Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hasbi aswar

Pembantaian Gaza dan Ancaman Kekerasan Global

Politik | Tuesday, 31 Oct 2023, 05:51 WIB

Perang Gaza memang terjadi terbatas di wilayah geografis Gaza dan Palestina saja, tapi dampaknya akan meluas secara global dan meningkatkan ongkos politik bagi banyak negara.

Ada dua dampak utama perang Gaza yang akan terjadi hari hari ini dan hari hari yang akan datang.

Pertama, meningkatkan kemarahan dan kekecewaan global khususnya kalangan Muslim terhadap AS dan Eropa dan terhadap penguasa dunia Islam sendiri.

Kemarahan Muslim ini akan berdampak dua juga, yaitu meningkatnya jumlah lone wolf yang akan melakukan aksi - aksi nekad dengan menikam, membunuh, atau bom bunuh diri. Di sisi lain, rasa marah dan kecewa itu pula membuka ruang politik bagi kelompok politik Islam untuk mendekati publik. Mungkin saja, jika tahun tahun yang akan datang survei dukungan syariah, jihad dan negara Islam semakin meningkat.

Kedua, meningkatnya Islamophobia di negara - negara minoritas Muslim Barat. Selama ini Islamophobia terjadi karena propaganda media yang berlebihan tendensius terhadap Islam. Banyak masyarakat akhirnya termakan dan menjadi teroris - teroris terhadap Muslim. Akibat terhasut isu terorisme Islam, akhirnya berubah jadi teroris terhadap Islam dan komunitas Muslim.

Gejala ini sudah terjadi sejak perang Gaza dimulai sampai sekarang ini. Di Amerika Serikat, Islamophobia semakin meningkat bulan Oktober ini khususnya terhadap warga warga Muslim Amerika keturunan Palestina. Di Prancis, seorang Muslim menikam orang kulit putih.

Dua dampak perang Gaza diatas bukanlah isu yang baru. Tapi dia sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Munculnya pejuang al-Qaeda, Taliban sampai Hamas, yang banyak didukung publik Muslim, itu karena kegagalan rezim pemerintah yang berkuasa melindungi rakyatnya sendiri sehingga kelompok-kelompok ini muncul dan berdiri digaris depan membela masyarakat.

Isu Islamofobia juga sama. Upaya monsterisasi Islam dan Muslim di Barat sudah dilakukan sejak zama dahulu kala. Ini berdampak pada meningkatnya intimidasi, kekerasan, dan pelecehan pada Islam dan Muslim.

Untuk menghentikan dampak global dan keberulangan ini artinya harus hentikan akar musababnya, yaitu negara - beserta pemimpinnya harus menunjukkan layak dipercaya dan didukung dengan aksi nyata mereka terhadap penjajahan di Gaza - Palestina.

Harus juga menghentikan upaya pemburukan citra Islam di wilayah minoritas Muslim. Diganti dengan gambaran positif sehingga terjadi hubungan harmonis antar warga, antar pemeluk agama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image