Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image astri oktafia

Dampak Pembelajaran Daring

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 09 Nov 2023, 14:35 WIB

Pembelajaran Daring
Pembelajaran daring telah menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, kita semakin terhubung dengan dunia digital. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak yang terkait dengan pembelajaran daring.

Dalam tulisan ini, akan dibahaslebih lanjut mengenai dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring pada siswa dan bagaimana kita dapat mengoptimalkan penggunaannya. Pembelajaran daring dalam pendidikan membutuhkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang pertama dari pembelajaran daring adalah bisa belajar dari mana saja. 

Dengan adanya pembelajaran daring mempermudah pelajar dalam kegiatan pelaksanaan proses pembelajaran di manapun hanya tergantung dengan internet saja . pembelajaran dari mana saja itu sangat membantu sekali, karena sambil belajar juga bisa mengerjakan hal lainya seperti membersihkan rumah dan sebagainya. Dengan adanya pembelajaran daring seseorang tidak perlu datang de sekolah atau kampus lagi.

Jadi manfaat dari pembelajaran daring bisa belajar dari mana saja merupakan dampak positif yang sangat bagus. Dampak positif selanjutnya dari pembelajaran daring yaitu mendorong anak untuk belajar mandiri. Metode pembelajaran daring membuat seseorang bisa belajar dengan sendirinya tampa bantuan orang lain. Pada saat pembelajaran daring kemungkinan besar guru tidak akan menjelaskan semua materi dengan jelas.

Maka dengan pembelajaran yang kurang efektif itu seseorang di dorong untuk belajar mandiri agar lebih bisa memahami lebih lanjut terkait materi pelajaran yang di ajarkan sebelumnya oleh guru itu. Dengan pembelajaran daring mendorong anak untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya secara independen. Dengan ini sikap inisiatif belajar mandiri seorang anak menjadi timbul karena tidak akan ada orang yang bisa membantunya dalam belajar kecuali dirinya.

Selanjutnya merupakan minimnya gangguan dari teman. Pembelajaran daring membuat minimnya gangguan dari teman, karena pembelajaran daring hanya belajar dari rumah saja. Ini sangat bagus karena di sekolah banyak anak anak yang mengganggu teman sekelasnya. Jadi dengan pembelajaran daring anak akan merasa nyaman belajar sebab tidak ada gangguan dari temannya.

Maka dengan itu proses pembelajaran akan lebih efektif dan anak akan menyerap ilmu yang di pelajari lebih efektif dan efisien. Selain dampak positif pembelajaran juga menimbulkan dampak negatif, di antaranya yaitu rendahnya kedisiplinan anak atau warga belajar. Dengan pembelajaran daring tingkat kedisiplinan anak menurun, karena tidak ada aturan yang ketat dalam pembelajaran daring. Dengan itu seorang anak menjadi kurang di siplin dan kurang menghargai waktu.

Pembelajaran daring membuat anak tidak di siplin dalam segi apapun, baik itu waktu dan sebagainya. Seharusnya seorang pelajar harus sangat disiplin karena waktu sangat berharga. Selanjutnya keterbatasan Interaksi sosial.

Seseorang dalam pembelajaran daring kemampuan berinteraksinya dengan orang lain sangat kurang. Karena ia hanya belajar secara jarak jauh dan jarang berkomunikasi dengan orang banyak. Jadi anak yang belajar secara daring kemungkinan besar orangnya akan tertutup atau kurang bisa bersosialisasi dengan banyak orang. Sebenarnya berinteraksi dengan orang lain itu merupakan hal yang sangat penting, tetapi dengan pembelajaran daring kemampuan tersebut sangat menurun.

Maka apabila berada di khalayak umum anak akan merasa tidak nyaman karena tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kekurangan dari pembelajaran yang pastinya yakni sang anak tentunya kurang memahami materi pelajaran yang di pelajari. Pembelajaran daring mengakibatkan anak menjadi tidak paham terhadap materi pelajaran.

Karena pada saat proses belajar berlangsung siswa tidak terlalu memperhatikan gurunya dalam menjelaskan materi. Dia sibuk dengan beberapa hal seperti makan dan sebagainya jadi materi yang di jelaskan oleh gurunya tidak bisa di pahami dengan baik. Jadi kalau materi tidak di pahami dengan baik maka anak tidak bisa mencerna dan menerapkan materi yg di ajarkan.

Secara keseluruhan, pembelajaran daring adalah fenomena yang tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan modern. Meskipun memilik itantangan, dengan strategi yang tepat dan peran guru yang kuat, kita dapat memaksimalkan manfaatnya dan memastikan bahwa pendidikan tetap relevan dan berkualitas di era digital.





Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image