Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santio Arivianto

Cemburu pada Mahasiswa Satu Organisasi Dapat Terjadi? Ini Penjelasannya!

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 25 Nov 2023, 10:38 WIB

Setiap mahasiswa memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu di kampusnya. Selain kampus adalah tempat belajar, adapun organisasi kemahasiswaan didalamnya yang dapat menyalurkan bakat dan minat suatu mahasiswa. Dalam berorganisasi, cemburu kepada orang lain tidak dapat terhindarkan karena ada beberapa faktor pendukungnya. Perasaan cemburu juga dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mahasiswa.

Ilustrasi Seorang Wanita Merasa Cemburu Dengan Pasangannya. (pexels.com)

Pengertian Cemburu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, cemburu diartikan sebagai perasaan tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya. Cemburu dapat menyebabkan trust issue atau kurang percaya dan iri hati pada orang lain. Menurut Seorang Ahli, cemburu adalah reaksi emosional yang berbentuk perasaan cemas, takut, dan marah karena adanya ancaman dari pihak ketiga yang mungkin akan merusak hubungan dengan pasangan. Menurut Pendapat Ahli, kecemburuan dapat dinyatakan sebagai takut kehilangan sesuatu yang ada.

Penyebab dan Dampak Cemburu

Mengapa cemburu pada mahasiswa satu organisasi dapat terjadi? Menurut saya awalnya karena mahasiswa tersebut menemukan lawan jenis yang memiliki bakat dan minat yang sama. Cemburu dapat terjadi karena mahasiswa tersebut melihat orang yang disukainya mengobrol dengan orang lain. Dalam hal ini, mahasiswa dapat dikatakan cemburu karena menganggap orang tersebut sebagai ancaman bagi hubungannya dan menganggu keintiman. Rasa cemburu dapat semakin parah jika mahasiswa tersebut telah berpacaran dengan pasangannya yang ditemui dalam satu organisasi.

Menurut Seorang Ahli, pada mahasiswa satu organisasi berada pada tahap primary appraisal. Tahap tersebut adalah tahap pertama dalam proses cemburu yang berisi seuatu individu mempersepsikan adanya ancaman dalam hubungannya, ancaman tersebut dapat berbentuk pasangannya mengobrol dengan mahasiswa laki-laki lain pada saat aktivitas organisasi berlangsung yang dapat menyebabkan kecemburuan. Rasa cemburu ini dapat berpengaruh pada kinerja suatu mahasiswa dalam organisasi tersebut.

Dalam konteks Pendidikan, rasa cemburu dapat membuat hambatan bagi proses belajar dan aktivitas mahasiswa. Dampak tersebut diantaranya: Penurunan motivasi belajar, menjadi pasif dalam organisasi kemahasiswaan, dan stress. Selain itu, pengaruh cemburu terhadap mahasiswa dapat berbentuk penurunan kosentrasi, menunda tugas, dan kehilangan semangat belajar.

Cara Mengatasi Cemburu

Solusi untuk mahasiswa yang sedang cemburu adalah memprioritaskan berbagai hal yang penting, semisal kegiatan berorganisasi dan belajar, jangan biarkan rasa cemburu mempengaruhi kinerja mahasiswa di kampus. Selain itu dengan meyingkirkan cemburu dan menganggap semuanya sudah berlalu dapat menciptakan aura positif yang membantu mahasiswa untuk tidak mengalami penurunan semangat atau down. Serta, mahasiswa yang berorganisasi harusnya mengedepankan logikanya dengan cara berpikir untuk memprioritaskan kegiatan organisasi dan memfokuskan diri pada target yang ingin dicapai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image