Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zarina 5

Usaha yang Berkembang di Masa Pandemi

Bisnis | Tuesday, 10 Oct 2023, 16:10 WIB

Saat banyak perusahaan yang terdampak selama pandemi virus Corona, beberapa usaha kecil justru mendapatkan banyak pelanggan baru dan kembalinya pelanggan lama. Dengan berubahnya pemandangan bisnis secara drastis akibat virus Corona, sebagian besar berita yang ada berkaitan dengan dunia bisnis seperti bisnis yang ditutup, kehilangan pendapatan, dan pemberhentian pekerja. Namun, beberapa usaha kecil malah terbukti mampu menghadapi krisis Covid – 19 dan mengalami peningkatan permintaan.

Dengan banyaknya jenis bisnis yang secara kreatif belajar beradaptasi terhadap virus Corona, tidak mengherankan jika beberapa bisnis tradisional juga kembali meraih kesuksesan dalam pemandangan baru ini. Bisnis yang membantu masyarakat menjaga jarak secara sosial dengan orang lain, perusahaan yang memungkinkan masyarakat makan dan minum di rumah, serta layanan kesehatan adalah contoh utamanya.

Berikut contoh usaha kecil yang mengalami peningkatan pendapatan selama pandemi virus Corona.

· Layanan Kebersihan (Cleaning Service)

Dengan menyebarnya ketakutan terhadap virus Corona di seluruh negeri, tidak mengherankan jika permintaan terhadap layanan kebersihan yang membersihkan berbagai hal sangat tinggi. Karena hal seperti pandemi ini belum pernah dirasakan secara langsung, banyak orang yang mengandalkan layanan kebersihan dalam menjaga masyarakat tetap aman serta memintanya melakukan pembersihan secara berkala dan karena itu sudah menjadi pekerjaan layanan kebersihan.

· Layanan Pengiriman (Delivery Service)

Di saat virus Corona menyebar luas, banyak orang yang takut meninggalkan rumah ataupun karena kebijakan pemerintah yang mengharuskan warganya tetap di rumah. Layanan pengiriman meningkatkan upayanya dalam memastikan barang dapat dikirim ke rumah ataupun ke tempat lain dengan protokol yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, layanan ini meningkat secara signifikan dan mendapatkan banyak permintaan.

· Bioskop Drive – In

Salah satu usaha kecil yang tercipta saat virus Corona menyebar luas ini dan meraih kesuksesan adalah bioskop drive – in. Karena bioskop standar dirasa kurang aman saat masa pandemi tersebut sebab tempat tersebut menjadi tempat kumpul banyaknya orang di ruang yang kecil. Maka pengusaha bioskop drive – in menyediakan solusi bagi mereka yang ini mendapatkan hiburan dengan cara menonton pertunjukannya dari mobil mereka sendiri tanpa harus bertemu dan berkumpul secara langsung dengan banyak orang.

· Layanan Makanan Siap Antar

Banyak bisnis makanan yang menyediakan layanan siap antar ini saat masa pandemi berlangsung. Karena orang – orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dengan adanya tren ini, banyak perusahaan layanan makanan siap antar mengalami peningkatan pesanan dari pelanggan baru maupun pelanggan lama.

· Perusahaan Makanan dan Minuman Kalengan

Di masa virus Corona yang menyebar luas, kebanyakan orang lebih memilih menyimpan makanan dan minuman dengan kemasan kalengan maupun botol. Banyak perusahaan tersebut menyiasatinya dengan mengubah kemasan mereka. Dan perusahaan yang memproduksi barang – barang tersebut mendapatkan hasil yang lebih banyak.

· Toko Peralatan Olahraga

Banyak fasilitas Olahraga yang tutup di saat pandemi, karena kebijakan pemerintah yang melarang warganya untuk keluar rumah. Kebanyakan orang lebih memilih untuk berolahraga di rumah. Di saat inilah toko peralatan olahraga mengalami peningkatan pesanan dari pelanggan yang ingin berolahraga di rumah masing – masing.

· Layanan Kesehatan Digital

Di era COVID – 19, banyak orang yang tidak ingin meninggalkan rumah jika bukan untuk keperluan mendesak, dan tempat yang paling tidak ingin didatangi adalah klinik atau rumah sakit di mana mereka dapat terpapar virus Corona. Oleh karena itu, layanan kesehatan digital ini memungkinkan pasien untuk menemui dokter atau tenaga medis melalui koneksi digital tanpa bertatap muka secara langsung. Layanan ini mengalami peningkatan karena banyak orang yang membutuhkan konsultasi kesehatan tetapi tidak ini keluar maupun bertemu langsung dengan orang lain.

· Toko Online

Saat banyaknya virus COVID – 19 ini menyebar, perusahaan mencoba mencari solusi untuk menyiasati masalah ini dengan mengubah layanannya menjadi serba digital. Karena tren ini, banyak bisnis yang selamat dari kebangkrutan dan malah mengalami peningkatan pendapatan. Sebab orang – orang yang terkena dampak virus ini juga ikut pindah ke layanan toko online ini.

Itu adalah beberapa usaha yang bisa bertahan ataupun malah mengalami peningkatan di saat pandemi berlangsung. Sebagai seorang pengusaha harus bisa menyiasati suatu masalah dengan menemukan solusi terbaik untuk perusahaannya agar tidak terjadi kerugian yang besar yang mengakibatkan tutupnya usaha tersebut. Pengusaha juga harus memikirkan bagaimana perusahaan berjalan di masa krisis yang terjadi dan bukan malah pasrah terhadap kondisi yang menimpa perusahaannya.

Rezza Nazarina Zahira. Prodi Teknik Sipil

Universitas Pembangunan Jaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image