Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Fasilitas Lengkap dan Penginapan Nyaman di Air Terjun Cipendok

Wisata | Tuesday, 10 Oct 2023, 22:17 WIB

Curug Cipendok, terletak di Kota Banyumas, Jawa Tengah, adalah salah satu tujuan wisata alam yang terkenal. Meskipun telah banyak dikunjungi oleh wisatawan, tempat ini masih mempertahankan keasrian alamnya dengan lingkungan yang bersih dan alami. Khususnya saat akhir pekan dan musim liburan tiba, Curug Cipendok menjadi destinasi yang lebih ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

Selain pesonanya yang alami, Curug Cipendok juga memiliki cerita mistis yang masih diyakini oleh masyarakat hingga saat ini. Nama "Ci" dalam "Curug" merujuk pada air terjun, sementara "Pendok" mengacu pada cincin atau keris. Dalam sejarahnya, terdapat kisah seorang pendekar bernama "Raden Ranusentika" yang diceritakan menemukan sebuah pendok keris sakti di lokasi air terjun ini.

Pihak pengelola wisata mengakui bahwa mereka sering menghadapi gangguan dari penduduk setempat. Namun, selama tidak ada tindakan yang aneh, hal ini dianggap wajar. Beberapa wisatawan bahkan datang khusus untuk melakukan ritual "Laku Nyepi" di sekitar air terjun pada malam hari. Meskipun begitu, Curug Cipendok tetap menjadi destinasi favorit bagi warga Jawa Tengah untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Cipendok

Keindahan alam yang tak tertandingi membuat Wisata Air Terjun Cipendok diminati oleh pengunjung dari seluruh penjuru, bahkan dari luar provinsi. Banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke curug ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Penduduk setempat juga dikenal karena dukungan dan keramahannya, baik terhadap pelancong lokal maupun dari luar daerah.

Menawarkan Keindahan Alam Menakjubkan

Wilayah Curug Cipendok memang terkenal karena keindahan alamnya yang luar biasa dan memukau. Saat para wisatawan mengunjungi air terjun ini, mereka tak bisa tidak merasa bangga dengan keindahan alam yang terbentang di sana. Pemandangan yang disajikan sangat alami, dengan pepohonan yang rimbun, dan suasana yang menenangkan yang dapat memberikan ketenangan pikiran.

Wisatawan biasanya memanfaatkan waktu untuk mengabadikan momen dengan berfoto di depan air terjun sebagai latar belakang. Jika cuaca memungkinkan, mereka juga dapat menikmati mandi dan berenang di kolam air terjun. Keindahan alam yang luar biasa sering kali menginspirasi wisatawan untuk berbagi pengalaman mereka di destinasi alam ini kepada khalayak umum.

Tersedia Objek Wisata Menarik

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 92 meter di atas permukaan laut, sehingga suara gemuruh air terdengar cukup keras di sepanjang jalur trekking. Daerah Banyumas memang dikelilingi oleh pemandangan alam dan hutan seluas 47 hektar, sehingga ketika wisatawan berada di wilayah tersebut, mereka akan menemukan banyak destinasi wisata alam selain air terjun.

Di Curug Cipendok, Anda akan menemukan beragam jenis wisata, termasuk air terjun, hutan alam, telaga, kampung panginyongan, dan area perkemahan. Namun, yang paling terkenal dan seringkali ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Kebun Raya Baturaden dan Gemanggis. Kedua destinasi ini memang sangat menarik dan akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Menikmati Keindahan Telaga Pucung

Kampung Panginyongan, yang merupakan asal dari Telaga Pucung, menjadi sumber air vital ini. Di sini, budaya Banyumasan hadir, menciptakan suasana yang asri, sepi, dan cocok untuk meremajakan pikiran. Di area Telaga Pucung, para wisatawan juga dapat melakukan perkemahan dengan fasilitas yang memadai.

Telaga Pucung pertama kali ditemukan pada tahun 1997 dan memiliki luas sekitar 1 hektar. Lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Cipendok, sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun telaga ini memiliki sumber mata air yang cukup dalam dan tenang, namun untuk menghindari risiko bahaya, wisatawan tidak disarankan untuk berenang di area tersebut.

Menawarkan Outbound dan Arena Bermain Anak

Jalur trekking yang luas di Curug Cipendok telah dioptimalkan oleh pihak pengelola wisata untuk menjadi area taman bermain anak dan fasilitas outbond. Ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk tidak hanya menikmati keindahan alam dan air terjun, tetapi juga untuk mencoba aktivitas outbond yang seru dengan biaya terjangkau.

Sebelum mencapai area air terjun, pengunjung akan menemukan sebuah lapangan besar yang dijadikan sebagai area bermain anak-anak. Taman bermain ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ayunan, jungkat-jungkit, tempat duduk, jumping round, dan berbagai permainan lainnya yang sangat disukai oleh anak-anak.

Alamat dan Rute Menuju Curug

Alamat lengkap menuju Air Terjun Cipendok terletak di Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Rute perjalanan wisatawan dapat dimulai dari beberapa kota seperti Tegal, Bandung, dan Jakarta.

Dari Kota Tegal, wisatawan dapat menuju Terminal Adipala untuk menaiki angkutan umum, dan selanjutnya menuju Kecamatan Bojong. Setibanya di Kecamatan Bojong, wisatawan dapat menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk mencapai Curug Cipendok.

Dari Bandung, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Leuwi Panjang dengan naik angkutan umum menuju Terminal Adipala, dan kemudian menggunakan ojek untuk mencapai air terjun yang berjarak dekat.

Untuk rute dari Jakarta, Anda dapat menuju Terminal Adipala dari Jakarta, dan setelah itu, Anda bisa menggunakan ojek atau kendaraan lainnya untuk mencapai Curug Cipendok yang lokasinya sudah dekat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket masuk ke Curug Cipendok memiliki harga sekitar Rp10.000,- per orang, tetapi tarif ini hanya berlaku untuk wisatawan dewasa. Harganya sangat terjangkau, terutama mengingat beragam spot wisata yang dapat dinikmati di dalamnya. Pengunjung dapat mengunjungi curug mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Air Terjun Cipendok menyediakan beragam fasilitas yang sangat lengkap, termasuk area parkir yang luas, gazebo, ayunan, tempat bermain, arena outbound, kamar mandi umum, camping ground, warung makanan dan minuman, mushola, serta toilet. Pengunjung pasti akan merasa puas dengan layanan yang disediakan oleh pengelola objek wisata ini.

Bagi wisatawan asing di area Curug Cipendok, tersedia juga fasilitas penginapan seperti hotel terdekat. Lokasinya yang strategis membuat banyak pengunjung merasa nyaman saat berlibur di wisata alam ini. Namun, disarankan untuk mengenakan pakaian yang tebal dan kunjungi tempat ini saat cuaca mendukung.

Demikian ulasan tentang Fasilitas Lengkap dan Penginapan Nyaman di Air Terjun Cipendok seperti yang dilansir mydreamku.com, semoga bermanfaat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image