Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Randi

4 Kunci Perawatan agar Murai Batu Bongkar Isian

Pets and Garden | Thursday, 09 Nov 2023, 15:39 WIB

Mengajari Murai Batu agar mampu menirukan kicauan burung lain sebenarnya tidak sulit. Kita hanya perlu rajin melatih si burung dengan suara burung lain, yang biasa dikenal sebagai mastering. Namun ketika proses ini sudah berhasil, masih ada tantangan lain yang lumayan sulit untuk diselesaikan, yakni menemukan cara agar burung Murai mau bongkar isian.

Bongkar isian yang kita maksud disini adalah butung ketika di gantang, atau disandingkan dengan Murai lain, ia mau berkicau dengan lantang dan mengeluarkan segala isian yang sudah dikuasai. Apakah masalah ini juga menjadi perhatianmu? berikut 4 perawatan harian yang menjadi kunci agar Murai Batu kamu mau bongkar isian.

1. Menjaga Emosinya

Kunci agar Murai Batu mau segera merespon pada saat disandingkan dengan Murai lain adalah dengan menjaga emosi si burung, selalu dalam kondisi optimal. Tidak hanya menjadi agresif, ketika Murai memiliki emosi yang tinggi, ia juga cenderung mau berkicau dengan lantang, karena suara yang ia keluarkan, juga didorong oleh emosi itu sendiri.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga emosi si Murai agar tetap tinggi adalah dengan mengumbar burung, terapi full kerodong, menjauhkan burung murai dari burung lain, sampai dengan menaikan jatah EF burung.

Mengubar akan membuat burung menjadi lebih aktif bergerak, sedangkan EF akan membantu birahinya tetap tinggi. Terkait durasi kerodong, kamu bisa melakukan dimulai siang sampai malam ketika tidur, sangkar dibuka ketika memandikan dan penjemuran saja.

2. Menjaga Birahi

Birahi burung adalah kunci untuk membuat Murai mau melantunkan kicauannya tanpa ada rasa takut ketika berada di dekat Murai lainnya. Terkait hal ini, kamu harus tahu, dimana level birahi dari Murai yang kamu pelihara? apakah sudah dalam kondisi yang bagus? atau memang birahinya sedang lemah.

Jika Birahinya masih dalam kondisi lemah, kamu bisa mulai memberikan treatment menaikan birahi burung, seperti memberikan EF, kerodong, menjaga kesehatan, sampai dengan pemberian suplemen sesekali.

3. Terapi Pengembunan

Untuk burung apapun, terapi pengembunan adalah salah satu cara perawatan yang mampu melatih mental burung. Banyak kicau mania yang mengatakan salah satu fungsi terapi embun adalah untuk melatih mental si burung, menjadi sangat masuk akal bukan, ketika kita keluarkan pagi hari, Murai biasanya langsung ngegas.

Namun pengembunan ini juga akan menjadi blunder ketika burung dalam kondisi lemah birahi, karena pengembunan membuat suhu tubuh menurun, yang juga mempengaruhi birahi. Jadi terapi embun sebaiknya kamu lakukan setelah birahinya sudah maksimal, dan kita hanya perlu menjaganya saja.

4. Menjaga Tenaga

Dan inilah perawatan harian terakhir agar Murai batu mau bongkar isian, yakni menjaga tenaga si burung agar selalu dalam kondisi optimal, salah satu caranya yakni dengan memberikan voer dengan protein yang cukup, berkisar antara 18 sampai 20 persen. Setidaknya kandungan segini sudah memenuhi kebutuhan Murai Batu. Selain ini, beberapa EF seperti jangkrik atau kroto juga bisa kita gunakan untuk menjaga tenaganya, terkait jumlah bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan si burung.

Itulah 4 rawatan harian Murai Batu agar mau bongkar isian pada saat di gantang, atau di adu dengan Murai Batu lainnya. Selain 4 tips diatas, kunci untuk mendapatkan Murai Batu istimewa adalah memilihkan materi masterannya, terkait hal ini, kamu bisa cek suara Murai Batu MP3 di link tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image