Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kaysan Kei

Menggali Inspirasi dari Momtera, Gel Pijat Perineum Pertama di Indonesia

Bisnis | Thursday, 02 Nov 2023, 14:05 WIB

Pijat perineum adalah pemijatan area perineum (antara vagina dan anus) agar kulit dan otot perineum elastis sehingga dapat melahirkan tanpa robekan. Pijat perineum ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Pijat perineum harus dilakukan sejak minggu ke-36 usia kehamilan dan dengan pelumas khusus.

Momtera Perineum Massage Gel

Jika pijat badan biasa menggunakan minyak sebagai pelumas, maka pijat perineum tidak boleh memakai minyak. Hal ini kerena akan mengiritasi kulit. Pelumas yang aman adalah gel berbahan dasar air.

Sebelumnya di Indonesia sendiri belum ada gel berbasis air khusus untuk pijat perineum. Namun, baru-baru ini sudah ada gel pijat perineum buatan asli Indonesia, Momtera Perineum Massage Gel.

"Kami dengan bangga menghadirkan Momtera, agar para ibu hamil berdaya dan tidak trauma menghadapi persalinan, terutama trauma karena robekan jalan lahir." ujar Li Partic salah satu founder Momtera yang kami temui beberapa waktu lalu (30/10).

Yuk, kita gali inspirasi pelopor gel pijat perineum langsung dari percakapan kami dengan kedua founder-nya Li Partic dan Bidan Afita berikut:

Bagaimana inspirasi awal menciptakan Momtera untuk pijat perineum?

Pijat perineum memang penting dilakukan agar perineum elastis dan menghindarkan robekan jalan lahir. Namun, banyak tenaga kesehatan belum menyadari, masih menggunakan minyak karena dianggap alami. Padahal kerugian penggunaan minyak itu ada, seperti bisa menimbulkan iritasi, gatal-gatal bagian dalam, hingga infeksi. Beberapa kasus timbul, ada kejadian iritasi di kulit perineumnya. Gatal-gatal di kulit luar masih bisa digaruk, kalau gatal di bagian dalam akan repot. Oleh karena itu yang paling aman adalah pijat perineum dengan gel berbasis air. Dari situlah cikal-bakal lahirnya Momtera.

Didukung dengan penelitian oleh Bidan Afita, akhirnya Li Partic dan Bidan Afita berkomitmen agar para ibu tidak takut melahirkan, dengan menciptakan persalinan tanpa trauma dengan pijat perineum pakai Momtera.

Sejak kapan Momtera Perineum Massage Gel diluncurkan?

Momtera diluncurkan ke pasaran sejak Agustus 2023 sebagai gel pijat perineum pertama di Indonesia, yang aman dan legal. Legal karena sudah ada izin edar BPOM, bukan gel yang sembarangan atau kemasan polosan. Jadi, para ibu hamil tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Apakah Momtera terbukti bisa membuat persalinan tanpa robekan?

Momtera Perineum Massage Gel dapat dipakai sejak awal kehamilan dengan mengoleskannya di daerah perineum. Saat kehamilan sudah mencapai minggu ke-36, Momtera dapat digunakan sebagai pelumas. Hasilnya sesuai harapan. Momtera sudah diaplikasikan ke beberapa ibu hamil di Klinik Bidanku Afita, Malang. Dengan penggunaan yang rutin, impian melahirkan tanpa robekan bisa terwujud.

Kandungan apa saja yang ada di dalam Momtera?

Gel Momtera tentu berbahan dasar air. Gel ini juga dilengkapi dengan kandungan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit dan hyaluronic acid untuk memberi kelembapan ekstra.

Apa ada fungsi lain Momtera selain untuk pijat perineum?

Momtera Massage Gel juga memiliki fungsi yang lain. Misalnya, membantu memudarkan stretch mark, atau bahkan mencegah timbulnya stretch mark sejak awal kehamilan. Hal ini karena sudah ada dalam beberapa penelitian.

Salah satunya Korkavgar dan Wang (2015) dalam jurnalnya “Stretch marks during pregnancy: a review of topical prevention”. Mereka menyimpulkan bahwa:

• Melakukan pijatan dengan sedikit almond oil dapat mencegah dan memudarkan stretch mark.

• Hyaluronic acid dapat mencegah stretch mark.

Selain itu, gel ini juga bisa digunakan untuk pijat laktasi.

Apa harapan selanjutnya untuk Momtera?

Jika ibu hamil mau memberdayakan dirinya sejak awal kehamilan, yakni dengan belajar dan mempraktikkan ilmunya pada kehamilannya, maka persalinannya akan lancar, minim atau bahkan tanpa trauma. Itu harapan utama kami. Kami harap Momtera dapat membantu lebih banyak ibu hamil di Indonesia mewujudkan persalinan tanpa robekan, kulit mulus bebas stretch mark.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image