Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image najwa lailatussyifa

Manfaat Gerakan Shalat pada Tubuh

Agama | Wednesday, 18 Oct 2023, 15:23 WIB
gerakan shalat takbiratul ihram, ruku, sujud

Shalat menurut terminologi artinya ialah berdoa, sedangkan menurut istilah shalat adalah suatu perbuatan serta perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratkan yang ada. Apakah ada tahu bahwa shalat merupakan amalan pertama yang di hisab di akhirat nanti dan hukum nya adalah wajib? Sebagaimana firman-Nya dalam surat An Nisa ayat 103 yang berbunyi:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: "Sungguh, shalat merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Shalat juga dapat membantu kita di hari kiamat nanti yang ada dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa sholat lima waktu akan menjadi juru selamat kelak di hari kiamat. Yang diriwayatkan dari 'Abdullah bin 'Amr, Rasulullah bersabda: مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُوراً وَبُرْهَاناً وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُورٌ وَلاَ بُرْهَانٌ وَلاَ نَجَاةٌ وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُونَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَأُبَىِّ بْنِ خَلَفٍ Artinya: "Siapa yang menjaga sholat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka dia akan tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf." (HR. Ahmad)

Kalian tau ga sih bahwa setiap gerakan shalat mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh dan bukan hanya tubuh saja tetapi mental juga antara lain yaitu:

1. Memperlancar peredaran darah

gerakan ruku dalam shalat dapat membantu mengatur aliran darah bagian atas pada saat posisi membungkukkan tubuh sekitar 45 derajat serta meletakkan kedua tangan di atas lutut. Lalu pada saat gerakan tasyahud, dapat membantu mengatur aliran darah bagian bawah pada saat kaki kiri tepat di bawah pantat, sedang tahiyat akhir, posisi duduknya dengan tawarruk, yaitu kaki kiri menyilang bersentuhan dengan kaki kanan.

2. Mengurangi nyeri

Gerakan rukuk dan sujud dalam sholat bermanfaat meredakan nyeri, seperti:

-Nyeri tulang belakang

-Nyeri pinggul

-Nyeri dengkul

-Nyeri telapak kaki

Posisi rukuk dapat membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan meregangkan ligament dan otot, gerakan ini mirip dengan yoga. Posisi ini juga membantu meredakan rasa sakit pada sumsum tulang belakang dan sendi pinggul. Posisi tubuh ketika sujud dan rukuk membantu dan meringankan persendian.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Gerakan sholat juga dapat memperbaiki pencernaan tubuh. Yaitu ketika tubuh melakukan gerakan tasyahud dalam sholat, atau posisi duduk dengan menopang pada 1 kaki melengkung di bawahnya hal ini rupanya dapat meningkatkan fungsi hati dan mengendurkan usus, yang kemudian akan memfasilitasi pergerakan usus dalam tubuh.

4. Berpengaruh baik pada postur tubuh

Posisi tubuh saat melakukan gerakan takbir dalam sholat, menjadi lebih tegak dan tubuh mendapat keseimbangan pada titik terbaik dalam menopang berat badan. Maka dari itu, gerakan sholat sangat bermanfaat dan penting dalam membuat postur tubuh menjadi lebih ideal. Terlebih gerakan takbir dalam sholat yang dilakukan sebanyak beberapa kali dalam sehari, akan membiasakan postur tubuh terlatih lebih tegak dan membaik.

5. Menyehatkan mental

Yang kita tahu bahwa yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling sehat untuk kebugaran fisik maupun mental karena gerakan gerakannya yang rileks dan mampu membawa harmoni dalam kehidupan seseorang dengan mengkolaborasikan seluruh aspek kehidupan termasuk aspek fisik, sosial, spiritual dan psikologis. Sedangkan ibadah sholat, gerakan-gerakan sholat yang terdapat di dalamnya menyerupai gerakan-gerakan yang ditemukan dalam gerakan yoga. yang dirasakan ketika melaksanakan sholat dengan khusyuk sama hal nya dengan melakukan olahraga yoga, yaitu adanya keharmonsan dan kedamaian sepenuhnya yang tercipta dari dalam diri. Yang dampak nya akan mampu menghilangkan stres dan rasa cemas, memberikan ketenangan jiwa.

Tidak di sangka banyak manfaat dari shalat itu sendiri, jika sholat menjadi Ibadah rutin harian seluruh umat muslim ternyata memiliki cukup banyak manfaat yaitu menenangkan hati, menyehatkan mental atau pun menyehatkan fisik secara keseluruhan. Jadi yuk tunggu apalagi mari kita shalat, sudah mendapatkan pahala dapat sehat pula.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image