Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

Ini Dia Manfaat Pemberian Vitamin A pada Bulan Oktober

Edukasi | Monday, 23 Oct 2023, 10:03 WIB
Ilustrasi Vitamin A I Sumber Foto : canva Pro

Bulan Februari dan Oktober 2023 ditetapkan sebagai bulan vitamin A. Tahun-tahun sebelumnya bulan vitamin A dilaksanakan pada bulan februari dan agustus. Pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A.

Vitamin A adalah salah satu zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh balita untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Keberadaan Vitamin A dalam tubuh dapat menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan dalam pembentukan tulang, menjaga dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sumber vitamin A didapatkan dari sayuran berdaun hijau, wortel, buah, hati sapi, tomat, minyak ikan, telur, dan lain sebagainya.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi beragam bahan makanan yang kaya akan vitamin A, khususnya buah dan sayur, dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Sayangnya, hanya 5 dari 10 baduta yang mengonsumsi makanan beragam (Survei Status Gizi Indonesia, 2021).

Baduta adalah singkatan dari anak dengan usia dibawah dua tahun atau umur 0-24 bulan. Umur Baduta merupakan masa dimana anak mengalami periode pertumbuhan emas. Masa ini sering disebut dengan 1000 HPK yaitu 1000 hari pertama kehidupan.

Dengan belum maksimalnya konsumsi makanan yang beragam, perlu ada upaya khusus untuk memastikan balita mendapatkan kebutuhan zat gizi yang mencukupi.

Suplementasi vitamin A dilakukan pada bayi, balita, dan ibu nifas. Pemberian vitamin A dalam bentuk kapsul vitamin A biru 100.000 IU (internasional unit) untuk bayi 6-11 bulan dan kapsul vitamin A merah 200.000 IU untuk balita 12-59 bulan serta ibu nifas.

Pemberian Vitamin A dapat dilakukan di Posyandu ataupun fasilitas pelayanan kesehatan lain pada bulan Februari dan Agustus.

Namun pada tahun 2023 ini, karena adanya pengambilan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 untuk pemeriksaan serum retinol dalam darah pada balita usia 6 – 59 bulan, pemberian kedua vitamin A rutin dilakukan selama bulan Oktober. Karena kadar serum retinol dalam darah akan meningkat jika sebelumnya balita telah diberikan suplementasi Vitamin A.

Dengan demikian pemberian suplementasi vitamin A tidak dapat diberikan sebelum dilakukan SKI agar didapatkan data yang sebenarnya.

Oleh karena itu, pemberian kedua vitamin A rutin dilakukan selama bulan Oktober setelah SKI yang terintegrasi dengan pemeriksaan serum retinol darah selesai dilakukan.

Jadi, jangan sampai terlewatkan ya, Healthypeople !

Penulis : Intan Endang Sonata, SKM, MKM.

Sumber : Kemenkes RI

___

Salam Sehat

PKRS dan Pemasaran RSKO Jakarta

www.rsko-jakarta.com

Instagram : @pkrs_rsko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image