Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Galang Hanindito Prakusha

Manfaat Air Putih

Eduaksi | Monday, 27 Nov 2023, 11:35 WIB

Kebutuhan tubuh akan cairan memang tidak bisa dibantah. Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan anda akan mengalami gangguan atau dehidrasi.

Dalam memenuhi kebutuhan cairan,sebaiknya pilihlah minuman yang baikdan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik tentunya adalah air putih, meski faktanya cairan ini kalah populer ketimbang minuman beraroma dan beraneka rasa yang beredar dipasaran.

Apabila anda banyak minum air memang akan membuat bolak balik ke toilet. Namun manfaatnya jauh lebih besar dari pada kerepotannya. Air putih yang cukup akan membuat metabolisme tubuh berjalan baik sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, membuat kulit tampak segar dan terhindar dari kekeringan. Minumlah air yang bersih, mengandung mineral, bebas kontaminan, bebas bakteri serta segala macam jenis penyakit.

Bagi tubuh, paling tidak ada sepuluh fungsi air, Pertama, untuk menjaga kelembaban organ di dalam tubuh agar tetap sejuk. Artinya, bila organ di dalam tubuh kekurangan air, bentuknya akan semakin mengempis akibat kehilangan kelembaban. Bukan hanya organ penting dalam tubuh, tetapi juga kulit sebagai pembungkusnya.

Berkeringat itu penting. Sebelum anda heran dan geli,harap sadar bahwa mengeluarkan keringat adalah isyarat yang paling gamblang bahwa tubuh harus mulai “di isi ulang “ dengan banyak minum air putih. Dengan berkeringat pun tubuh akan tetap merasa segar. Jika anda kurang minum yang bermineral, tubuh tidak akan cukup mengeluarkan keringat. Akibatnya volume darah akan menurun. Sistem sirkulasi pun akan bermasalah dan anda akan pusing atau sesak napas.

Kedua, untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yan g cukup. Bila tubuh kurang cairan, darah dan getah bening akan menjadi kental karena cairan dalam darah dan getah bening disedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Kalau sudah begitu, aliran darah tidak akan lancar karena sudah mengental.

Kondisi tersebut terutama menimpa mereka yang terbebani aktivitas fisik atau pikiran yang beresiko menimbulkan beban psikologis atau stress. Yang paling berbahaya adalah jika aliran darah menuju ke otak tersendat gara-gara kurang minum air putih.

Jika kalian mengonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah.

Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginja memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental, maka ginjal harus kerja ekstrakeras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke.

Ketiga, menjaga suhu tubuh-fakta medis menunjukkan tubuh manusia 70 persen terdiri dari cairan.Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk memproses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.

Khususnya bagi kita yang hidup di iklim tropis. Seseorang yang kekurangan air, suhu tubuhnya akan menjadi panas dan naik dan dapat menyebabkan dehidrasi serta rusaknya sel syaraf dan penurunan kondisi tubuh. Namun, bila konsumsi air dalam tubuh cukup, suhu tubuh pun akan normal.

Manfaat keempat, air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorongnya terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernapasan.

Cairan yang keluar dari tubuh itu adalah racun. saat anda hanya minum sedikit, air seni, keringat pun akan sedikit. Itu artinya racun dalam tubuh yang keluar juga menjadi sedikit. Racun yang tidak keluar itu akan menumpuk dan meracuni organ-organ yang ada di tubuh. Akibatnya, anda akan mudah sakit dan tidak bugar.

Kelima, sebagai media yang mengantarkan vitamin dan nutrisi ke seluruh sel dan organ tubuh. Dengan minum air bersih dan kaya mineral, maka vitamin yang terkandung dalam makanan yang dimakan akan lebih gampang diserap oleh tubuh melalui aliran darah. Dengan demikian, akan cepat pula vitamin tersebut menjadi enrgi. Jika anda kekurangan air, vitamin dan nutrisi yang sudah anda konsumsi akan terhambat. Akibatnya daya tahan tubuh akan melemah.

Sumber :

A.S. Hamidin. 2010. Kebaikan Air Putih. Jakarta. PT Buku Kita

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image