Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dandy Darmawan

Bingung dan Takut Belajar Bahasa Inggris? Cobalah Terhubung dengan Komunitas!

Edukasi | Monday, 30 Oct 2023, 11:48 WIB
Sumber: https://unsplash.com

Di era sekarang ini kemampuan berbahasa Inggris sudah merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Kita pasti pernah menghadapi situasi ketika kita diharuskan memiliki kemampuan bahasa Inggris. Dengan situasi seperti ini, kita mungkin pernah terbersit niat untuk mempelajari bahasa Inggris lebih dalam, namun kadangkala niat atau keinginan tersebut seringkali terlupakan begitu saja.

Hingga tanpa disadari sampai membuat kita menghadapi momen memalukan atau bahkan kehilangan beberapa kesempatan besar karena kemampuan bahasa Inggris kita yang masih kurang.

Kondisi seperti ini akan buat kita insecure dan frustasi dengan kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki dan mungkin kita sudah menyerah dan pasrah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Namun tidak ada kata terlambat dalam memulai suatu hal yang positif, dan juga tidak ada kata mustahil jika kita ingin dapat menguasai bahasa Inggris, asalkan ada kemauan dan konsisten sedikit demi sedikit memperbaiki kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki.

Salah satu langkah mudah untuk mempelajari dan mendalami bahasa Inggris adalah dengan mengikuti komunitas bahasa Inggris. Banyak manfaat yang didapat ketika kita mengikuti komunitas bahasa Inggris, beberapa di antaranya adalah:

Meningkatkan Motivasi

Motivasi merupakan suatu dorongan dalam diri yang menggerakan seseorang dalam mencapai suatu keinginan atau tujuan. Seringkali kita memiliki keinginan untuk dapat menguasai bahasa Inggris, namun kita tidak memiliki dorongan yang menggerakan diri untuk secara bertahap meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan sayangnya keinginan tersebut perlahan menghilang seiring dengan banyaknya tugas dan rutinitas kita jalani.

Solusi untuk dapat mempertahankan niat dan menambahkan dorongan agar kita dapat mempelajari bahasa Inggris dengan konsisten adalah dengan mengikuti suatu komunitas bahasa Inggris.

Dengan mengikuti komunitas bahasa Inggris kita dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk mempelajari bahasa Inggris, Kita akan mudah mendapatkan informasi cara belajar atau kegiatan belajar bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan.

Selain itu, ketika kita menemukan kendala atau hambatan dalam mempelajari bahasa Inggris, Kita dapat membagikan kendala atau hambatan tersebut sehingga orang-orang dalam komunitas dapat membantu memberi solusi terhadap hambatan yang kita alami. Dengan dukungan dari komunitas yang kita ikuti, motivasi kita akan terus terus terjaga dan kita akan lebih konsisten dalam mempelajari bahasa Inggris.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kurangnya rasa percaya diri dapat menghambat kita untuk berkembang, terutama dalam mempelajari bahasa Inggris. Banyak faktor yang menyebabkan kita tidak merasa tidak percaya diri dan penyebab munculnya rasa kurang percaya diri berbeda pada setiap orang. Namun umumnya yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, yaitu cemas, rasa takut ketika memulai, rasa malu, serta takut membuat kesalahan.

Kita mungkin pernah merasa cemas atau bingung ketika akan memulai mempelajari bahasa Inggris, serta takut ketika akan mulai mencoba mengucapkan suatu kata dalam bahasa Inggris. Menghilangkan rasa kurang percaya diri memang tidak mudah atau instan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan bergabung dalam komunitas bahasa Inggris.

Dengan bergabung dalam komunitas bahasa Inggris, kita akan menemukan berbagai cara yang lebih baik untuk mulai mempelajari bahasa Inggris, kita juga tidak akan takut untuk mencoba menulis atau mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Inggris. Kita tidak akan takut mendapatkan ledekan, nyinyiran atau perundungan karena kesalahan kita ketika mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Dengan mengikuti komunitas bahasa Inggris, kita akan mendapatkan lingkungan yang mendukung dalam mempelajari bahasa Inggris. Komunitas dapat mendorong kita untuk lebih aktif mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, baik secara tulisan maupun dalam berkomunikasi verbal. Selain itu kita juga akan mendapatkan penghargaan atau pujian dalam komunitas.

Saat kita tidak mendapat dukungan dari lingkungan sosial, kepercayaan diri akan meningkat dan membuat kita berfikir positif, serta merasa lebih mampu dalam menggunakan bahasa Inggris. Dengan seringnya kita menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, pengetahuan dan kosakata kita akan bertambah, sehingga perlahan-lahan kemampuan kita dalam bahasa Inggris akan meningkat.

Setelah kita konsisten mempelajari dan aktif menggunakan bahasa Inggris, kita akan merasakan perubahan dalam kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki, serta mungkin juga hidup kita akan berubah dengan kesempatan yang dapat diambil dengan kemampuan bahasa Inggris yang telah kita pelajari.

Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image