Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Leo Saripianto

Apakah Mungkin Indonesia Juara Piala Dunia?

Curhat | Sunday, 12 Nov 2023, 17:30 WIB

Tidak ada yang tidak mungkin bila Indonesia menjuarai sepak bola piala dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Pertanyaannya kemudian kapan Indonesia menjadi juara piala dunia. Indonesia akan menjadi juara piala dunia bila memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Adapun persyaratan dan ketentuannya adalah bila kompetisi mulai dari remaja sampai dewasa baik amatir maupun profesional seperti Liga1, Liga 2, Liga 3, Piala Indonesia, Piala Presiden, Liga Mahasiswa, Liga Pendidikan Indonesia, Liga Santri Nusantara, dan sebagainya berjalan teratur serta pemainnya memiliki mental juara dan mendapatkan dukungan (dana) dari berbagai pihak dan tentunya keterlibatan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia/Football Association of Indonesia) sebagai organisasi yang bertanggung jawab mengelola sepak bola di Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan sepak bola menggapai juara piala dunia.

PSSI telah melakukan perbaikan sarana dan prasarana persepakbolaan untuk memajukan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik. Apalagi menjelang perhelatan piala dunia U-17 semua tempat penyelenggaran sepak bola/stadion telah diperbaiki dan dipercantik.

Untuk memiliki mental juara ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu: 1) membangun mental yang tangguh; 2) konsistensi; 3) kemampuan berkompetisi; 4) kemampuan untuk dapat melihat kelemahan diri dan dapat menemukan cara untuk mengatasinya; 5) selalu memberikan kekuatan pada diri sendiri. (Fatchiah E. Kertamuda, Universitas Paramadina Jakarta)

Memiliki mental juara pada seorang pemain sepak bola tidaklah mudah, hanya seorang pelatih yang memiliki insting/naluri/garizah istimewa yang mampu mengetahui apakah pemain tersebut memiliki mental juara. Kebersamaannya dengan pemain yang diasuhnya bertahun-tahun melalui aneka ajang kompetisi tentunya diharapkan menghasilkan pemain-pemain yang bermental juara.

Pemain, pelatih, asisten-asisten pelatih, pihak manajemen, sponsor dan klub-klub profesional serta sekolah sepak bola dan juga pihak lain (aparat keamanan, pusat, pemda dan sebagainya) yang terlibat dalam kompetisi sepak bola memberikan kontribusi sangat penting bagi kemajuan sepak bola Indonesia.

Hadirnya pemain-pemain asing di liga profesional dan tim nasional hendaknya hanya sebagai stimulan agar pemain lokal meningkatkan keterampilannya untuk memiliki mental juara.

Kompetisi piala dunia merupakan ajang bergengsi, ada berbagai macam piala dunia (pria) seperti piala dunia FIFA, piala dunia U-20 FIFA, piala dunia U-17 FIFA dan sebagainya.

Untuk ikut kompetisi piala dunia tim sepak bola harus mengikuti kualifikasi kecuali sebagai tuan rumah penyelenggara piala dunia maka otomatis menjadi peserta piala dunia tanpa mengikuti ajang kualifikasi (seperti Indonesia di piala dunia U-17 tahun 2023).

(Ilustrasi bola sepak)

Saat ini Indoneisa sebagai tuan rumah piala dunia U-17, berbagai persiapan dan latih tanding tim U-17 dengan klub lokal dan internasional telah dilakukan diharapkan momentum ini menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia bisa menjadi juara.

Keterlibatan klub-klub sepak bola di Indonesia memberikan andil dalam membentuk pemain-pemain yang andal dalam mengolah bola dan profesional.

Media massa berupa media elektronik, media sosial dan sebagainya memberikan pengaruh yang besar dalam memajukan persepakbolan Indonesia. Berita-berita yang positif yang memberi dukungan terhadap tim nasional dan memberikan semangat disisi lain menjadi kontribusi yang bagus untuk tim.

Semua upaya/ikhtiar sebagai tuan rumah piala dunia U-17 untuk menjadi juara piala dunia telah dilaksanakan, tim dan para pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan piala dunia berharap dengan diiringi doa agar kompetisi berjalan dengan lancar dan sukses.

Pada akhirnya semua kembali kepada pemain dan tim pelatih di lapangan, semoga ikhtiar dan doa serta pengalaman bermain yang telah dilakukan selama ini memberikan hasil maksimal untuk menjadi juara. Keberhasilan pada saatnya akan diikuti oleh keberhasilan yang lain. Tidak ada kata gagal yang ada penundaan keberhasilan. Lanjutkan pembinaan pemain-pemain muda sampai menjadi juara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image