Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bagi Info.com

Jurnalistik Itu Asyik

Eduaksi | Friday, 10 Nov 2023, 22:15 WIB

Adam Almas/UKM-F Riset FISIB UTM

Sumber: Dok Pribadi

Libur setelah jelang UTS di kampus memang moment yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas Mahasiswa dan Mahasiswi, siapa sih yang gak seneng bisa baring malas di kasur tercinta apalagi, liburnya sampai semingguan? Tapi, ternyata libur panjang seminggu nggak ngapa-ngapain tuh bosan juga ya? terutama semangat akan kehidupan menempuh perkuliahan saja pun bisa pudar dan terasa membosankan kalau gak berusaha nyari kesibukan yang sekaligus menambah ilmu dan pengalaman buat kita nya.

Pentingnya kita untuk selalu menimba ilmu dimana saja, kapan saja dan bagaimana pun keadaan nya harus bisa menjadi pola pikir untuk mencapai kesuksesan kita semua. Puji Syukur kepada Tuhan yang ternyata banyak sekali manfaat bagi kita dengan adanya seminar yang diadakan di Sabtu, 21 oktober jam 9.00 pagi tadi untuk menjawab rasa bosan setelah UTS.

Seminar tersebut diadakan oleh salah satu UKM dari Fakultas ISIB dengan pemaparan materi seputar jurnalistik yang bertujuan untuk bisa menyalurkan respon terhadap apa yang ada di sekitar kita, untuk bisa peka apalagi bukan hanya terkait dengan lisan saja, namun juga bisa menkadi tulisan, penyebaran informasi yang berhubungan bagi masyarakat banyak, apalagi dari kita yang berkemungkinan hendak memperdalam seputar profesi menjadi seorang Jurnalis, bahkan bidang fotogafis untuk menjadi Jurnalis pula, dibantu oleh Pemateri atau Narasumber pada acara ini.

Adapun beberapa Narasumber yang dikenalkan untuk menyampaikan pemaparan materi tersebut ada 2 yaitu Ajie Rahmat Hidayat yang menyampaikan praktisi seorang Jurnalis, fungsi dari bidang jurnalis itu seperti apa, menyampaikan elemen apa saja yang perlu dipelajari dan diperhatikan dari bidang seorang jurnalis itu apa saja dan masih banyak lagi.

Narasumber ke dua, adalah Abrar Ghazy yang menyampaikan Etika jurnalistik dan etika pengambilan gambar dalam bidang fotografi kebutuhan jurnalistik, mengenal kode etik seorang jurnalis yang patut dijalankan apa saja, hingga pengenalan jenis pengambilan gambar untuk Jurnalis itu seperti aja kriterianya.

Wah... ternyata masih banyak lagi yah yang bisa kita pelajari seputar dunia media penulisan dalam penyebaran informasi untuk masyarakat seperti menjadi Jurnalis, ya.

Eitz...tapi tenang saja, ini masih permulaan, penting bagi kita selalu belajar dan mengambil wawasan ilmu bersama orang yang lebih berpengalaman pada waktu-waktu luang, ya. Tetap semangat berkarya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image