Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suharti Sumarta

Jurnal Refleksi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Guru Menulis | Sunday, 05 Nov 2023, 07:47 WIB

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Suharti Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Saya akan menyampaikan Jurnal refleksi mengenai kegiatan pelatihan modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.

Saya memakai model 4F. F pertama Facts (Peristiwa) yakni menceritakan pengalaman dalam mengikuti pembelajaran, F kedua Feelings (Perasaan) yang dirasakan saat mengikuti kegiatan. F Ketiga Findings (Pembelajaran) pelajaran yang dapat pada waktu mengikuti pembelajaran dan F keempat Future (Penerapan) yaitu tindakan yang dilakukan setelah pembelajaran.

Saya akan memaparkan Jurnal Refleksi modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

Facts (Peristiwa) Saya mempelajari modul 2.1 dan mengikuti ruang kolaborasi. Saya mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan belajar, minat, kesiapan belajar dan profil belajar. Mendeskripsikan strategi diferensiasi baik konten, proses ataupun produk. Cara mendeskripsikan strategi penilaian formatif yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar murid, aktivitas berikutnya yaitu demonstrasi kontekstual membuat rencana pembelajaran Saya membuat Modul Ajar berdiferensiasi

Feelings (Perasaan) Saya merasa tercerahkan setelah membaca bagian eksplorasi konsep dan berdiskusi dalam ruang kolaborasi. Saya jadi semakin paham bahwa murid yang beragam memerlukan pelayanan yang beragam pula. Saya jadi paham bahwa sebagai guru dapat mengakomodir keragaman siswa tersebut melalui ragam diferensiasi baik konten, proses dan produk.

Findings (Pembelajaran) mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kesiapan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang mengakomodir seluruh kebutuhan murid dari minat kesiapan belajar dan profil belajar murid

Future (Penerapan) di sini Saya belajar untuk lebih memperhatikan kemampuan murid dalam memilih aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki, untuk membantu menghindarkan murid dari pengalaman belajar yang kurang tepat, kurang menyenangkan dan kurang berpihak pada murid. Saya mencoba untuk sharing kepada rekan sejawat tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan kami semua menjadi lebih memperhatikan minat dan profil belajar murid dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Terima kasih salam guru penggerak.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image