Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Administrator

Tokoh Muda: Politik Identitas dan Hoaks Musuh Demokrasi

Politik | Saturday, 21 Oct 2023, 23:12 WIB

JAKARTA – Presiden Eksekutif Generasi Emas Indonesia (GESID) yang juga Dosen Universitas Muhammadiyah Riau, Viviana Hanifah, menegaskan bahwa hoaks dan politik identitas merupakan musuh utama demokrasi. Hal tersebut disampaikan dalam podcast Perhimpunan Pers Mahasiswa Nusa Pers di Jakarta Selatan.

“dalam setiap perhelatan pesta demokrasi, kecenderungan penyebaran berita hoax semakin meningkat. Hal ini juga dilakukan oleh kelompok tidak bertanggung jawab yang dengan maksud melakukan black campaign,” ujar Vivian.

“Hidup itu ada putih ada hitam, apalagi dalam politik, pasti akan selalu ada black campaign atau kampanye hitam, itu adalah hal biasa dalam dunia politik. Namun pastinya ini harus diwaspadai dan dilawan,” tambahnya.

Oleh karena itu, pegiat media sosial dan masyarakat umum harus mampu mencerna serta melakukan verifikasi terhadap kebenaran berita tersebut dan memberikan edukasi kepada lingkungan sekitar.

“Yang namanya hoax itu pasti ada, namun kita sebagai orang yang melek politik dan juga punya nilai intelektual yang bagus jangan sampai menelan bulat-bulat informasi itu. Harus dilakukan kroscek dan kemudian juga menularkan kebaikan ke lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Viviana juga mengajak agar semua memberikan komentar yang sesuai dengan kapasitas masing-masing agar tidak menimbulkan kegaduhan.

“Berikan komentar yang sesuai dengan kapasitasnya, agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat,” pungkas Viviana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image