Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arhan Pratama

Cara Bayar Jalan Tol tanpa Sentuh Mulai Tahun 2022

Bisnis | Monday, 03 Jan 2022, 10:20 WIB

Mulai 2022 pemerintahan mewacanakan pola baru di jalan tol, yakni pembayaran tanpa sentuhan. Bila diwujudkan, claim pemerintahan itu akan memberikan beberapa keuntungan dari mekanisme awalnya.

Keuntungan paling penting, menurut Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT), mekanisme tanpa sentuh memakai tehnologi ini membuat durasi waktu transaksi bisnis pada gerbang tol menurun jadi 0 detik.

Dengan demikian skema transaksi bisnis disebutkan semakin lebih singkat karena tidak perlu ada barisan bayar untuk tempelkan kartu pada gerbang tol.

Sopir dapat tidak perlu kerap pijak rem untuk stop. Atau dapat disebut sopir tidak perlu hentikan kendaraan untuk lakukan transaksi bisnis, karena ini dapat dilaksanakan benar-benar singkat.

Langkah bayar sekarang ini yang memakai kartu uang electronic perlu waktu empat detik. Langkah ini memang lebih bagus dari pembayaran tunai 10 detik.

Baca juga: Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Mekanisme baru ini berbasiskan Global Navigation Satellite Sistem (GNSS) yang hendak mengenal dan tentukan status kendaraan saat masuk jalan tol.

Langkah Bayar Tol Tanpa Sentuh

Ada tiga langkah bayar jalan tol seperti diterangkan Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT). Pertama ialah memakai program elektronik-on board unit yang didownload pada handphone untuk berbicara dengan mekanisme pembayaran di gerbang tol.

Langkah ke-2 yakni memasangkan On-Board Unit (OBU) di kendaraan yang terpadu mekanisme pembayaran di gerbang tol. Dan langkah ke-3 manfaatkan elektronik route ticket atau ticket sekali perjalanan.

Nanti, warga dapat pilih langkah yang paling efisien sama sesuai keperluannya.

Kepala Subbidang Operasi dan Perawatan I BPJT Galuh Permana Waluyo menerangkan tol tanpa sentuh akan di-launching pada Juli 2022 dalam ide Singgel Lane Free Flow (SLFF) di gerbang tol yang telah ada, khususnya di teritori Jabodetabek.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online

tahap selanjutnya yakni mengaplikasikan Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Desember 2022.

Artikel ini telah terbit di (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220103071639-384-741708/cara-dan-keuntungan-bayar-tol-tanpa-sentuh-mulai-2022)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image