Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image winarty

Bahasa Inggris untuk Umbies : Tips dan Trik Terbaik

Edukasi | Wednesday, 01 Nov 2023, 14:49 WIB

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa global yang dominan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis, teknologi, akademik, dan diplomasi. Dalam konteks globalisasi yang semakin berkembang, kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi salah satu keterampilan paling penting yang dapat membantu seseorang untuk sukses dalam karir dan kehidupan pribadi.

Hal ini berlaku tidak hanya untuk individu, tetapi juga untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), terutama untuk kita-kita yang masih “Umbies”. Istilah Umbi (Plural: Umbies) pasti sudah familiar di telinga Anda, khususnya kaum milenial di kalangan pemerintahan.

Dikutip dari tulisan Eva Amalya di Retizen Republika, istilah “Umbi” ditujukan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) baru, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau pegawai yang belum memiliki jabatan. “Umbies” pada umumnya masih memiliki semangat tinggi dan kemauan untuk belajar.

Bahasa Inggris menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan lingkungan Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA). Meskipun dihadapkan pada ketidakpastian yang tinggi dan kompleksitas dalam tugas-tugas ASN, semangat tinggi ini menjadi pendorong utama untuk menguasai Bahasa Inggris.

Kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris memungkinkan ASN untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan, beradaptasi dengan situasi yang tak pasti, dan memahami berbagai perspektif global yang sangat relevan dalam pengambilan keputusan.

Para “Umbies”, dalam menghadapi era VUCA ini, belajar Bahasa Inggris bukan hanya menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan, karena Anda adalah penentu masa depan bangsa ini. Dengan bisa berbahasa inggris dapat membuat kita lebih percaya diri dalam menghadapi VUCA yang sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan membuka pintu untuk peluang karier yang lebih luas.

Dalam memulai perjalanan Anda untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, ada 7 (tujuh) tips dan trik yang dapat membantu “Umbies” untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut adalah panduan yang dapat diikuti:

1. Pahami Tujuan Anda

Langkah pertama adalah memahami mengapa anda ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Apakah karena ingin berkomunikasi lebih efektif dan lancar dalam Bahasa inggris?, mempersiapkan diri untuk tugas yang melibatkan Bahasa Inggris?, mencari peluang karier yang lebih baik? atau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya?. Tujuan Anda akan membantu membimbing upaya apa yang harus anda lakukan.

2. Bergabung dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris

Salah satu cara terbaik untuk memulai adalah dengan mengikuti program pelatihan Bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat anda. Program-program ini dapat ditemukan di lembaga-lembaga pelatihan, Universitas, atau secara daring.

Nah, di Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sangat mendukung setiap ASN untuk mengembangkan kompetensi melalui program-program pelatihan, diklat, magang, short course dan pelatihan bahasa Inggris dan fasilitas lainya.

Pada Program Pelatihan Bahasa Inggris, BKPSDM Karawang mengadakan beberapa program kegiatan, seperti: Pelatihan persiapan tes IELTS, Tes IELTS gratis, English Conversation Training dan baru-baru ini BKPSDM Karawang mengadakan acara English Summer Camp untuk ASN yang pesertanya adalah ASN di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berbeda.

Kegiatan English Summer Camp ini dibuat dengan fun and friendly, sehingga selain belajar bersama dengan cara yang menyenangkan, kegiatan ini juga sangat mendukung para ASN agar percaya diri dalam berbicara dalam bahasa inggris.

Pokoknya sangat banyak program dari BKPSDM Karawang yang cocok banget sama kita “Umbies” ini. Untuk “Umbies” yang ada di Kementerian/Lembaga dan Pemda lain, Anda harus sering-sering liat update-an informasi di BKPSDM di ruang lingkup kerja-mu ya, pasti ada program-program menarik yang mendukung dan mengembangkan kompetensi ASN.

English Camp 2023 (Dokumentasi BKPSDM Karawang)

3. Bergabung dengan Komunitas Bahasa Inggris

Bergabung dengan komunitas atau klub Bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk berlatih bersama orang lain yang memiliki minat yang sama. “Umbies” dapat berdiskusi, berbicara, dan memecahkan masalah tata bahasa bersama-sama. Ini juga menciptakan atmosfer belajar yang positif dan mendukung.

Dalam hal ini Kabupaten Karawang memiliki komunitas belajar Bahasa Inggris bagi ASN yang bernama Karawang English Community for ASN (KEC-ASN). Jadi untuk kamu “Umbies” di Kabupaten Karawang, kalau sudah baca artikel ini, artinya kamu harus segera bergabung di KEC-ASN (hehehe). Selain itu banyak juga komunitas-komunitas di Media Sosial yang bisa “Umbies” ikuti untuk mendukung agar lebih lancar dalam berbahasa Inggris.

Agenda Mentoring Karawang English Community - ASN (KEC ASN) dengan Mr. Joni dari Belanda (Dokumentasi BKPSDM Karawang)

4. Perluas Kosakata

Mengembangkan kosakata adalah langkah penting dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Selalu cari kata-kata baru dan catat mereka dalam buku catatan. “Umbies” bisa baca buku, artikel atau berita, menonton film, mendengarkan musik dalam Bahasa Inggris untuk mengekspos diri pada kosakata yang lebih luas.

5. “Umbies” harus Aktif dalam Berbicara dan Menulis

Jangan takut untuk berbicara dalam bahasa Inggris, baik dengan orang yang sudah fasih dalam bahasa Inggris maupun rekan kerja Anda. “Umbies” selain berpartisipasi aktif dalam komunitas/klub bahasa Inggris, Anda juga bisa berlatih mandiri dengan cermin untuk mempraktikkan pengucapan dan intonasi. Dalam hal menulis “Umbies” bisa tulis catatan, jurnal harian, atau menulis di artikel online dalam bahasa Inggris untuk mengasah keterampilan menulis.

English Mentoring Pelatihan Penulisan Artikel Populer dalam Bahasa Inggris oleh Widyaiswara Dr. Rahman Tanjung (Dokumentasi BKPSDM Karawang)

6. Gunakan Sumber Belajar Online

Di era digital, ada begitu banyak sumber belajar Bahasa Inggris yang dapat “Umbies” manfaatkan. Situs Web, aplikasi dan platform media sosial menawarkan Pelajaran dan sumberdaya gratis. Ada banyak aplikasi dan sumber daya belajar Bahasa Inggris yang tersedia secara daring. Aplikasi seperti Duolingo, Memrise, dan Babbel menawarkan pelajaran yang dapat diakses melalui ponsel atau tablet Anda. Sumber-sumber ini memungkinkan Anda belajar kapan saja dan di mana saja.

6. Jadwalkan Waktu Belajar yang Teratur

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam belajar Bahasa Inggris. Buatlah jadwal belajar yang konsisten dan patuhi jadwal tersebut. Cobalah untuk menghabiskan waktu belajar setiap hari, walaupun hanya beberapa menit. Ini akan membantu otak beradaptasi dengan bahasa baru secara lebih efisien.

Jadi, bagi para "Umbies," Bahasa Inggris bukanlah pilihan lagi, melainkan suatu keharusan, terutama dalam menghadapi lingkungan VUCA yang begitu kompleks. Dalam artikel ini, telah diberikan tujuh tips praktis bagi Anda yang sedang semangat belajar Bahasa Inggris.

Ingat, langkah awal adalah memahami tujuan Anda, kemudian mencari program pelatihan, bergabung dengan komunitas Bahasa Inggris, dan meningkatkan kosakata Anda. Selanjutnya, jangan ragu untuk berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Terakhir, jadwalkan waktu belajar secara teratur.

Tetap semangat, "Umbies," kita pasti bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image