Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Topik Irawan

Warna Klasik Hitam Putih di Masjid Al Futuhat

Agama | Tuesday, 10 Oct 2023, 22:13 WIB
Suasana adem masjid Al Futuhat Bekasi(dokpri)

Adzan Ashar terdengar nyaring di sekitaran jalan Ir Haji Juanda Bekasi, menepikan dahulu kendaraan roda dan menuju ke sebuah masjid yang di halaman depannya ada beberapa pohon yang merindanginya, di halaman masjid terparkir kendaraan roda dua dan empat,tampak pula beberapa tukang ojek online memarkirkan kendaraannya dan melepas jaket khasnya dan mereka pun bersiap menunaikan shalat.

Kalau sekilas kehadiran masjid ini terlihat sepi dari arah jalan raya namun ternyata dugaan penulis keliru, ternyata cukup banyak juga para jamaah hadir dan itu ditandai dengan parkiran kendaraan. Bangunan masjid dari arah luar di dominasi warna putih, dengan pilar penyangga melengkung di bagian tengah dan juga kisi kisi angin, bangunan masjid terlihat kokoh namun juga anggun.

Dari arah samping masjid terlihat sang merah putih berkibar, ada bangunan dua lantai bercat biru, ternyata bangunan itu adalah gedung sekolah Madrasah Tsanawiyah, sebuah tempat pendidikan setara Sekolah Menengah Pertama, nama sekolah dan juga masjidnya sama yakni Al Futuhat Al Attasiyah. Halaman masjid yang sekaligus areal parkir kendaraan memakai paving block, karena masjid berdekatan dengan lokasi gedung sekolah, di depan gerbang ada sekuriti yang berjaga. Lanjut menuju tempat wudhlu, kombinasi warna hitam dan putih dari keramik terlihat di tempat wudhlu masjid ini.

Ada larangan tertulis” Dilarang Kencing Disini” diatas tempat wudhlu, di sebelah tempat wudhlu disediakan tempat untuk buang hajat dengan bilik bilik khusus agar para jamaah nyaman saat menuntaskan buang hajat, kondisi tempat wudhlu dan toiletnya kategori bersih dan terjaga.

Penulis menuju tempat sholat atau ruang utama masjid, di ruangan ini perpaduan warna putih dan hitam semakin jelas, ada juga pilar pilar penyangga di dalam ruangan utama, untuk kaum perempuan ada sekat berupa kain putih yang berfungsi sebagai pembatas antara jamaah pria dan wanita.

Bilik untuk Imam dan khatib di beri ornamen berbentuk bulat, ada juga lampu hias gantung warna perak. Mimbar dari kayu berwarna coklat, beberapa kipas angin pun terpasang di bagian depan dan pinggir ruangan, maklumlah memang di Bekasi udaranya terasa panas jadi fungsi kipas angin memang sangat di perlukan. Mengenai karpet masjid, lantai masjid terhampar karpet dengan warna warna yang berlainan, nggak kompakan misalnya hijau saja atau merah melulu.

Dengan langit langit masjid yang cukup tinggi, sirkulasi udara di masjid ini cukup lah ventilasinya meski memang seperti di utarakan Penulis tadi, udara di Bekasi yang cenderung panas sehingga untuk lebih adem terpasang beberapa unit kipas angin.

Di bagian arah pintu masuk ada kotak pembangunan masjid jamie Al Futuhat Al Attasiyah, nampaknya panitia masjid sedang terus mengupayakan perbaikan sarana sarana yang ada di masjid agar para jamaah pun merasa nyaman.

Setelah usai melaksanakan kewajiban, Penulis pun beranjak menuju tempat parkir, senang pernah berada di masjid Al Futuhat Al Attasiyah meski hanya sebentar. Semoga masjid ini akan terus mensyiarkan cahaya agama Islam bagi warga sekitaran Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, makin maju sekolahnya dan di minati oleh para peserta didik dan mampu menerapkan ilmu yang di dapat.

Oke deh ini cerita Penulis tentang masjid yang berlokasi di jalan Margahayu Jaya Nomor 6, Rt 009/RW 014. Mau tahu tentang masjid masjid lainnya? Yup tunggu di tulisan berikutnya ya, hanya di Retizen dong.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image