Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ersa Afrizal

Resensi Buku "Mustholah Hadist Wa Takhrij"

Agama | Sunday, 05 Nov 2023, 00:55 WIB
IMG-20230904-WA0013_1. jpg

CETAKAN : cetakan pertama, Agustus 2023

JUDUL BUKU : Mustholah Al Hadits wa Takhrij

PENULIS : Prof. Dr KH. Fuad Thohari, M.A

KH. Abdul Syukur. M.A

GENRE : Islam

BAHASA : Indonesia

TEBAL HALAMAN : 245 halaman

UKURAN BUKU : 14 x 21cm

ISBN : 978-632-183-483-6

Bagaimana cara mengetahui suatu hadits, bahwasanya hadist tersebut memiliki sanad yang Mutawattir, Shahih, Dhoif maupun Maudhu?. Sebagai mahasiswa universitas Islam terlebih khusus fakultas syari'ah dan jurusan ilmu Hadits tersebut menjadi keharusan untuk bisa mengetahui hal tersebut, yang mana mahasiswa sering membuat penelitian mengenai hadits-hadits yang masih rancu akan sanad yang dimiliki oleh hadits tersebut. Oleh karena itu prof.Dr.KH. Fuad thohari M.A , dan KH. Abdul syukur M.A., beliau membuat sebuah karya ilmiah tentang mengetahui sanad-sanad hadist yang berjudul "MUSTHOLA AL-HADIST WA TAKHRIJ", dengan adanya buku tersebut dapat memudahkan mahasiswa ataupun pelajar, mengetahui akan sanad hadist yang sahih ataupun yang dhoif.

KEUNGGULAN BUKU

Untuk buku ini dengan desain yang simpel namun berkesan menarik perhatian bagi para pembaca.

Dalam konteks pembahasan buku ini mudah untuk di pahami oleh semua kalangan pelajar. Buku ini juga dapat menjelaskan secara detail cara mengenai hadits-hadits yang mutawattir sahih dhoif maupun maudhu, buku ini memberikan contoh-contoh hadits yang sahih dhoif mutawattir maupun maudhu, dan memberikan contoh kitab hadist yang terdapat didalamnya Hadist-hadist yang rancu. sehingga dapat di ketahui oleh kalangan pelajar mengenai hadits-hadits tersebut, dapat menghindari kesalah pahaman apabila ada perbedaan pendapat yang dapat menimbulkan perpecahan antar umat

Buku ini juga menghidangkan bagaimana keberagaman hadits seperti, hadits shohih, maudhu, Mutawattir dll.

KEKURANGAN BUKUDari banyaknya kelebihan pasti ada pula kekurangan pada sebuah karya tulis. mungkin kekurangan yang ada pada buku ini tidaklah terlalu berpegaruh kepada para pembaca. Dan menurut saya pribadi, kekurangan tersebut akan terlihat ketika kita sudah membacanya.

PENUTUP

Untuk artikel resensi ini mungkin sampai di sini saja. Semoga kita senantiasa selalu menjaga kedamaian dan keberagaman. Selain itu, Semoga bisa mengambil hikmah dari berbagai hal, terutama dalam buku ini dan bisa menjalankan syariat Islam yang sesungguhnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image