Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wika Water Heater

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya

Teknologi | Friday, 20 Oct 2023, 11:31 WIB

Pemanas air tenaga surya adalah solusi modern yang tengah naik daun dalam menghadapi tantangan lingkungan dan kebutuhan akan efisiensi energi. Dengan pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber energi utamanya, sistem pemanas air tenaga surya tidak hanya berkelanjutan tetapi juga memiliki kinerja yang sangat efisien. Bagaimana Solar Water Heater bekerja? Mari kita gali lebih dalam.

Foto - Wika Solar Water Heater

Proses Pemanasan Air

1. Penangkapan Energi Matahari

Energi matahari memulai perjalanan ini dengan menerpa panel kolektor Solar Water Heater. Di sini, panel ini dilapisi dengan pelindung khusus yang dirancang untuk menangkap sebanyak mungkin panas dari sinar matahari. Tidak hanya itu, tetapi juga terdapat rangkaian pipa tembaga yang berfungsi sebagai saluran air.

2. Penyerapan Panas

Pipa-pipa tembaga ini memiliki sirip-sirip penyerap panas yang berperan penting dalam menyerap panas dari sinar matahari. Sinar matahari tiba pada panel kolektor, dan panel kolektor ini dengan cermat menyerap panas melalui sirip-sirip penyerap panasnya. Akibatnya, air yang mengalir dalam pipa-pipa tembaga menjadi semakin panas. Inilah yang memungkinkan kita menggunakan panas ini untuk berbagai keperluan, termasuk pemanasan air atau bahkan untuk menghasilkan energi listrik.

3. Prinsip Pergerakan Air secara Alami

Ketika air dalam pipa-pipa tembaga mulai memanas, terjadi perubahan berat jenis air. Air yang menjadi lebih panas akan menjadi lebih ringan, dan secara alami akan naik ke atas, mengalir ke tangki penyimpanan. Pada saat yang sama, air yang masih dingin akan turun kembali ke panel kolektor untuk dipanaskan lebih lanjut. Proses ini berlangsung terus-menerus, sehingga suhu air di dalam tangki penyimpanan terus meningkat.

4. Peran Vital Tangki Penyimpanan

Tangki penyimpanan memegang peranan kunci dalam menjaga air panas tetap terjaga selama mungkin. Fungsinya mirip dengan termos, menjaga suhu air tetap tinggi. Ketika anda memerlukan air panas untuk mandi atau berbagai keperluan lain, cukup ambil dari tangki penyimpanan ini. Wika Solar Water Heater (Wika SWH) memiliki berbagai kapasitas mulai dari 130 hingga 300 liter, memungkinkan anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Pemanas air tenaga surya adalah bukti nyata bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mengurangi dampak lingkungan sambil memberikan manfaat yang konkret bagi pengguna. Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerjanya, anda dapat mempertimbangkan opsi ini untuk memenuhi kebutuhan pemanasan air anda secara lebih efisien dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Wika Solar Water Heater adalah langkah positif dalam menciptakan masa depan yang lebih bersih dan hemat energi. Dengan kata lain, inilah salah satu cara bagi kita untuk berperan dalam melindungi lingkungan.

Untuk memanfaatkan teknologi ini sepenuhnya, penting untuk merencanakan dan menginstal sistem pemanas air tenaga surya dengan cermat. Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor seperti lokasi geografis dan intensitas sinar matahari setempat agar anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. Silakan menuju Wika Water Heater di halaman produk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image