Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdul Rohman Saparudin

Sejarah Peradaban Islam

Agama | Monday, 27 Nov 2023, 21:15 WIB

Sebelum kita memasuki lebih jauh tentang Sejarah Peradaban Islam, mari kita bahas terlebih dahulu dari mulai pengertiannya. Apa sih Sejarah Peradaban Islam itu?

Ilustrasi gambar tentang pencapaian Peradaban Islam pada masa lampau dengan ditandai berkembang pesatnya ilmu pengetahuan pada masa itu

Sejarah merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Secara bahasa, kata Sejarah beradal dari bahasa Arab yaitu dari kata "Syajarotun" yang berarti Pohon. Pohon memiliki banyak cabang sehingga dalam pembahasan Sejarah mencakup berbagai hal seperti Sejarah tentang Kebudayaan, Peninggalan dan lain sebagainya. Menurut salah satu ilmuan Islam yaitu Ibnu Khaldun, Sejarah merupakan sebuah catatan-catatan tentang masyarakat/manusia atau peradaban dunia dan perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut seiring dengan perjalanan waktu.

Peradaban merupakan sebuah istilah yang sering dipakai ketika pada suatu Masyarakat yang mencapai puncak dari kebudayaan. Menurut Ibnu khaldun Peradaban merupakan suatu keahlian dalam suatu bidang Dunia, memperbaharuinya serta menemukan berbagai temuan yang mengagumkan, seperti bangunan, tempat dan lain sebagainya. Contoh dari adanya suatu Peradaban adalah Peradaban Yunani dengan intelektualnya, Peradaban Romawi dengan bangunannya dan Peradaban Islam dengan Intelektual juga Peninggalannya.

Islam merupakan suatu Agama yang menyembah satu Tuhan dan telah ada di Bumi ini dari sejak zaman Nabi Adam sampai zaman Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam/Akhir zaman. Dalam perjalanan kurun waktu yang sangat panjang tersebut Islam meninggalkan berbagai peninggalan yang gemilang dan capaian yang tinggi sehingga bisa dikatakan sebagai sebuah Peradaban. Secara Bahasa Islam bermakna menyerahkan diri, patuh dan tunduk kepada Tuhan. Islam juga bermakna suatu keselamatan sehingga orang-orang yang memeluk Agama Islam maka akan selamat hidupnya baik di Dunia maupun di Akhirat.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Sejarah merupakan suatu peristiwa masa lalu, Peradaban merupakan sesuatu capaian tertinggi oleh suaru Masyarakat dan Islam merupakan suatu Agama. Oleh karena itu, Sejarah Peradaban Islam memiliki makna Suatu Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan berbagai capaian gemilang oleh masyarakat/umat Islam (penganut Agama Islam).

Dalam bahasan Sejarah Peradaban Islam mencakup tentang perkembangan Islam bisa dari sejak zaman Nabi Adam atau langsung dari sejak zaman Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam. Perkembangan tersebut meliputi Politik, Keilmuan, Kebahasaan, Tekhnologi, Kebudayaan dan lain sebagainya yang menjadi suatu capaian dari Umat Islam terhadap Dunia. Selain itu juga, bahasan tentang Sejarah Peradaban Islam mencakup ketinggian Akhlak atau moral dari seseorang maupun kelompok sehingga terdapat suatu kisah Inspiratif untuk kita yang mendengar atau membacanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image