muncul ketika seseorang merasakan kehilangan hubungan romantisnya karena pasangannya terlibat dengan orang lain.

Kecemburuan Romantis: Definisi dan Dimensi

Kecemburuan romantis dapat didefinisikan sebagai Kumpulan perasaan, pikiran, dan perilaku yang mengancam kualitas hubungan pada masa depan. Ancaman ini muncul ketika meyakinkan bahwa terdapat saingan, baik benar maupun salah, yang menyebabkan kehilangan pasangan.

Studi menunjukan bahwa reaksi terhadap kecembururan dapat berbeda berdasarkan kedekatannya, seseorang yang tidak terlalu dekat akan mengekspresikan kemarahan, namun yang memiliki kedekatan lebih akan mengalami perasaan sedih. Meskipun akan terjadi pertengkaran dalam hubungan akibat cemburu, sebagian besar seseorang yang terlibat dalam hubungan romantis cenderung memilih pertengakaran dari pada mengakhiri hubungan.

Jenis-jenis Cemburu

Cemburu dalam hubungan percintaan dibagi menjadi dua jenis yaittu:

1. Cemburu romantis:

· Cemburu Emosional: Muncul ketika seseorang merasakan ancaman oleh kehadiran orang lain yang dapat mengambil perhatian atau menciptakan ikatan emosional dengan pasangannya.

· Cemburu Seksual: Munculnya kekhawatiran akan ketidaksetiaan seksual, dimana seseorang khawatir pada pasangannya yang terlibat secara seksual dengan orang lain.

2. Cemburu berdasarkan Tindakan:

· Cemburu secara alami: Terjadi ketika seseorang dalam hubungan melakukan sebuah tindakan tanpa disengaja untuk menyebabkan rasa cemburu pasangannya.

· Cemburu disengaja: Terjadi ketika seseorang dalam hubungan yang melibatkan tindakan secara sengaja untuk menciptakan rasa cemburu pada pasangannya untuk permainan kekuasaan pada hubungan.

Penyebab Cemburu

Merupakan faktor-faktor seperti kualitas hubungan, beratnya ancaman, jenis anxaman, pengalaman sebelumnya, budaya, serta perbedaan penyebab antara anak laki-laki dan Perempuan juga dapat muncul, seperti perempuan yang lebih cemburu karena sulit mendapatkan hubungan lain jika hubungan saat ini berakhir. Sementara laki-laki lebih fokus kepada harga dirinya.

Dampak Cemburu

Ketika seseorang memiliki tingkat kecembururan rendah dalam hubungan dapat membawa dampak positif, sementara itu jika seseorang memiliki tingkat kecemburuan berlebihan dapat merugikan hubungannya. Reaksi emosional terhadap cemburu melibatkan perasaan seperti takut, kehilangan, rasa cemas, sakit, kemarahan serta kecurigaan. Meskipun cemburu sering kali di hubungkan dengan dampak negatif, ada juga dampak positif seperti memperdalam rasa cinta terhadap pasangan. Komunikasi yang terbuka antar pasangan, serta memiliki hubungan yang sehat.

Cara mengatasi Rasa Cemburu

Dalam suatu hubungan pasti memiliki rasa cemburu yang berlebihan namun jangan khawatir dalam artikel ini juga akan memberikan tiga tips cara mengatasi rasa cemburu, seperti:

1. Komunikasi Terbuka

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa cemburu adalah saling terbuka dengan pasangan. Jangan biarkan perasaan cemburu disimpan dalam hati dengan rapat-rapat, karena akan menyebabkan bom waktu bisa kapan saja meledak yang akan menimbulkan pertengkaran. Cobalah berbicara jujur tentang apa yang membuat kamu merasa cemburu, dan dengarkan juga perasaan pasangan kamu. Komunikasi yang baik akan membantu mengatasi rasa kurang percaya diri dan menciptakan kedekatan yang lebih dalam.

2. Pahami Sumber Cemburu

Cobalah untuk merenungi semua sumber rasa cemburu, apakah memiliki trauma dari hubungan masa lalu? Atau mungkin ada tindakan yang dilakukan oleh pasangan yang menyebabkan rasa cemburu? Mengenali rasa cemburu akan membantu lebih rasional dalam menghadapinya.

3. Bangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah sebuah kunci dalam hubungan, dengan Bersama-sama membangun kepercayaan dalam hubungan, pasangan dapat merasa lebih aman dan terhubung satu sama lain.

Mempertahankan hubungan yang sehat menuntut kesadaran akan kompleksitas kecemburuan romantis. Dengan pemahaman yang matang terhadap sumber cemburu, dan efeknya, pasangan dapat menghadapi tantangan ini secara bersama-sama. Komunikasi terbuka, kepercayaan yang kokoh, dan memberikan ruang satu sama lain merupakan kunci untuk mengatasi cemburu dan memperkuat ikatan dalam hubungan. Rasa cemburu mungkin adalah bagian alami dari hubungan, tetapi dengan pendekatan yang tepat, pasangan dapat menikmati kedekatan tanpa terhambat oleh cemburu berlebihan. Jadi, mari nikmati hubungan dengan bebas dari belenggu kecemburuan dan menjadi pasangan yang saling mendukung dan bahagia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image