Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hasna Nur Badriyah

Melestarikan Kembali Olahraga Tradisional di SDN Sumurgede I

Olahraga | Friday, 29 Sep 2023, 17:16 WIB
Foto bersama Mahasiswa STIT Rakeyan Santang, Dewan Guru dan Siswa yang mendapat juara.

(Karawang, 09/09/2023) Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Rakeyan Santang Karawang angkatan Ke-V tahun ini dilaksanakan di Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon dan mengusung Tema “Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Pemerdayaan Ekonomi Keluarga Menuju Terwujudnya SDGs Desa”.

Mahasiswa KKN mengadakan Program Kerja berupa perlombaan olahraga tradisional di SDN Sumurgede I Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, yang di ikuti oleh siswa/siswi SDN Sumurgede I mulai dari kelas empat sampai Kelas enam.

Program Kerja ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan juga melestarikan kembali olahraga tradisional yang menjadi keunggulan di SDN Sumurgede I sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional bertepatan pada hari Sabtu 09 Septermber 2023 .

Olahraga tradisional merupakan salah satu permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan, karena selain olahraga, hiburan, kesenangan, dan kebutuhan interaksi sosial, olahraga ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya.

Olahraga tradisional semula tercipta dari permainan rakyat sebagai pengisi waktu luang, karena permainan tersebut sangat menyenangkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar, maka permainan tersebut sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat. Permainan tersebut digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa, sesuai dengan karakter yang dipakai. Beberapa permainan tradisional yang cukup dikenal oleh lapisan masyarakat di Indonesia yaitu permainan egrang, terompah panjang, patok lele, gobak sodor(hadang), sumpitan, gebuk bantal, gangsing, tarik tambang, petak umpet, dan lain-lain.

Bermain adalah belajar bagi anak, karna dengan bermain anak dapat meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan dirinya. Pada permainan tradisional, apabila diamati dari aktivitas yang dilakukan anak, mengandung keterampilan, ketangkasan kaki dan tangannya, menggunakan kekuatan tubuhnya, ketajaman penglihatannya, kecerdasan pikirannya, dan keluwesan gerak tubuhnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pada anak, melestarikan budaya melalui permainan tradisional yang menjadi keunggunggulan di SDN Sumurgede I dan ikut serta memperingati Hari Olahraga Nasional yang bertepatan pada hari Sabtu, 09 September 2023” tutur Yudhi Permana Selaku Koordinator Desa (Kordes) Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon.

Adapun perlombaan yang diadakan yaitu :

1. Permainan Tarompah adalah salah satu jenis permainan yang menggunakan bakiak atau tarompah panjang yang dibuat dari kayu panjang seperti seluncur es yang sudah dihaluskan dan diberi slop diatasnya, biasanya dimainkan minimal 3-5 orang peserta. Permainan berkelompok atau tim, yang masing-masing berlomba untuk sampai ke finish. Permainan ini menguji ketangkasan, kepemimpinan, kerjasama, kreatifitas, wawasan dan kejujuran.

2. Permainan Egrang merupakan permainan tradisional dengan memanfaatkan dua pasang tongkat bambu panjang yang diberi tempat pijakan kaki. Cara memainkan egrang sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan cara menaiki tongkat bambu tersebut kemudian peserta diminta untuk berjalan dengan menggunakan kaki egrang. Hal tersebut tentu tidak mudah dilakukan sebab para pemain harus mempunyai keseimbangan tubuh yang baik.

Dilansir dari situs kebudayaan.kemendikbud.go.id (diakses pada 12 September 2023), permainan egrang merupakan permainan tradisional yang mempunyai banyak manfaat positif bagi seseorang. Misalnya saja untuk melatih keberanian, kekuatan, kesabaran, hingga melatih kekuatan dan keseimbangan fisik.

Dengan terselenggaranya kegiataan perlombaan olahraga tradisional ini, dihaharapkan siswa-siswi dan tenaga kependidikan di SDN Sumurgede I mampu menumbuhkan kembali semangat untuk melestarikan olahraga tradisonal yang menjadi keunggulan di SDN Sumurgede I, tak lupa para guru turut serta mendukung dan mensukseskan kegiatan program kerja Mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang Karawang.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi untuk sekolah juga untuk siswa siswi khusunya SDN Sumurgede I semoga dapat kembali mengikuti perlombaan olahraga tradisional yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan bisa masuk ke tingkat Kabupaten syukur-syukur sampai ke tingkat Provinsi” ujar Hasan, S.Pd pada saat memberikan sambutannya.

Kegiatan ini sangat bagus karena kita sebagai bangsa Indonesia bisa mengharagi dan melestarikan budaya melalui permainan olahraga tradisional yang ada di Indonesia. Antusiasme dari pihak sekolah maupun para peserta, guru dan siswa/siswi SDN Sumurgede 1 yang sangat tinggi membuka peluang untuk mengadakan kegiatan tindak lanjut yang sama. Yang lebih penting lagi adalah siswa dapat belajar nilai-nilai ranah dalam pendidikan baik kognitif, afektif dan psikomotorik yang terkandung dalam aktivitas jasmani melalui kegiatan tersebut.

#kknstitrakeyansantang

Anggota : Nurul Rochmawati (B23620B1043), Yudhi Permana (B23622P1008), Hasna Nur Badriyah (A23220B1025), dan Adinda Tsalsa Afifah (A23220B1006)

Desa : Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon

Dpl : Asep Supriatna, M.Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image