Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Merenungkan Kebesaran Allah SWT Melalui Penciptaan Langit dan Bumi

Agama | Thursday, 26 Oct 2023, 17:59 WIB
sumber gambar: freepik.com/vecstock

Dalam Islam, Al-Quran adalah sumber utama dari panduan, pengetahuan, dan hikmah. Ayat-ayat Al-Quran memuat banyak ilmu tentang alam semesta dan penciptaan, termasuk penciptaan langit. Salah satu ayat yang menggambarkan penciptaan langit adalah Ayat 30 dari Surat Al-Anbiya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran,

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Ayat 30 Surat Al-Anbiya adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang mengajak manusia untuk merenungkan penciptaan langit dan bumi. Dalam ayat ini, Allah SWT menyatakan bahwa langit dan bumi awalnya adalah satu kesatuan yang padu, dan kemudian Allah memisahkan keduanya. Ayat ini mengundang manusia untuk merenungkan kebesaran Allah dalam penciptaan alam semesta dan memberikan bukti bagi keberadaan-Nya.

Alam semesta lahir dari ketiadaan. Allah SWT lalu menciptakannya melalui peristiwa Big Bang (QS. Al-Anbiya: 30). Dari sebuah titik sangat kecil dengan kerapatan yang sangat besar, terciptalah alam semesta ini.

Pascaledakan mahadahsyat, terbentuklah aneka planet dan Bintang yang kemudian berkelompok menjadi galaksi-galaksi yang jaraknya semakin berjauhan. Ada satu fakta bahwa alam semesta mengembang. Proses ini terus berlangsung sampai sekarang. Hal ini bersesuaian dengan surah Az-Zariyat ayat 47. (Ahmad Mahmud Sulaiman, Tuhan dan Sains: Mengungkap Berita-Berita Ilmiah Al-Quran)

“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa” (QS. Az-Zariyat: 47)

Penciptaan langit dan bumi adalah salah satu tanda kebesaran Allah yang menunjukkan kekuasaan, hikmah, dan keindahan penciptaan-Nya. Ayat 30 Surat Al-Anbiya memberikan perspektif Islam yang mendalam tentang alam semesta dan mengajak manusia untuk merenungkan tanda-tanda Allah dalam penciptaan-Nya. Pemahaman ini dapat memperdalam keyakinan dan penghormatan setiap insan terhadap alam semesta dan kekuasaan Sang Pencipta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image