Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Bagaimana Adab Berbicara kepada Orang yang Lebih Tua?

Agama | Friday, 29 Sep 2023, 17:26 WIB
sumber: freepik.com

Berbicara dengan adab kepada orang yang lebih tua adalah salah satu nilai penting di masyarakat, termasuk dalam Islam. Ini adalah tanda penghormatan, sopan santun, dan nilai-nilai yang diajarkan kepada kita sejak kecil. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan adab berbicara kepada orang yang lebih tua.

Apa saja adab berbicara kepada orang yang lebih tua?

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Salah satu hal pertama yang perlu diingat ketika berbicara kepada orang yang lebih tua adalah menggunakan bahasa yang sopan. Hindari kata-kata kasar, kata-kata slang, atau kata-kata yang tidak pantas. Gunakan bahasa yang sesuai dengan norma-norma etika dan tata krama.

2. Memanggil dengan Gelar yang Sesuai

Di dalam budaya banyak masyarakat, terutama dalam budaya Asia dan Arab, penting untuk memanggil orang yang lebih tua dengan gelar yang sesuai. Misalnya, panggilan seperti "Bapak" atau "Ibu" di Indonesia, “umi” dan “abi”, “ayah” dan “bunda” dan nama-nama panggilan kasih sayang lainnya. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan penghormatan.

3. Bersalaman atau Berjabat Tangan

Ketika berbicara kepada orang yang lebih tua, ada baiknya untuk bersalaman atau berjabat tangan sebagai tanda salam dan penghormatan. Ini adalah tindakan yang umum dalam banyak budaya dan dianggap sopan.

4. Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

Salah satu bentuk penghormatan terbesar kepada orang yang lebih tua adalah dengan mendengarkan dengan penuh perhatian ketika mereka berbicara. Matikan telepon atau gangguan lainnya, dan tunjukkan bahwa kita begitu menghargai pendapat dan pengalaman mereka.

5. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Hormat

Selain kata-kata yang kita ucapkan, bahasa tubuh kita juga penting. Ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, berusaha untuk menjaga bahasa tubuh yang sopan. Hindari bersikap sombong, bersandar di dinding, atau bersikap kurang ajar.

6. Menghormati Pengetahuan dan Pengalaman Mereka

Orang yang lebih tua biasanya memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman hidup. Jadi, selalu hargai pandangan mereka, bahkan jika kita tidak setuju. Jika kita memiliki pertanyaan atau ingin berbicara tentang suatu topik, mintalah nasehat mereka; ini akan membuat mereka merasa dihargai.

7. Menyampaikan Terima Kasih

Jika seseorang yang lebih tua memberikan bantuan atau nasihat kepada kita, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Katakan "terima kasih" dengan tulus sebagai bentuk penghargaan atas waktu dan upaya mereka.

8. Hindari Pertanyaan yang Tidak Pantas

Jangan bertanya hal-hal pribadi atau sensitif kepada orang yang lebih tua, kecuali jika mereka dengan sukarela membagikannya. Hormati privasi mereka dan jangan membuat mereka merasa tidak nyaman.

9. Hormati Ruang Pribadi Mereka

Hormati ruang pribadi orang yang lebih tua. Jangan terlalu mendekati mereka secara fisik kecuali jika memiliki hubungan yang sangat dekat.

Adab berbicara kepada orang yang lebih tua adalah bagian penting dari tata krama sosial dan nilai-nilai yang baik dalam masyarakat. Ini adalah cara kita menunjukkan penghormatan kepada generasi yang lebih tua dan memperkuat hubungan antar-generasi. Dengan mengikuti adab ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan saling mendukung dalam masyarakat kita. Penghargaan kepada orang yang lebih tua adalah langkah pertama menuju menjalin hubungan yang penuh hormat dan kehormatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image