Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabiila Dhiny

Tim P2MD HMPS MB dan HMPSV UNS Sukses Mewujudkan Inovasi Pertanian Desa

Edukasi | Thursday, 30 Nov 2023, 15:11 WIB
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis dan Himpunan Mahasiswa Perpustakaan Sekolah Vokasi (UNS) bekerja sama untuk mewujudkan sebuah proyek yang mendorong ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi desa, yakni instalasi hidroponik di Desa Tawangsari, Kabupaten Boyolali. Proyek ini merupakan realisasi dari Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD), yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik ini menjadi alternatif pilihan yang efektif untuk memulai kegiatan pertanian, terutama saat menghadapi keterbatasan lahan. Inisiatif pemanfaatan tanaman hidroponik di Desa Tawangsari ini tidak hanya memberikan solusi pemanfaatan lahan secara praktis, tetapi juga dapat berperan sebagai edukasi bagi masyarakat setempat. Upaya pemanfaatan lahan di Desa Tawangsari merupakan langkah konkret dalam mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi desa. Dengan pendekatan terpadu, lahan tersebut dioptimalkan sebagai sumber bahan pangan dan upaya meningkatkan sektor ekonomi desa yang berkelanjutan. Kegiatan yang telah dilakukan oleh tim P2MD HMPS MB dan HMPSV ini bisa menjadi sebuah contoh bagi masyarakat disekitar dalam memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sayuran yang dihasilkan dari tanaman hidroponik ini terbukti memiliki daya tahan yang lebih lama dan kualitasnya pun lebih unggul. Hasil panen sayuran hidroponik tersebut didistribusikan kepada salah satu warga Desa Tawangsari, agar dapat merasakan hasil dari kebun hidroponik yang telah dibangun. Selain itu, sayuran hidroponik ini juga dapat dipasarkan. Pendapatan dari penjualan akan dialokasikan untuk pembelian nutrisi dan perawatan tanaman berikutnya, memastikan kelangsungan dan kesejahteraan fasilitas Hidroponik. Hasil dari tanaman hidroponik menjadi modal untuk investasi penanaman berikutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image